8 Kebiasaan Buruk yang Mesti Diperbaiki untuk Meraih Sukses, Yuk Dicek!

Mencapai kesuksesan tidak cukup hanya semalam, jadi jangan pernah menyepelekan setiap prosesnya. Bukan hanya ketekunan, kegigihan, dan kesabaran saja yang perlu dipupuk saat meraih kesuksesan. Ada satu aspek yang tak kalah penting yaitu kebiasaan. 

Ya, Anda harus mengubah kebiasaan buruk yang sering dilakukan karena kebiasaan ini cukup berpengaruh terhadap tingkat kesuksesan seseorang. Kira-kira, kebiasaan buruk seperti apa yang dimaksud?

Yuk, cek pada poin-poin berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Susah Bangun Pagi

bangun pagi
Susah bangun pagi

Mau sukses, tapi bangun pagi saja susahnya minta ampun? Jangan mimpi, sampai kapanpun Anda tidak akan bisa meraih kesuksesan karena rezeki ini sudah terlebih dulu direbut sama orang lain. 

Setiap kali bangun terlambat, hitung berapa banyak waktu yang terbuang secara sia-sia. Bukan hanya 15 atau 30 menit, tapi berjam-jam. Sementara kalau waktu yang berjam-jam ini dimanfaatkan untuk berkarya, mungkin sudah banyak karya yang berhasil diciptakan.

Mulai dari sekarang, usahakan bangun lebih pagi, ya! Dengan begini, rezeki Anda tidak keburu dipatuk ayam, jadi hasilnya pun lebih maksimal.

2. Pakaian Tidak Rapi

Coba perhatikan cara berpakaian orang-orang sukses di luar sana, pasti pada rapi, kan? Bukan untuk pamer kekayaan, tapi untuk memantaskan diri sehingga orang lain tidak meremehkan mereka saat bepergian.

Misalnya, Anda adalah orang sukses, tapi cara berpakaiannya asal-asalan. Pasti orang-orang di luar sana tidak akan percaya kalau Anda sukses, kecuali kalau foto Anda dipajang di mana-mana. 

Tidak perlu mahal, yang penting rapi. Selain enak dipandang, orang-orang pun tidak akan meremehkan Anda hanya karena cara berpakaian yang dinilai kurang proper.

Baca Juga: Yeay Dapat Interview Kerja! ini 8 Tips Tampil Menarik yang Perlu Kamu Perhatikan

3. Tidak Disiplin Waktu

disiplin
Tidak disiplin waktu

Disiplin merupakan kebiasaan yang tidak boleh ditawar-tawar, artinya wajib dimiliki. Kedisiplinan secara tidak langsung akan menuntun Anda pada kebiasaan-kebiasaan baik yang sama sekali tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Ketika Anda berhasil menyingkirkan kebiasaan buruk, percayalah kalau hal-hal baik akan datang dengan sendirinya. Dan satu di antara hal baik tersebut pasti ada hubungannya dengan kesuksesan.

Terserah apakah mau percaya atau tidak. Tapi kalau mau membuktikan, Anda bisa berlatih untuk bersikap disiplin dan lihat aslinya.

4. Malas untuk Berkembang

Sikap malas sebaiknya dibuang jauh-jauh karena dapat memperlambat langkah menuju kesuksesan. Apalagi kalau malasnya itu untuk berkembang, maka mustahil bisa meraih sukses.

Sebelum terlambat, ayo pacu semangat untuk berkembang. Mulai dari hal-hal kecil saja, seperti membaca, ikut seminar atau pelatihan agar kemampuan semakin terasah.

Dengan terasahnya kemampuan, maka keinginan untuk menciptakan sesuatu semakin besar. Keinginan inilah yang dapat membawa Anda menuju tangga kesuksesan selanjutnya.

5. Berdiam Diri Sambil Menunggu Keberuntungan

stay at home
Berdiam diri sambil menunggu keberuntungan

Kesuksesan tidak lepas dari faktor keberuntungan. Tapi, apakah Anda terlahir dengan keberuntungan yang sama seperti orang lain? Belum tentu, jadi daripada terus-menerus berdiam diri sambil mengharap keberuntungan, lebih baik ambil tindakan.

Cobalah menjadi seperti pemain bola, yang selalu berusaha menjemput dan menggiring bola untuk menciptakan gol. Jemput dan arahkan bola Anda untuk meraih kesuksesan. 

Hal-hal kecil tanpa disengaja akan membawa perubahan besar. Persiapkan diri sebaik mungkin dan jangan pernah lalai dalam memanfaatkan setiap peluang.

Baca Juga: Sukses Jadi Aktor dan Musisi, Iqbaal Ramadhan Bagikan 5 Rahasia Sukses

6. Tidak Ada Skala Prioritas

Faktanya, mimpi yang akan membuat Anda bersemangat menjalani hidup. Maka cari tahu mimpi yang sebenarnya, lalu kerahkan semua kemampuan agar mimpi dapat terwujud. 

Jangan lupa buat skala prioritas terlebih dahulu sebagai pedoman agar Anda tahu langkah-langkah apa saja yang mesti dilakukan saat ini dan selanjutnya untuk meraih mimpi. 

Apabila prioritas saat ini adalah meningkatkan angka penjualan bisnis, maka cari teknik promosi yang paling tepat agar produk Anda semakin dikenal konsumen. 

7. Tidak Cinta Pekerjaan

tidak suka pekerjaan
Tidak cinta pekerjaan

Kalau benar mau sukses, belajarlah mencintai apa yang dikerjakan saat ini. Kalau tidak, Anda pasti bersungut-sungut saat mengerjakan sesuatu sehingga hasilnya menjadi kurang maksimal.  

Maka cintailah apapun yang ada kaitannya dengan pekerjaan, sehingga Anda bisa bekerja dengan senang hati. Tantangan sekalipun tidak dianggap sebagai penghalang sukses, melainkan bumbu untuk meraih kesuksesan itu sendiri.

Bagi yang sudah mencintai pekerjaannya saat ini, sebaiknya tambahkan porsi cintanya agar Anda tidak cepat bosan pada rutinitas sehari-hari.

8. Tidak Fokus

Bagaimana mau sukses kalau Anda saja tidak pernah fokus untuk meraihnya? Usaha apapun yang dilakukan pasti tidak akan membuahkan hasil, jadi usahakan untuk fokus terlebih dahulu sebelum bertindak.

Sejatinya, sikap fokus ini bukan untuk berbagai tujuan, melainkan satu tujuan guna memaksimalkan performa dalam menggapai kesuksesan. Ketika satu tujuan tercapai, Anda bisa mengalihkan fokus pada tujuan yang lain. Begini seterusnya sampai tujuan Anda satu per satu menjadi terwujud.

Mulai Perubahan Secara Bertahap

Berubah itu tidak bisa dilakukan secara bersamaan dalam waktu yang cepat, karena semua butuh proses yang panjang. Lakukan perubahan secara bertahap dengan mengawalinya yang paling mudah terlebih dahulu, kemudian lanjut ke tahap selanjutnya. Agar semua perubahan menuju sukses bisa maksimal, lakukan evaluasi secara bertahap.

Baca Juga: Ingin Sukses? Yuk, Baca Kumpulan Quote Sukses dari Pengusaha Sukses