8 Tips Menggelar Pernikahan di Rumah

Pada umumnya, pesta pernikahan digelar di gedung atau wisma. Lantas apa jadinya kalau pestanya di rumah saja? Tentu bukan jadi masalah, tapi kebanyakan orang ogah melangsungkan acara pernikahan di rumah. 

Selain karena gengsi, persiapannya juga lebih ribet. Namun dengan tips menggelar pernikahan di rumah berikut, setidaknya kesulitan yang akan kamu hadapi nanti bisa berkurang. 

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Persiapan harus matang

loader

Mengingat pernikahan adalah momen sakral yang terjadi sekali seumur hidup, maka persiapannya harus matang. Butuh waktu setidaknya 2-4 bulan untuk menyiapkan semuanya agar tidak ada satu pun yang terlewatkan.

Khusus untuk hal-hal kecil, sebaiknya dicatat secara rinci dalam note khusus. Gunanya untuk menghindari kemungkinan lupa. Sebab, hal-hal kecil menjadi sesuatu yang paling sering dilupakan karena perannya sangat minor dalam suatu acara.

2. Gunakan jasa desain interior

Bagi yang kurang ahli dalam hal dekorasi, sebaiknya gunakan jasa desain interior untuk menentukan tata letak dan konsep yang pas dengan tema pernikahan. Kamu bisa diskusikan konsep seperti apa yang diinginkan dengan pasangan, lalu bicarakan dengan desain interior. Nanti akan dipikirkan dan dibuatkan sketsanya, jadi kamu bisa dapat bayangannya.

Setiap ide biasanya akan didiskusikan terlebih dahulu denganmu, jadi dapat dipastikan seluruhnya sesuai keinginan. Namun, kamu harus menyiapkan budget tambahan karena menggunakan jasa desain interior tidak murah.

Baca Juga: Ingin Melangkah ke Pelaminan? Ini 5 Cara Mempersiapkan Pernikahan Tanpa Utang

3. Makanan yang lezat

loader

Sah-sah saja bila ingin menggelar acara pernikahan di rumah, tapi pastikan makanan yang disajikan enak agar tamu undangan merasa dimanjakan. Cari katering yang sudah biasa menangani acara pernikahan, jadi kamu tidak perlu meragukan kualitas dan cita rasa makanannya. 

Siapkan beberapa menu agar tamu bisa memilih sesuai selera. Porsinya bisa dibanyakin dari jumlah tamu yang diundang untuk jaga-jaga siapa tahu mereka mengajak pacar atau anak-anaknya. Dengan demikian, kasus kekurangan katering tidak terjadi di acara pernikahanmu nanti.

4. Minta izin kepada tetangga

Acara pernikahan biasanya berlangsung meriah yang tentunya menimbulkan keributan di lingkungan sekitar. Sebaiknya mintalah izin dari tetangga sekitar jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan berlangsung, begitu juga kepada kepala desa atau RT. Secara tidak langsung, acara pernikahan mengganggu kenyamanan mereka, lho!

Mintalah dengan sopan agar mereka menyetujuinya dengan senang hati. Bila memungkinkan, kamu bisa mengundang beberapa tetangga untuk menghargai eksistensi mereka sekaligus meningkatkan rasa kekeluargaan. 

5. Sediakan lahan parkir yang cukup

loader

Menggelar pernikahan di rumah sejatinya dapat menghemat biaya, tapi yang menjadi permasalahan adalah lahan parkirnya. Apabila lahan parkir tidak cukup, ada kemungkinan tamu akan memarkirkan kendaraan secara sembarangan yang dapat menghambat mobilitas kendaraan lain yang ingin lewat.

Sebelum memutuskan menggelar pernikahan di rumah, sebaiknya pikirkan ketersediaan parkir. Carilah lahan kosong di dekat rumah yang bisa disewa seharian untuk parkir kendaraan tamu. Dengan demikian, kendaraan terparkir dengan rapi tanpa mengganggu kendaraan manapun.

6. Jangan sungkan meminta bantuan orang lain

Kamu tidak dapat mengurus persiapan pernikahan sendirian karena banyaknya hal yang harus disiapkan. Mintalah bantuan orang lain kalau memang dibutuhkan. Tidak perlu merasa sungkan karena mereka adalah orang-orang terdekat yang pastinya bersedia menolongmu, terutama di acara penting seperti pernikahan.

Pilihlah orang-orang yang menurutmu bisa diandalkan, jadi bantuan yang diberikan maksimal. Jangan lupa untuk mencatat jenis bantuan yang dibutuhkan, jadi kamu bisa membagi pekerjaan kepada masing-masing orang secara rapi.

Baca Juga: Mau Meminang Dia? Ini 7 Tips Memangkas Biaya Lamaran Biar Kantong Tak Jebol

7. Cari fotografer berpengalaman

loader

Namanya acara sakral dan penting, maka perlu diabadikan dalam bentuk foto atau video. Sewalah jasa fotografer berpengalaman untuk mengabadikan semua foto-foto di dalam acara, baik saat awal, pertengahan, dan akhir sehingga kenangan pernikahan tetap membekas sampai kapanpun.

Manfaatkan sosial media untuk mencari jasa fotografer berpengalaman. Jangan lupa lihat portofolio fotografer untuk mengukur kemampuan memotret, sehingga foto yang dihasilkan berkualitas.

8. Rayakan dengan santai

Dengan menggelar acara pernikahan di rumah, setidaknya kamu tidak perlu takut kehabisan gedung. Kamu sudah punya gedung sendiri yang tak kalah bagus setelah didekorasi sedemikian rupa. Jadi, jauhkan rasa panik dan khawatir berlebih menjelang hari pernikahan.

Rayakan acara dengan santai dan nikmati setiap momen yang ada. Selagi persiapanmu sudah matang, hasilnya pasti baik. Kesalahan demi kesalahan dapat diminimalisir, sehingga seluruh rangkaian acara berlangsung seperti yang diharapkan sejak awal. 

Harus Detail dalam Menyusun Rencana

Jika kamu menginginkan acara pernikahan yang berkesan, maka luangkan waktu dan tenaga ekstra agar hal tersebut dapat terwujud. Pastikan acara disusun secara detail dan rapi untuk mencegah kemungkinan adanya bagian yang terlewat karena dapat mempengaruhi kelancaran acara pernikahan. Kamu bisa diskusikan dengan pasangan untuk mendapatkan ide tentang konsep, jadi pusingnya tidak sendirian, deh!

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Ingin Menunda Rencana Pernikahan?