8 Universitas Akuntansi dan Keuangan Terbaik di Dunia

Tertarik mempelajari ilmu akuntansi dan keuangan? Jika tertarik dan tidak keberatan berpisah jauh dari orang tua, kamu bisa melanjutkan perkuliahan ke luar negeri. Ada beberapa universitas akuntansi dan keuangan terbaik yang bisa menjadi tempatmu untuk menimba ilmu.

Tenang, karena daftar universitas terbaik ini tidak hanya berada di Amerika Serikat, tapi juga di Eropa. Berikut daftarnya yang bisa langsung kamu jadikan referensi. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

8. University of California, Berkeley

loader

Adalah universitas yang bisa jadi pelabuhan terbaik bagi kamu yang ingin belajar akuntansi dan keuangan di Negeri Paman Sam. Selama proses pembelajaran, mahasiswa akan diajarkan ilmu ekonomi secara mendalam sebagai bekal untuk menapaki dunia kerja nanti. 

Sistem pembelajarannya dipastikan tidak monoton. Mahasiswa akan diberikan akses untuk terjun langsung ke dunia akuntansi, baik melalui event untuk bertegur sapa dengan para akuntan profesional maupun mengunjungi perusahaan akuntan terbaik di AS. Biaya kuliah untuk mahasiswa baru sebesar USD 14.312.

7. New York University

loader

Masih di Negeri Paman Sam, kali ini kamu dapat menjajaki salah satu universitas top di sana, yaitu New York University. Saat ini telah memiliki kampus tambahan yang berlokasi di Abu Dhabi dan Shanghai, China. Lulusan akuntansi dari universitas ini memiliki peluang karir yang baik nantinya mengingat alumninya bekerja di perusahaan terbaik di dunia.

Selain mempelajari ilmu akuntansi, mahasiswa juga akan diajarkan tentang aliran ilmu sejenis. Sebut saja investasi, pasar uang, dan manajemen keuangan korporasi. Biaya kuliahnya sebesar USD 56.500 selama dua semester.

6. University of Pennsylvania

loader

Universitas selanjutnya yang bisa dijadikan pelabuhan adalah University of Pennsylvania, yang terletak di Philadelphia. Proses belajar mengajar di sini sudah menggunakan sistem bertaraf dunia, dapat dilihat dari fasilitas, jadwal belajar yang fleksibel, dan sistem leadership yang terintegrasi.

Universitas ini berhasil menorehkan rekor dengan menghadirkan alumni terkenal di mata dunia, seperti Elon Musk, Donald Trump, hingga Warren Buffet. Tidak heran bila universitas ini dinobatkan menjadi salah satu yang terbaik. Biaya kuliah yang harus dibayarkan jika ingin melanjutkan studi disini sekitar USD 57.770.

Baca Juga: 10 Universitas Terbaik vs Universitas Favorit di Indonesia

5. University of Cambridge

loader

Beralih ke universitas yang ada di Negeri Ratu Elizabeth, yakni University of Cambridge. Salah satu universitas terbaik yang menghadirkan lulusan handal di bidang ekonomi, yang juga dibekali dengan work ethic baik dan selalu termotivasi dalam bekerja.

Universitas ini masuk dalam tiga besar jejeran universitas dengan reputasi pemberi kerja terbaik di dunia. Dengan predikat ini, maka menganggur adalah hal yang agak sulit untuk kamu yang berhasil lulus dari University of Cambridge. Biaya kuliah untuk mahasiswa internasional sebesar GBP 21.732.

4. University of Manchester

loader

Salah satu universitas yang menawarkan jurusan akuntansi terbaik di dunia dengan sistem pengajaran tinggi. Dalam arti mahasiswanya diberi ilmu akuntansi yang mendalam agar bisa bersaing dengan lulusan dari universitas terbaik lainnya di seluruh dunia. 

Universitas ini memiliki basis kurikulum yang telah disetujui ICAEW, bahkan telah menjalin kerjasama dengan salah satu perusahaan akuntan Big Four, yaitu PWC. Masa studi di sini selama 4 tahun, dimana 3 tahun untuk belajar dan 1 tahun sisanya untuk terjun langsung ke dunia kerja alias magang. Biaya kuliah di universitas ini mencapai GBP 21.000.

3. University of Sydney

loader

Universitas yang didirikan pada tahun 1850 ini juga memiliki reputasi yang baik di mata dunia dengan berbagai riset publiknya. Mahasiswa jurusan bisnis akan diajarkan tentang prinsip dasar mengenai akuntansi keuangan, termasuk praktek dan analisis mengenai standar akuntansi.

Selain jurusan akuntansi, universitas ini juga menawarkan program pembelajaran akuntansi profesional yang telah diakreditasi oleh Chartered Accountants Australia and New Zealand. Uang kuliahnya berkisar AUD 40.600 – AUD 46.000 per tahun.

Baca Juga: Mau Kuliah di Luar Negeri? Ini 9 Negara dengan Pendidikan Terbaik di Dunia

2. London School of Economics

loader

Jika kamu ingin belajar di salah satu universitas termasyhur di dunia, London Shool of Economics bisa dijadikan pilihan yang bagus. Di sini kamu tidak hanya diajarkan mengenai ilmu untuk keperluan akademik saja, tapi juga dituntut untuk melakukan sejumlah inovasi sebagai bekal bagi diri sendiri di kemudian hari.

Selain akuntansi dan keuangan, universitas ini menawarkan jurusan lain yang tak kalah bagus, seperti hukum, politik, antropologi, dan sosiologi. Biaya kuliahnya yaitu GBP 9.250 untuk mahasiswa lokal dan GBP 21.570 untuk mahasiswa internasional. 

1. Harvard University

loader

Universitas akuntansi dan keuangan terbaik, yaitu Harvard University. Bukan tanpa alasan, universitas ini berhasil menghadirkan lulusan terkemuka dan memiliki andil penting di dunia. Sebut saja dua mantan presiden AS, yaitu John F Kennedy, Franklin D Roosevelt, bahkan milioner dunia seperti Bill Gates.

Ada banyak aliran ilmu akuntansi dan keuangan yang dapat dijadikan pilihan selama proses pembelajaran. Tujuannya untuk bekal saat menapaki jenjang karir yang lebih tinggi. Biaya kuliahnya sebesar USD 33.456 per tiga semester.

Pilih Universitas yang Lingkungannya Sesuai

Itu dia jejeran universitas akuntansi dan keuangan terbaik di dunia. Pilihlah kampus yang lingkungannya sesuai denganmu, jadi kamu lebih enjoy selama proses belajar mengajar. Pilihan ada ditanganmu, kamu berhak menentukan yang terbaik untuk diri sendiri.

Baca Juga: 7 Program Studi Termahal, Tertarik Mendaftar di Sana?