8 Tips Membeli Laptop untuk Keperluan Pekerjaan

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan untuk melakukan pekerjaan dari rumah (WFO), maka penting untuk memiliki sebuah laptop yang mumpuni untuk menunjang aktivitas tersebut. Namun, mencari laptop yang sesuai tentu menjadi PR tersendiri. Apalagi dengan varian laptop yang banyak, membuat kita bingung menentukan pilihan.

Agar tidak salah beli, berikut beberapa tips membeli laptop untuk keperluan pekerjaan yang bisa diterapkan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tentukan budget terlebih dahulu

tentukan budget

Mau laptop bagus, bisa asalkan budget mencukupi. Kalau tidak cukup, maka usaha kita untuk mencari spesifikasi maupun review laptop sia-sia karena tak bisa membelinya. 

Penting untuk menentukan budget terlebih dahulu agar mencari laptopnya semakin mudah. Kita bisa langsung ketikkan di mesin pencari sejumlah budget, maka berbagai pilihan pun akan muncul.

2. Tentukan ukurannya juga

Ukuran laptop cukup bervariasi, mulai dari 11-15 inch dan 17-18 inch. Ukuran mana yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Sebab, kebutuhan layar laptop untuk seorang gamers dan akuntan tentu saja berbeda. Ukuran layar yang mumpuni jelas membuat kita lebih nyaman saat bekerja. Mata menjadi lebih mudah memantau pekerjaan dalam satu layar, jadi tidak cepat lelah. 

Baca Juga: Jangan Disamakan, Simak Perbedaan SSD dan Hardisk yang Wajib Diketahui

3. Dalami kapasitas penyimpanannya

kapasitan penyimpanannya

Dulunya laptop hanya dilengkapi dengan media penyimpanan harddisk, tapi sekarang sudah banyak laptop dibekali dengan SSD. Sebuah media penyimpanan yang menggunakan rangkaian sirkuit, sudah saling terintegrasi dengan data. Laptop yang dilengkapi dengan SSD tentu bisa menyimpan data yang lebih banyak.

Untuk harga jelas lebih mahal daripada laptop dengan haddisk saja. Namun, dengan keunggulan penyimpanan yang dimiliki, harga yang agak mahal bukan menjadi persoalan. Apalagi kalau file-file pekerjaan kita cukup besar. 

4. Kemudahan penggunaan laptop

Pernah mendengar istilah user friendly tidak? Nah, istilah ini mengacu pada laptop yang mudah digunakan oleh penggunanya. Mulai dari tombol hingga fitur-fitur yang disematkan di dalamnya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para pengguna.

Kita yang tidak terlalu paham tentang teknologi dan cara mengoperasikannya tentu akan semakin dimudahkan pekerjaannya dengan laptop user friendly. Jenisnya bisa dicari di mesin pencari, yaitu Google. Akan ada banyak pilihan di sana, jadi kita tinggal memilih yang paling cocok.

5. Daya tahan baterai

daya tahan baterai

Khusus untuk yang sering melakukan video conference atau rapat online dengan manajemen atau klien, maka penting memperhatikan daya tahan baterai pada laptop. Pilihlah laptop dengan kapasitas baterai yang besar. Semakin besar kapasitas baterai, biasanya jam pakainya lebih lama.

Namun, jangan tertipu dengan angka yang tertulis pada spesifikasinya. Ada beberapa laptop yang punya kapasitas baterai yang lebih rendah, tapi daya tahannya lebih lama. Inilah yang mesti kita perhatikan baik-baik sebelum beli laptop.

6. Berat laptop itu sendiri

Namanya bekerja di rumah, tapi mustahil kalau kita terus-menerus bekerja di rumah. Ada kalanya kita ingin bekerja di luar untuk menikmati suasana berbeda, sehingga bekerjanya tidak membosankan. Inilah alasan mengapa berat laptop juga harus menjadi pertimbangan saat hendak membeli laptop.

Rata-rata berat laptop itu lebih dari 2 kg, tapi ada beberapa merek laptop yang menghadirkan laptop dengan berat lebih ringan. Beratnya bisa kurang dari 2 kg, jadi lebih mudah dibawa bepergian. Harga bisa jadi lebih mahal dari laptop pada umumnya, tapi kalau budget cukup, tidak ada salahnya dibeli.

Baca Juga: Doyan Main Game? Inilah 10 Laptop Gaming Murah dan Berkualitas

7. Kamera laptop bagus

kamera laptop

Selain kapasitas baterai, kita juga perlu memperhatikan bagus atau tidaknya kamera yang disematkan pada laptop tersebut. Terlebih lagi kalau kita sering melakukan online meeting. Akan lebih baik memilih laptop yang kameranya bagus agar wajah orang-orangnya terlihat jelas, begitu pula dengan materi rapat yang dipaparkan di sana.

Resolusi kamera yang dianjurkan adalah 720 pixel. Lebih tinggi justru lebih bagus, jadi kita tidak perlu memasang kamera tambahan lagi. Mengirim video dengan kamera beresolusi tinggi pun enak karena kualitas videonya bagus, proses upload pun lancar.

8. Beli dari toko terpercaya

Dan tips terakhir saat membeli laptop adalah memperhatikan kredibilitas toko. Hal ini tidak hanya berlaku saat beli laptop online, tapi juga offline. 

Ada saja penjual nakal yang menjual laptop rakitan. Kita sebagai masyarakat awam tentu tidak akan tahu, kecuali kita membawa orang yang paham betul tentang teknologi. Jangan lupa baca review toko yang bersangkutan untuk menghindari penyesalan.

Beli Laptop sesuai Kebutuhan

Kebutuhan perangkat tiap orang berbeda-beda, jadi pilihlah perangkat yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan kita. Jangan membeli laptop karena trend, apalagi demi menaikkan gengsi karena manfaat yang didapat pastinya tidak akan maksimal, buang-buang uang juga. Kalau laptop harga murah sudah cukup tangguh untuk menunjang pekerjaan kita, mengapa tidak? 

Baca Juga:  6 Tips Supaya Laptop Bertahan Lebih dari 5 Tahun