Affiliate Marketing: Pengertian, Manfaat, Tips dan Peluang Karirnya

Affiliate Marketing menjadi salah satu metode pemasaran yang populer selama beberapa waktu belakangan ini. Bukan hanya di dalam bisnis skala besar saja, tetapi kalangan pelaku bisnis kecil juga sudah banyak yang menerapkan metode pemasaran yang satu ini.

Perkembangan seperti ini menjadi angin segar tersendiri sehingga karir sebagai affiliate marketer juga makin menjanjikan dan diincar oleh banyak orang. Sebut saja affiliate marketing Shopee yang diminati oleh banyak pebisnis di platform ternama tersebut, sebab dianggap bisa membuat bisnis menjadi lebih stabil atau bahkan berkembang dengan baik.

Cara menjadi affiliate marketing yang terbilang mudah tentu menjadi salah satu alasan di balik hal tersebut. Dalam beberapa tahun ke depan, peluang karir di bidang yang satu ini bahkan diprediksi akan makin luas, sebab ketersediaan internet juga sudah makin merata dan mudah untuk diakses.

Baca juga: Afiliasi, Ini Cara Kerja dan Sederet Keuntungannya

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pengertian Affiliate Marketing

loader

Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah suatu proses untuk menawarkan atau mempromosikan sebuah produk dengan memanfaatkan layanan afiliasi yang sudah profesional. Dengan kata lain, affiiliate marketing ini merupakan penggunaan afiliasi yang dilakukan untuk membantu pelaku bisnis menawarkan atau menyampaikan produk maupun jasa mereka kepada para pelanggan.

Di dalam prakteknya, pembayaran affiliate marketer biasanya mengenal dua metode yang berbeda, yakni pembayaran yang dilakukan di depan atau pembayaran yang dilakukan dengan menghitung setiap produk yang terjual. Sama seperti layanan lainnya, pembayaran dalam sistem affiliate marketing tentu akan dilakukan sesuai dengan kesepatan kedua belah pihak.

Salah satu perusahaan marketing terbesar di Amerika Serikat mengatakan bahwa affiliate marketing adalah sebuah proses promosi produk maupun jasa yang dilakukan dari 3 sisi sekaligus, yakni pebisnis, afiliasi, dan juga konsumen itu sendiri. Penjelasan ini tentu cukup untuk memberi pengertian tentang affiliate marketing itu apa.

Affiliate marketing adalah metode yang akan membantu pebisnis untuk memasarkan barang mereka, tanpa perlu repot melakukan serangkaian pemasaran yang rumit di dalam bisnis yang dijalankan. Affiliate marketer akan mempromosikan produk bisnis tersebut sesuai dengan target pasar yang tepat untuk mendapatkan penjualan yang lebih maksimal.

Sementara di lain sisi, afiliasi akan mendapatkan sejumlah uang atau keuntungan atas layanan jasa yang mereka berikan kepada pebisnis. Inilah yang akan menjadi pemasukan bagi para affiliate marketer. Sistem pembayaran ini tentu akan lebih menjelaskan affiliate marketing itu apa secara lebih detail.

Sedangkan bagi para calon konsumen, affiliate marketing juga akan sangat membantu. Calon konsumen tak lagi perlu mencoba berbagai produk maupun jasa yang ditawarkan, cukup melihat dan menjadikan ulasan yang dikeluarkan oleh afiliasi terhadap produk maupun jasa tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pembelian.

Manfaat Affiliate Marketing

Dikenal pertama kali pada tahun 1994 silam di Amerika Serikat, affiliate marketing memang berkembang sangat pesat dan langsung merebak ke berbagai belahan dunia. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang mencari cara menjadi affiliate marketing dan ingin menekuni bidang ini secara profesional.

Affiliate marketing adalah salah satu cara untuk mengatasi biaya pemasaran yang dinggap begitu tinggi di dalam bisnis. Selain itu, penerapan affiliate marketing ini juga dianggap praktis dan mudah untuk dijalankan oleh semua pebisnis yang membutuhkan pemasaran.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari affiliate marketing.

  1. Membuat Angka Penjualan Menjadi Stabil

    Pemakaian produk secara konsisten oleh konsumen merupakan alasan para pebisnis untuk terus menerapkan affiliate marketing di dalam bisnis mereka. Hal ini bertujuan untuk membuat angka penjualan tetap stabil sepanjang waktu.

    Untuk mendapatkan kestabilan di dalam bisnis, maka para pebisnis harus bisa menghasilkan angka penjualan yang stabil di dalam bisnis tersebut. Inilah salah satu manfaat penting yang bisa didapatkan dari penggunaan jasa affiliate marketer di dalam sebuah bisnis.

  2. Meminimalisir Risiko di dalam Bisnis

    Risiko merupakan bagian dari bisnis. Namun, penggunaan affilitae marketing akan menekan risiko di dalam pemasaran bisnis tersebut. Ini akan sangat membantu, terutama untuk bisnis baru yang masih sangat rentan dan minim pengalaman di lini pemasaran.

    Daripada memasarkan produk dengan mengandalkan strategi pemasaran yang belum teruji sama sekali, menggunakan jasa affiliate marketer yang sudah berpengalaman tentu akan lebih aman. Pemasaran produk bisa dilakukan dengan tepat dengan risiko yang diambil justru lebih minim.

  3. Mengurangi Biaya Pemasaran

    Pebisnis juga tidak perlu repot mempelajari cara menjadi affiliate marketing sebab layanan ini sudah mudah ditemukan di tanah air. Penggunaan jasa ini akan memangkas biaya pemasaran di dalam bisnis, termasuk untuk pebisnis pemula yang belum berpengalaman.

    Pada dasarnya, biaya pemasaran merupakan tantangan besar di dalam bisnis, sebab jumlahnya bisa saja begitu besar. Namun, ketika menggunakan afiliasi, jumlah biaya ini bisa ditekan menjadi rendah sehingga tidak membebani bisnis yang sedang dijalankan.

Baca juga: Mengenal Arti Kata Afiliasi dan Perannya dalam Konteks Marketing, Pasar Modal, Psikologi, dan Organisasi

Tips Menerapkan Affiliate Marketing

Untuk mendapatkan manfaat affiliate marketing, maka metode pemasaran ini harus dijalankan dengan cara yang tepat. Hal ini penting, agar tujuan penerapan affiliate marketing bisa jadi lebih maksimal dan sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menerapkan affiliate marketing dengan sukses di dalam bisnis.

  • Pilih Afiliasi yang Tepat

    Hal pertama yang wajib dipertimbangkan sebelum menerapkan metode ini adalah memilih afiliasi yang tepat sejak awal. Pemilihan afiliasi ini tentu harus disesuaikan dengan jenis produk maupun jasa yang ditawarkan. Hal ini penting, agar penerapan metode ini tepat sasaran.

    Pada dasarnya, sejumlah marketplace besar di tanah air menyediakan layanan pamasaran afiliasi ini dengan besaran komisi yang kecil, yakni kurang dari 5% saja. Namun, jika menggunakan afiliasi yang berskala kecil, biasanya komisi ini lebih tinggi, bahkan bisa saja mencapai 15%.

    Penting untuk memilih afiliasi yang tepat sejak awal, agar penggunaan layanan ini tidak membebani keuangan. Sesuaikan juga budget untuk kebutuhan ini dengan kondisi keuangan bisnis itu sendiri.

  • Pilih Strategi yang Tepat

    Memilih strategi afiliasi yang tepat juga menjadi kebutuhan wajib bagi para pebisnis, terutama mereka yang baru akan menggunakan layanan ini untuk pertama kalinya. Hal ini akan memungkinkan pebisnis untuk mendapatkan manfaat maksimal dari penerapan afffiliate marketing itu sendiri.

    Pada dasarnya, metode ini memiliki beberapa jenis serta tujuan yang berbeda. Idealnya, pebisnis mempertimbangkan dua sampai tiga jenis strategi saja sehingga bisa lebih mudah untuk dievaluasi serta diterapkan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dijalankan.

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Affiliator Marketing

Cara menjadi affiliate marketing tentu harus dengan menguasai sejumlah keahlian di bidang tersebut dengan baik. Profesi yang satu ini akan berkaitan dengan pemasaran produk, iklan dan hal lainnya yang mendukung kegiatan promosi itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa skill yang dibutuhkan untuk menjadi affiliator marketing.

  • Memiliki kreativitas dalam beberapa bidang, seperti pengambilan gambar atau foto, membuat desain banner, mendesain landing page, dan membuat konten marketing.
  • Memiliki kemampuan teknikal dalam desain grafis dan juga web developing.
  • Memiliki kemampuan baik untuk menganalisa data pemasaran.
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam mengambil keputusan terkait strategi affiliate marketing yang akan dijalankan.

Baca juga: Cara Membuat Bisnis Plan dan Kegunaannya

Jobdesc dan Kisaran Gaji Affiliator Marketing

Affiliate marketing adalah proses untuk menawarkan atau menjual sebuah produk maupun jasa kepada para konsumen. Hal ini bertujuan untuk membuat penjualan bisnis selalu berjalan dengan stabil. Tentu, menjadi hal yang menarik untuk mengetahui tugas seorang affiliate marketing itu apa saja.

Seorang affiliator marketing akan bertugas untuk menjalankan strategi afiliasi yang telah dipilih atau dibuat oleh perusahaan. Tugas-tugas ini akan dijalankan sesuai dengan ketentuan serta kesepakatan yang telah dibuat dengan pihak perusahaan tersebut. Hal ini akan dilakukan dengan menggunakan berbagai skill yang dimiliki oleh affiliator itu sendiri.

Kisaran gaji di bidang ini terbilang besar, bisa saja mencapai belasan atau bahkan puluhan hingga ratusan juta, tergantung pada perusahaan yang ditangani. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang mempengaruhi penghasilan seorang affiliator marketing, seperti harga layanan yang ditawarkan, persentase komisi yang ditetapkan, jumlah penjualan yang bisa dihasilkan dan yang lainnya.

Gunakan Affiliate Marketing untuk Kesuksesan Bisnis

Affliate marketing merupakan salah satu cara jitu untuk mempromosikan bisnis. Strategi ini bisa diterapkan untuk semua jenis bisnis, terutama yang dijalankan secara online. Terapkan affilate marketing di dalam bisnis dengan cara yang tepat, agar kesuksesan bisnis bisa dicapai dengan maksimal.