Agar Tak Menyesal, Baca dan Pahami Ini Dulu Sebelum Beli Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa menjadi hal penting yang harus dipersiapkan dalam kehidupan Anda. Produk ini dapat memberikan jaminan atau manfaat perlindungan kepada ahli waris atau keluarga bila Anda meninggal dunia.

Semakin cepat Anda mengajukan asuransi jiwa, semakin baik. Anda bisa mendapat besaran premi yang terjangkau. Namun demikian, bukan sembarang memilih produk asuransi jiwa. Pembelian polis harus dilakukan secara hati-hati.

Penting bagi Anda untuk selalu mencermati polis asuransi sejak awal. Anda harus betul-betul mengerti dan memahami semua hal atau isi dari polis yang dibeli. Jangan sampai di kemudian hari, Anda justru mengalami masalah, bahkan kerugian hanya karena mengabaikan informasi tersebut.

Berikut beberapa poin penting yang wajib Anda baca dan pahami dengan baik saat membeli polis asuransi jiwa:

Baca Juga: Pilih Jenis Asuransi ini biar Mobil Kena Banjir Ditanggung Asuransi

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Hak untuk membaca dan mempelajari isi polis

Asuransi Jiwa
Hal untuk membaca dan mempelajari isi polis

Produk asuransi bukan sesuatu yang mudah untuk dipahami, terutama oleh orang awam, mungkin termasuk Anda. Pada dasarnya, perusahaan asuransi memberikan waktu khusus bagi para pemegang polis untuk membaca dan mempelajari seluruh isi polis asuransi mereka selama 14 hari setelah diterbitkannya polis tersebut.

Selama jangka waktu itu, Anda bisa mengajukan keberatan atau pembatalan pembelian polis yang diajukan. Jika dibatalkan, Anda akan menerima kembali uang secara utuh.

Pastikan Anda memanfaatkan waktu tersebut dengan baik dan mempelajari isi polis secara detail. Hal ini akan menghindarkan Anda dari masalah, bahkan risiko kerugian di masa yang akan datang.

2. Kelengkapan data pemegang polis dan tertanggung

Asuransi Jiwa
Kelengkapan data pemegang polis dan tertanggung

Polis asuransi merupakan dokumen legal, sehingga sangat peting untuk selalu memastikan bahwa seluruh informasi di dalamnya akurat, termasuk berbagai data yang akan Anda cantumkan di sana. Kesalahan pengisian data, baik itu nama maupun tanggal lahir, dan lainnya akan sangat berisiko menimbulkan masalah ke depan.

Hindari kesalahan pengisian data pemegang dan tertanggung di dalam polis asuransi yang Anda beli. Isi dengan cermat. Jangan lupa untuk memeriksa seluruh data tersebut secara berulang, sehingga Anda bisa memastikan bahwa seluruh kolom sudah terisi dengan benar.

3. Manfaat perlindungan yang didapatkan

Asuransi Jiwa
Manfaat perlindungan yang diperoleh

Saat membeli produk asuransi, maka Anda akan mendapatkan manfaat tertentu dari produk tersebut. Semua hal ini akan tertuang di dalam polis asuransi dan wajib Anda pahami dengan baik.

Beberapa hal terkait manfaat asuransi yang perlu Anda cermati di polis:

  • Nilai uang pertanggungan yang akan diterima ahli waris, jika sewaktu-waktu Anda mengalami risiko.
  • Masa pertanggungan yang diberikan asuransi tersebut.
  • Manfaat peggunaan rider yang ditambahkan dalam asuransi Anda.
  • Layanan kamar yang bisa Anda dapatkan, jika menggunakan rider untuk tambahan asuransi jiwa.
  • Cara pengajuan klaim dan berbagai ketentuan terkait dengan pengajuan klaim tersebut (batas waktu, prosedur, dan yang lainnya).

Baca Juga: Supaya Mobil Terbakar Aksi Kerusuhan Ditanggung Asuransi, Pilih Jenis Asuransi ini!

 4. Ketentuan premi asuransi

Asuransi Jiwa
Ketentuan premi asuransi

Sebagai pengguna asuransi, Anda memiliki kewajiban untuk membayar premi. Hal yang harus Anda perhatikan dalam premi asuransi, yaitu:

  • Jumlah premi yang harus dibayarkan, cara pembayarannya, mata uang yang digunakan, dan periode pembayaran (bulanan, semester atau tahunan).
  • Ketentuan keterlambatan pembayaran premi.
  • Ketentuan terkait pemulihan polis, jika sewaktu-waktu polis Anda lapse (batal) akibat premi yang menunggak.

5. Ketentuan pengeculian

Asuransi Jiwa
Ketentuan pengecualian

Tidak semua risiko ditanggung pihak perusahaan asuransi, sebab ada ketentuan pengecualian untuk berbagai kondisi tertentu yang pada akhirnya membuat klaim asuransi ditolak.

Pastikan Anda memahami semua ketentuan pengecualian ini di dalam polis asuransi dengan baik sejak awal, sehingga Anda tidak sampai mengalami masalah atau kendala di kemudian hari akibat ketentuan-ketentuan tersebut.

6. Potongan biaya

Asuransi Jiwa
Potongan biaya

Asuransi juga menerapkan sejumlah biaya bagi para penggunanya. Anda wajib memahami semua biaya ini dengan baik. Ada banyak biaya yang dikenakan di dalam asuransi, tergantung pada jenis asuransi itu sendiri, seperti biaya pemeliharaan, biaya pertanggungan dasar, biaya administrasi bulanan, biaya perubahan terhadap alokasi dana investasi, biaya pengelolaan dana investasi, dan lainnya.

Pilih Produk Asuransi Jiwa yang Sesuai Kebutuhan dan Bujet

Bagi yang berniat membeli produk asuransi jiwa, pastikan Anda memilih produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, sesuai dengan kemampuan finansial agar tidak menjadi beban keuangan bulanan karena pastinya Anda juga memiliki produk asuransi lain yang harus dibayarkan preminya, seperti asuransi kesehatan, asuransi mobil, maupun BPJS Kesehatan.

Baca Juga: BPJS Kesehatan: Cara Naik dan Turun Kelas Perawatan, serta Biayanya