Pilih Jenis Asuransi ini biar Mobil Kena Banjir Ditanggung Asuransi

Mobil Terendam Banjir
Ilustrasi mobil terendam banjir

Cermati.com, Jakarta – Ibu kota kembali dilanda banjir bandang. Kerugian material pun tak terelakkan. Tak sedikit mobil-mobil jungkir balik diterjang banjir jadi pemandangan kelabu di awal tahun 2020.

Hujan yang mengguyur sepanjang malam tahun baru hingga keesokan harinya menjadikan wilayah Jakarta, Bekasi, Bogor, dan Tangerang tersapu banjir. Lagi-lagi, banjir yang menghadang ini pun seolah sudah biasa terjadi tiap beberapa tahun sekali.

Lalu, guna menyelamatkan barang berharga seperti mobil misalnya, asuransi apa yang bisa menanggung dampak mobil kena banjir? Simak ulasan Cermati.com berikut ini.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

Punya Mobil, Wajib Tahu Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan

Asuransi Mobil
Ilustrasi asuransi mobil

Tentu saja, mobil merupakan salah satu barang yang bernilai tinggi. Tak heran bila bukan hanya properti saja, tapi kendaraan juga ada asuransinya.

Ada beberapa jenis asuransi kendaraan yang masing-masing memiliki fasilitas klaim berbeda. Ketahui terlebih dahulu jenis-jenis asuransi kendaraan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan pilihan perlindungan mobil kesayangan, di antaranya:

1. Asuransi Mobil ‘Collision Coverage’

Asuransi kendaraan jenis collision coverage ini menanggung kerugian akibat kecelakaan mobil yang ditabrak. Jadi asuransi ini membiayai kerusakan mobil atau memberikan ganti rugi hingga senilai harga mobil tersebut.

2. Asuransi Mobil ‘Liability Insurance’

Jenis asuransi liability insurance ini juga untuk menanggung kerugian akibat kecelakaan, tapi tidak hanya memberikan ganti rugi seharga mobil saja, namun juga memberikan jaminan tambahan, yakni biaya tagihan medis akibat cidera pengemudinya.

3. Asuransi Mobil ‘Personal Injury Protection (PIP)’

Produk personal injury protection (PIP) ini merupakan asuransi yang mengcover pengemuda yang mengalami kecelakaan sendiri atau istilahnya kecelakaan tunggal. Asuransi jenis ini juga memberikan biaya tambahan dari kecelakaan yang menimpa pengemudi dan penumpangnya.

4. Asuransi Mobil ‘Total Loss Only (TLO)’

Bila mobil rusak sekitar 75% yang membuat tak bisa diperbaiki atau digunakan, bahkan mobil hilang, maka asuransi mobil jenis ini memberikan perlindungan secara keseluruhan. Artinya mobil akan diganti bila rusak atau hilang dicuri dengan jenis asuransi kendaraan total loss only.

5. Asuransi Mobil ‘All Risk’

Nah, untuk jenis asuransi all risk, artinya segala hal kerusakan pada mobil akan ditanggung. Asuransi ini mengcover mulai dari kerusakan ringan hingga berat, seperti mobil lecet hingga mobil hilang. Biasanya asuransi jenis ini banyak digunakan untuk mobil yang baru dibeli.

Baca Juga: Asuransi Mobil All Risk atau TLO: Pilih yang Mana Ya?

Ini Jenis Asuransi yang 'Mengcover' Mobil Terendam Banjir

Asuransi Kendaraan
Ilustrasi asuransi kendaraan

Apakah Anda sudah mengasuransikan kendaraan? Apakah asuransi kendaraan Anda saat ini bisa menanggung kerugian akibat mobil rusak karena banjir?

Ingat, ternyata asuransi kendaraan itu tak selalu dan serta merta menanggung kerugian mobil rusak karena banjir, lho. Hal ini diakui Vice President Communication, Event & Service Management Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto.

Menurut Iwan, sebagaimana dikutip dari CNBC Indonesia, para dasarnya kerusakan mobil yang disebabkan oleh banjir atau bencana alam itu bisa ditanggung oleh asuransi. Tapi asuransi yang bisa mengcover kerugian akibat banjir itu bukan termasuk asuransi kendaraan yang biasa atau standar.

Lalu, jenis asuransi mobil apa yang menanggung mobil kena banjir?

Jika dilihat dari jenis-jenis asuransi kendaraan yang ada, maka kerusakan mobil akibat banjir tidak ditanggung asuransi biasa. Pemilik harus menambah perluasan asuransi yang memang dikhususkan untuk mengcover mobil rusak karena banjir.

“Banjir dan bencara alam kondisi dasarnya kan tidak masuk dalam jaminan asuransi, tapi bisa di-cover jika ada perluasan jaminan terhadap kondisi dan bencana alam tersebut,” kata Iwan seperti diberitakan CNBC Indonesia.

Maka dari itu, lanjut Iwan, pemilik kendaraan harus mengecek lagi apakah asuransi kendaraan yang dimiliki sudah dilengkapi dengan perlindungan terhadap bencana alam banjir. Tentu saja, dengan perluasan perlindungan, maka akan ada tambahan premi sekitar 0,3% dari harga pertanggungan yang harus dibayarkan.

Syarat dan Kriteria Mobil Kena Banjir Bisa Klaim Asuransi

Klaim Asuransi Mobil Kebanjiran
Ilustrasi klaim asuransi mobil terendam banjir

Biar klaim asuransi mobil akibat banjir tak ditolak, ketahui syarat dan kriteranya. Berikut cara klaim asuransi mobil yang kena banjir:

  • Asuransi mobil sudah mencakup perluasan jaminan untuk bencana banjir
  • Segera menghubungi pihak asuransi maksimal 72 jam setelah kejadian
  • Tidak memperbaiki sendiri mobil yang kena banjir, tunggu evakuasi datang
  • Besar pertanggungan mobil yang kena banjir sesuai nilai pertanggungan yang disepakati sebelumnya
  • Siapkan dokumen lengkap, seperti nomor polis asuransi mobil atau fokopinya biar mudah klaim

Baca Juga: Penjelasan dan Cara Klaim Asuransi Banjir untuk Mobil

Bebas Cemas Saat Banjir dengan Asuransi Mobil yang Tepat

Asuransi Mobil
Ilustrasi mobil yang terlindungi asuransi

Tahu jenis-jenis manfaat asuransi mobil itu wajib hukumnya bagi yang punya kendaraan roda empat, terutama jika termasuk mobil mahal. Terlebih lagi bila belinya secara kredit.

Jangan sampai cicilan mobil belum lunas, tapi harus rela menghadapi kenyataan mobil rusak karena banjir. Oleh karena itu, ketahui manfaat apa saja yang ada dalam asuransi mobil sebelum menentukan pilihan.

Karena memang tak semua asuransi kendaraan itu mengcover kerugian akibat banjir. Setiap asuransi kendaraan, memiliki fasilitas berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Biasanya diikuti dengan besar premi yang berbeda pula buat mendapatkan fasilitas lengkap atau dibutuhkan.

Jadi, bebas cemas saat banjir dengan asuransi mobil yang tepat. Belum punya asuransi mobil? Buruan asuransikan mobil kesayangan sebelum menyesal. Di mana beli asuransi mobil yang gampang? Tinggal klik, pelajari perlindungan asuransinya, dan pilih di SINI.

Baca Juga: Supaya Mobil Terbakar Aksi Kerusuhan Ditanggung Asuransi, Pilih Jenis Asuransi ini!