9 Pekerjaan Paling Menjanjikan di Tahun 2020. Segera Siapkan CV Terbaik Kamu!

Yeay, sudah masuk tahun 2020. Apa rencana kariermu di tahun baru ini? Pastinya ingin yang terbaik, seperti naik jabatan, naik gaji, dapat bonus, punya bos atau atasan yang adil dan bijaksana, rekan kerja yang asyik, atau malah mau pindah kantor baru.

Apapun resolusi untuk kariermu, semoga terwujud. Bukan lagi sekadar daftar harapan yang hanya tertulis di kertas, tapi juga menjadi kenyataan. Namun resolusi ini harus diiringi usaha atau ikhtiar sehingga dapat tercapai.

Laporan World Economic Forum (WEF) menyatakan, sebanyak 5 juta pekerjaan bakal hilang di tahun 2020 akibat perubahan demografis dan kemajuan teknologi. Tapi tenang saja, ada beberapa pekerjaan yang justru tetap bersinar dan paling banyak dicari di tahun 2020.

Berikut daftar pekerjaan yang menjanjikan di tahun ini:

Baca Juga: Ini Contoh Soal dan Tips Menjawab Soal Psikotest Biar Lulus Tes Seleksi Kerja

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Digital Marketing

Digital Marketing
Pekerjaan sebagai digital marketing

Sepertinya pekerjaan ini masih populer di tahun 2020 dan di masa depan seiring perkembangan teknologi dan internet. HRD membutuhkan banyak tenaga di bidang digital marketing. Spesifiknya memiliki kemampuan SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), data analisis, email marketing, CMS (Content Management System), serta aktif di media sosial. 

Tentu saja tim digital marketing bertanggung jawab untuk memasarkan produk dan jasa yang dijual perusahaan melalui kanal digital, seperti website, email, media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, YouTube), blog, dan channel digital lainnya.

Peran digital marketing dalam sebuah perusahaan sangat penting. Untuk menjalankan promosi sesuai target pasar yang dibidik. Contohnya berdasarkan lokasi, minat, penghasilan per bulan, umur, dan masih banyak lainnya.

  • Gaji staf digital marketing =  Mulai dari Rp 5 juta-13 juta per bulan.

2. Guru

Guru
Profesi sebagai guru

Berdasarkan data Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Indonesia kekurangan sebanyak 1,1 juta guru. Sementara versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kekurangan guru mencapai lebih dari 870 ribu orang. Kekurangan guru terbanyak untuk tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD).

Bukan cuma dari sisi kuantitas, penyebaran guru pun tidak merata. Akibatnya, jumlah guru di daerah terpencil dan terpesolok sangat sedikit. Solusinya guru lain harus mengajar rangkap. Kalau begini terus, bagaimana kualitas pendidikan di Indonesia mau maju?

Oleh karena itu, pekerjaan guru yang mulia ini masih sangat dibutuhkan. Guru-guru yang sudah pensiun juga kan harus diganti. Indonesia membutuhkan guru terampil, kreatif, inovatif, dan guru profesional. Begitu vitalnya peran guru dalam memperbaiki mutu pendidikan di Tanah Air.

  • Gaji guru = Mulai dari Rp2 juta-8,5 juta per bulan.

3. Data Analis

Data Analis
Data analis adalah salah satu profesi yang banyak dicari di 2020

Ahli data atau data analis merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari banyak perusahaan. Bahkan hampir seluruh industri membutuhkan tenaga data analis. Ya, itu karena perusahaan memerlukan orang yang mampu membaca, memahami, dan menerjemahkan data, berupa angka menjadi laporan yang mudah dimengerti manajemen.

Kamu yang ingin bekerja sebagai data analis wajib memiliki beberapa skill, yakni bahasa pemrograman (SQL, Oracle, dan lainnya), kemampuan matematika dan statistik, paham dengan yang namanya software Adobe Campaign. Cocok nih buat kamu yang lulusan IT, ekonomi, matematika, dan manajemen.

  • Gaji data analis: Mulai dari Rp 11 juta-27 juta per bulan.

4. Programmer Cs atau yang berkaitan dengan IT

Programmer
Programmer atau profesi yang berkaitan dengan bidang IT

Anda jebolan sarjana ilmu komputer, Teknologi Informasi (IT), atau punya keahlian tersebut? Peluangnya besar nih untuk mendapatkan pekerjaan sebagai programmer, software developer, Software QA, System Engineer, hingga ahli keamanan siber.

Perusahaan harus melindungi seluruh data penting dari serangan hacker dan kejahatan siber lain. Apalagi saat ini bermunculan perusahaan rintisan atau startup, financial technology (fintech), dan menjamurnya e-commerce yang mengandalkan IT sebagai backbone.

  • Gaji programmer cs = Mulai dari Rp 5,5 juta-60 juta per bulan.

5. Desainer produk

Desainer Produk
Profesi desainer produk adalah profesi menjanjikan di 2020

Kreatif dan inovatif adalah salah satu keterampilan yang dibutuhkan pada tahun 2020. Posisi desainer produk bakal dicari perusahaan untuk komersial dan industri. Merancang, menciptakan, mendesain, dan mengembangkan produk, seperti otomotif, gadget, barang-barang manufaktur, dan sebagainya. 

  • Gaji desainer produk = Mulai dari Rp 6 juta-30 juta per bulan.

Baca Juga: 20 Situs Lowongan Kerja Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

6. Arsitek dan Insinyur

Arsitek
Profesi sebagai arsitek dan insinyur 

Permintaan arsitek dan insinyur dalam 4 tahun ke depan diprediksi WEF akan terus meningkat. Profesi insinyur yang paling banyak dibutuhkan di tahun 2020 dan masa mendatang adalah insinyur biokimia, nanoteknologi, dan robotik. Sementara profesi arsitek bisa jadi incaran seiring menggeliatnya pembangunan infrastruktur, perumahan dan bangunan, serta lainnya.

  • Gaji arsitek = Mulai dari Rp 7 juta-50 juta per bulan
  • Gaji insinyur biokimia dan robotik = hingga Rp70 juta per bulan.

7. Dokter dan Personal Trainer

Dokter
Dokter dan personal trainer masih jadi profesi yang banyak diincar

Indonesia memang kelebihan tenaga dokter umum. Tapi masih kekurangan dokter spesialis. Apalagi yang ditempatkan di pelosok Tanah Air, sehingga permintaan dokter diperkirakan tetap akan meningkat di tahun 2020.

Masyarakat saat ini pun sudah semakin sadar pentingnya menerapkan pola atau gaya hidup sehat. Pusat-pusat kebugaran tumbuh subur, dan membutuhkan tenaga personal trainer. Jadi permintaan dua profesi tersebut diperkirakan bakal naik.

  • Gaji dokter = mulai dari Rp 6 juta-70 juta per bulan
  • Gaji personal trainer = mulai dari Rp 4 juta-20 juta per bulan.

8. Akuntan dan ahli keuangan

Akuntansi
Pekerjaan sebagai akuntan dan ahli keuangan

Buat kamu lulusan akuntansi, peluang berkarier jadi akuntan dan ahli keuangan, seperti auditor, konsultan keuangan terbuka lebar. Profesi akuntan sangat dibutuhkan mengingat jumlahnya yang masih sedikit di Indonesia. Banyak perusahaan dan lembaga memerlukan tenaga akuntan untuk mengelola atau manajemen keuangan dengan baik.

  • Gaji akuntan = Mulai dari Rp 4 juta-10 juta per bulan.

9. Pekerja industri kreatif

Industri kreatif
Bekerja di industri kreatif juga menjanjikan loh

Industri ekonomi kreatif saat ini tengah naik daun. Meliputi aplikasi dan game developer, fesyen, film, animasi, video, fotografi, kuliner, musik, periklanan, seni pertunjukan, penerbitan, seni rupa, serta media. Ini semua membutuhkan tenaga kreatif yang cukup banyak. Beruntung, Indonesia dipenuhi anak-anak muda kreatif dan inovatif, sehingga diharapkan dapat terjun ke industri kreatif.

  • Gaji pekerja industri kreatif = Mulai dari Rp 4 juta-60 juta per bulan.

Tertarik? Siapkan CV Sekarang Juga

Bagaimana ada posisi yang kamu incar? Jika tertarik, segera hunting lowongan kerja di bidang yang kamu suka. Jika ada yang cocok, langsung kirim CV atau surat lamaran terbaik ke bagian HRD. Siapa tahu usahamu membuahkan hasil dan diterima bergabung di perusahaan dengan posisi yang sudah kamu incar. Dengan begitu, satu resolusi di tahun 2020 tercapai.

Baca Juga: Jangan Tulis Kata-kata Ini di Resume Kalau Mau Diterima Kerja