8 Tips Mengurangi Gangguan Kerja Saat Berada di Kantor

Daya fokus yang kuat dalam memulai pekerjaan adalah hal yang dibutuhkan agar pekerjaan tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan deadline. Jika tidak fokus maka bisa saja pekerjaan tidak bisa cepat selesai padahal ada deadline yang terus memburu. 

Tidak fokus dalam bekerja sehingga membuat pekerjaan tidak produktif ternyata bisa timbul akibat adanya gangguan yang berasal dari luar. Kamu yang tidak bisa mengatasi gangguan tersebut biasanya akan membuat pekerjaan terbengkalai.

Agar bisa produktif kembali maka gangguan-gangguan yang menyebabkan gagal fokus tersebut harus dikurangi. Berikut ini ada 8 tips mengurangi gangguan kerja saat berada di kantor yang bisa Kamu ikuti :

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Hindari Melihat Sosial Media

hindari melihat sosial media

Sosial media merupakan satu dari sekian banyak gangguan kerja yang paling sering dihadapi seseorang. Agar fokus dalam melakukan pekerjaan maka sebaiknya menjauhkan smartphone ketika sedang bekerja. Melihat sosial media seperti Instagram akan memecah konsentrasi sehingga pekerjaan yang tadi sedang dikerjakan akan terbengkalai karena lebih asyik bermain sosial media.

Jika sulit untuk tidak membuka sama sekali sosial media saat bekerja, bisa membuat timer sebagai pengatur waktu kapan bisa membuka smartphone lagi. Dengan cara ini, kamu akan bisa lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan dan baru membuka sosial media ketika sudah waktunya saja.

2. Gunakan Earphone

Sebagian orang suka mendengarkan musik saat sedang bekerja karena bisa membuat otak menjadi lebih rileks sehingga pekerjaan bisa berjalan lancar. Namun tidak sedikit juga yang merasa bahwa adanya musik malah mengganggu konsentrasi dan membuat pekerjaan tidak kunjung selesai. 

Jika di kantormu ada musik yang keras namun kamu adalah tipe orang yang terganggu dengan musik maka earphone bisa menjadi solusi agar konsentrasi kerja bisa kembali.

Gunakan earphone tanpa musik yang bisa mengecilkan suara di sekitar sehingga tidak banyak suara yang terdengar. Kamu juga bisa mengatasi gangguan selain suara keras jika menggunakan earphone. Pasalnya, dengan menggunakan earphone maka orang di sekitar tidak akan berani mengajak bicara kecuali suatu hal yang sangat penting.

Baca Juga: Ini Cara Terbaik untuk Mengatasi kolega yang Bersikap Negatif di Kantor 

3. Buatlah Time Table

time table

Bingung menentukan prioritas kerja juga bisa menjadi hal yang mengganggu pekerjaan. Seringkali kebingungan tersebut membuatmu memilih melakukan hal lain yang berakibat pada terbengkalainya pekerjaan. Untuk mengatasi hal tersebut bisa membuat time table.

Time table bisa dibuat secara detail mulai dari pekerjaan apa yang harus dilakukan terlebih dahulu beserta deadline pengerjaan dalam satu hari. Dengan membuat time table kamu bisa bekerja sesuai jadwal sehingga lebih produktif.

4. Singkirkan Urusan Pribadi Terlebih Dahulu

Menyingkirkan urusan pribadi bukan berarti membuatmu tidak bisa menyelesaikannya. Kamu harus bisa membagi waktu dengan baik sehingga hal tersebut tidak mengganggu produktifitas kerja. Bahkan sebuah artikel menyebutkan bahwa hampir 25% waktu karyawan di kantor adalah untuk mengurusi hal pribadi.

Tentu hal tersebut bukanlah sesuatu yang benar untuk dilakukan. Pasalnya, jika menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikan urusan pribadi maka pekerjaan yang harusnya selesai tepat waktu akan terbengkalai.

5. Membagi Tugas

membagi tugas

Ketika semua orang yang ada di kantor mengandalkanmu untuk melakukan berbagai pekerjaan sehingga sulit untuk membagi waktu maka hal tersebut merupakan gangguan kerja. Cobalah bisa berkonsultasi dengan atasan atau rekan kerja untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kamu bisa membagi tugas, misalnya dengan tidak mengikuti meeting yang tidak terlalu membutuhkanmu untuk mengerjakan pekerjaan yang menjadi prioritas. Dengan cara ini, pekerjaanmu bisa selesai dan pekerjaan lain tetap berjalan lancar.

6. Jangan Terlalu Banyak Mengobrol

Mengobrol dengan rekan kerja memang bisa menjadi salah satu cara untuk bersosialisasi. Namun Kamu juga perlu membatasi waktu mengobrol agar tidak mengganggu pekerjaan masing-masing. Jadi akan lebih bijak jika mulai mengurangi mengobrol terutama untuk obrolan di luar pekerjaan saat jam kerja.

Baca Juga: Langkah Menjadi Seorang Copywriter Handal dan Banyak Dicari Orang

7. Jangan Terlalu Sering Membuka Email

jangan membuka email

Karena sering mendapatkan email, rata-rata seorang karyawan bisa membuka emailnya 6 hingga 20 kali dalam sehari. Terlalu sering membuka email ternyata dapat mengganggu pekerjaanmu karena bisa terdistraksi oleh hal lainnya.

Namun bukan berarti tidak boleh mengecek email sama sekali. Pasalnya, mengecek email juga penting untuk kesigapan dalam pekerjaan. Kamu bisa membatasi dalam membuka email dan membalasnya di jam-jam tertentu.

8. Gunakan Teknik Podomoro

Teknik Podomoro merupakan sebuah teknik yang ditemukan oleh Francesco Cirillo. Teknik yang ditemukan di akhir tahun 1980-an ini merekomendasikan untuk berhenti bekerja setiap 25 menit. Hal tersebut bertujuan agar fokus pada otak meningkat sehingga pekerjaan akan lebih baik.

Para ilmuwan juga mengatakan bahwa otak memang butuh istirahat sejenak ketika bekerja untuk menghindari kelelahan. Gunakan teknik ini dengan memasang alarm setiap 25 menit dan berhenti bekerja selama sekitar 5 menit.

Bekerjalah dengan Fokus Agar Pekerjaan Selesai dengan Baik

Itulah 8 tips yang bisa membantumu mengurangi gangguan kerja sehingga bisa lebih produktif. Untuk bisa produktif dalam bekerja, Kamu harus selalu fokus. Jadi usahakan tetap fokus dan konsentrasi sehingga pekerjaan berjalan lancar.

Baca Juga: Melamar Kerja Lewat Website Perusahaan atau Situs Pencari Kerja? Pahami ini Dulu, Yuk!