Amazon Indonesia Kini Telah Hadir, Kenali Layanannya Berikut Ini

Baru-baru ini, salah satu perusahaan raksasa Amerika, Amazon, telah membuka sebuah kantor di Indonesia. Bukan kantor cabang di bidang bisnis utamanya. Namun, Amazon membangun sebuah kantor pada salah satu unit usahanya yakni Amazon Web Services atau biasa disingkat AWS.

Berdasarkan kutipan dari Data Center Dynamics, rencana pembukaan kantor ini telah dicanangkan oleh Amazon mulai tahun 2018 silam. Jadi, hanya dalam kurun waktu sekitar satu tahun, rencana ekspansi AWS ke Indonesia telah berhasil diwujudkan dan saat ini tengah beroperasi.

Kesepakatan mengenai nominal investasi pembukaan kantor pun telah disepakati oleh pihak Amazon Indonesia dan Pemerintah. Hal ini ditengarai karena pengembangan jangkauan pasar AWS oleh Amazon di Indonesia dirasa memiliki imbas yang positif bagi kedua belah pihak.

Dengan dibukanya kantor layanan Amazon Indonesia, perkembangan perusahaan startup diklaim akan menjadi lebih pesat. Unit bisnis besutan Jeff Bezos ini juga percaya diri bahwa keamanan serta kestabilan akan menjadi lebih terjaga dengan adanya layanan AWS tersebut. Nah, bagi Anda yang masih penasaran tentang apa itu Amazon Web Services dan pengaruhnya terhadap Indonesia, simak penjelasannya berikut ini.

Layanan yang Ditawarkan oleh Amazon Web Services

Amazon Web Services Indonesia

Perkembangan internet dewasa ini memang telah cukup membuat masyarakat lebih melek akan teknologi. Hal ini menyebabkan tak sedikit masyarakat yang melakukan segala sesuatu dengan bantuan internet.

Padahal, semakin banyak pengunjung sebuah situs atau aplikasi online, beban akses yang diterima menjadi lebih berat. Alhasil kecepatan akses pada website ataupun aplikasi tersebut menjadi lebih lambat atau bahkan tidak dapat diakses karena overload. Risiko peretasan juga cenderung lebih besar saat sebuah situs memiliki popularitas yang tinggi.

Kebutuhan akan kecepatan akses serta keamanan situs atau aplikasi inilah yang coba ditawarkan oleh AWS di Indonesia melalui teknologi cloud service atau komputasi awan. AWS percaya bahwa teknologi komputasi awan tersebut dapat membantu perkembangan berbagai aspek kegiatan di Indonesia. Termasuk perusahaan, sektor publik, dan institusi pendidikan.

Tak hanya menawarkan layanan komputasi awan, AWS juga menghadirkan layanan penyimpanan, database, dan jaringan. AWS juga berkomitmen untuk mengenalkan berbagai layanan berteknologi tinggi lainnya, seperti artificial intelligence (AI) hingga machine learning, dalam bentuk layanan pay-as-you-go dan on demand.

Kini, AWS telah beroperasi di Indonesia dan melayani jasa konsultasi bagi perusahaan dari berbagai skala. Mulai dari perusahaan skala startups, bisnis kecil, bisnis menengah, hingga perusahaan enterprise dan public sector berada pada cakupan layanan AWS Indonesia. 

Jadi, bagi Anda yang berminat menggunakan layanan yang ditawarkan oleh AWS atau sekadar ingin mengetahui tentang cara kerjanya, jangan ragu untuk menghubungi pihak AWS Indonesia.  

Baca Juga: Cek Resi Pos Indonesia, Layanan Baru untuk Melacak Kiriman Anda

Keuntungan yang Bisa Didapatkan saat Menggunakan Layanan Komputasi Awan

Amazon Web Services Indonesia

Komputasi awan adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh AWS Indonesia. Berbeda dengan sistem komputasi biasa, ada beragam keunggulan yang bisa Anda dapatkan saat situs atau aplikasi yang Anda kelola menggunakan teknologi tersebut.

1. Kapasitas Menyimpan Data Lebih Besar

Salah satu keunggulan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan sistem komputasi awan adalah kapasitas untuk menyimpan data yang lebih besar. Untuk mendapatkannya pun Anda hanya tinggal memesannya kepada pihak AWS Indonesia saja mengenai besar kapasitas penyimpanan data yang diinginkan. Dengan begitu, pihak AWS Indonesia akan langsung menambah kapasitas penyimpanan data di situs ataupun aplikasi milik Anda.

2. Terdapat Sistem Cloud Service

Selain itu, sistem cloud service juga menjamin keamanan data yang tersimpan pada situs yang Anda kelola. Dengan sistem keamanan ekstra ketat, risiko kebocoran data hampir tidak mungkin terjadi saat menggunakan layanan komputasi awan ini.

Karena menggunakan sistem cloud service, data yang Anda simpan juga akan tetap terjaga dengan baik meski kantor kerja situs atau aplikasi Anda tengah dilanda bencana. Jadi, tidak ada risiko kehilangan data meski bencana telah menghancurkan lokasi perusahaan pengguna dari layanan komputasi awan AWS Indonesia.

3. Lebih Mudah Mengakses Situs

Saat Anda menjadi pengguna layanan komputasi awan, situs Anda akan menjadi lebih mudah diakses oleh pengguna internet. Asalkan berada pada jangkauan data center, pengunjung situs Anda akan tetap bisa mengaksesnya tanpa peduli dimana dan kapan mereka mengunjunginya. 

Dengan begitu, situs atau aplikasi yang Anda kelola akan memiliki traffic pengunjung yang terjaga. 

Nilai Investasi Amazon Indonesia untuk Layanan Web Services

Menaruh harapan yang cukup tinggi pada pembangunan kantor AWS di Indonesia, Amazon berharap dapat memberikan keamanan serta kestabilan pada perkembangan perusahaan startup. Dengan banyaknya perusahaan pada skala tersebut yang mulai bermunculan di Indonesia, Pemerintah Indonesia telah menyetujui investasi Amazon dengan nilai mencapai sekitar 14 triliun Rupiah.

Dengan nilai investasi yang cukup masif tersebut, kerjasama yang dibuat akan berjalan dengan jangka waktu kurang lebih 10 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, Amazon berharap bahwa iklim pertumbuhan perusahaan startup di Indonesia akan menjadi semakin aman dan stabil.

Dengan target pengoperasian infrastruktur yang direncanakan bakal rampung paling cepat pada tahun 2021, Amazon berkomitmen kuat untuk mempercepat transformasi perusahaan yang ada di Indonesia. Dengan risiko keterlambatan target operasi infrastruktur pada awal 2022, pihak AWS tidak segan untuk memberikan nilai investasi 14 triliun Rupiah.

Cabang di Indonesia Merupakan yang Kesembilan di Wilayah Asia Pasifik

Meski bukan yang pertama, namun di Asia Tenggara, Indonesia terpilih menjadi salah satu negara pertama oleh Amazon sebagai destinasi pembangunan kantor AWS ini. Rencananya, kantor AWS Indonesia akan berlokasi di Ibu Kota, DKI Jakarta.

Hal ini menyebabkan Indonesia terpilih sebagai lokasi layanan AWS yang kesembilan di wilayah Asia Pasifik. Sebelumnya, berdasarkan kutipan di CNBC, kantor AWS telah dibuka di Singapura, Tokyo, Beijing, Sydney, Mumbai, dan di tiga wilayah lainnya. 

Hal ini tentu menjadi kesempatan emas bagi perusahaan startup di Indonesia untuk bisa memberikan kualitas pelayanan yang lebih terpadu dengan bantuan dari AWS Indonesia.

Baca Juga: MNC Play, Alternatif Penyedia Layanan Jaringan Internet dan TV Kabel Terbaik

Situs Raksasa yang Menggunakan Layanan Amazon Web Services

Menawarkan layanan web service dengan keunggulan yang cukup beragam membuat Amazon berhasil menggaet beberapa klien dari situs-situs raksasa. Melalui layanan cloud service, AWS mampu membuat Netflix yang awalnya menggunakan data center pribadi hijrah ke layanan AWS.

Salah satu alasan yang membuat Netflix beralih dari penggunaan pusat data sendiri ke AWS adalah anggaran yang dirasa lebih terjangkau. Hal ini membuat Netflix berpikiran bahwa menggunakan layanan AWS akan membuat pengeluaran menjadi lebih kecil ketimbang memasang data center milik mereka sendiri.

Selain Netflix, salah satu situs terbesar dunia di bidang penginapan rumah, AirBnB, juga telah menggunakan layanan yang ditawarkan oleh AWS. Berbeda dengan Netflix yang berpindah menggunakan layanan AWS, AirBnB sejak awal berdiri telah memanfaatkan layanan komputasi awan AWS ini.

Di Indonesia sendiri, pengguna layanan AWS Indonesia juga sudah mulai menjamur. Beberapa situs dan aplikasi online besar dalam negeri seperti Etobee, Gojek, grivy.com, dan Kumparan telah menjadi pelanggan dari layanan AWS tersebut. 

Hal ini membuktikan bahwa layanan yang ditawarkan oleh AWS Indonesia mampu menarik perhatian perusahaan besar di Indonesia dalam memperkuat kualitas situs dan aplikasi yang dikelola.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana untuk memperkuat kecepatan akses dan keamanan situs yang dimiliki, tidak ada salahnya untuk mengajukan kerjasama dengan AWS Indonesia. 

Bagi Anda yang masih ingin mendalami tentang layanan yang ditawarkan oleh AWS Indonesia pun bisa dengan mudah menghubungi pihak yang bersangkutan agar mendapatkan penjelasan yang dibutuhkan. Dengan begitu, keamananan dan kecepatan akses pada situs dan aplikasi yang Anda kelola akan menjadi lebih terjaga.

Sistem Komputasi Awan Membantu Perusahaan untuk Meningkatkan Kualitas Situs yang Dikelola

Sistem komputasi awan yang ditawarkan oleh Amazon Web Services Indonesia membuka kesempatan pada perusahaan dalam negeri untuk bisa menguatkan kualitas keamanan pada situs yang dikelola. 

Kenyamanan pengunjung situs juga akan menjadi lebih terjaga karena sistem cloud service menjamin kecepatan akses yang lebih baik ketimbang sistem yang biasa. Dengan begitu, bukan tidak mungkin perkembangan perusahaan startup yang Anda kelola menjadi lebih pesat.

Baca Juga: Awas! Marak Jual-Beli Data Pribadi, Lindungi dengan 5 Cara ini