Anda Bekerja di Perusahaan yang Tepat Bila Bisa Menjawab Positif Pertanyaan Ini

Kenyamanan dan juga suasana di tempat kerja, akan menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi kualitas pekerjaan dan juga kebahagiaan. Ketika Anda merasa nyaman dan senang saat berada di tempat kerja, maka Anda akan bisa bekerja dengan maksimal dan menghasilkan pekerjaan yang berkualitas tinggi. Hal ini tentu secara langsung akan mempengaruhi kualitas kehidupan, di mana Anda bisa merasa bahagia dan tidak terbebani dengan berbagai hal buruk dan kurang menyenangkan di tempat kerja.

Namun pada kenyataannya, menemukan sebuah tempat kerja yang menyenangkan bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Tidak semua orang beruntung dan bisa mendapatkan tempat kerja seperti ini, di mana sebagian orang memang “terpaksa” bekerja dalam lingkungan yang kurang menyenangkan bagi mereka dan tentunya tidak membuat mereka nyaman ketika berada di sana.

Ini tentu sangat merugikan, mengingat hampir setengah waktu Anda akan dihabiskan di tempat kerja. Jika mendapatkan tempat kerja yang tidak menyenangkan, kemungkinan akan bekerja dengan tertekan dan terbebani sepanjang hari sehingga Anda tidak bisa bekerja dengan maksimal sebagaimana seharusnya.

Capai Kualitas Kerja dengan Lebih Mudah dan Senang

mencapai kualitas kerja
Mencapai Kualitas Kerja via shutterstock.com

Bukan hanya Anda saja, di luar sana ada banyak sekali orang yang tidak menyadari bahwa mereka tidak / kurang bahagia ketika bekerja di tempat kerja mereka saat ini. Hal seperti ini bahkan bisa saja dijalani orang selama bertahun-tahun, atau mungkin sepanjang karir mereka di dunia kerja. Jika iya, coba bayangkan berapa banyak kesempatan dan juga peluang baik yang mereka lewatkan di dalam kehidupan mereka selama ini.

Hal seperti ini patut dihindari sejak awal, setidaknya jika Anda memahami dengan baik apa saja yang masuk ke dalam kriteria tempat kerja yang menyenangkan tersebut. Simak beberapa kriteria berikut ini sebagai bahan pertimbangan Anda atas tempat kerja Anda saat ini:

1. Apa yang Diharapkan Perusahaan dari Saya?

Seberapa paham Anda akan hal ini, terkait dengan kemampuan yang dibutuhkan dan diharapkan oleh perusahaan. Jika Anda mengetahui ini dengan baik, maka sudah pasti akan lebih mudah dalam menjalankan tugas-tugas dan meraih prestasi atas hal tersebut di dalam perusahaan.

 

Baca Juga : Mau Menjadi Karyawan Sukses? Ini Dia Kuncinya

2. Seberapa Baik Materi dan Peralatan Pendukung Kerja Saya?

Ketika bekerja, Anda tentu harus memiliki penguasaan materi yang baik atas pekerjaan yang ditangani, termasuk berbagai peralatan pendukung yang di butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

3. Adakah Kesempatan untuk Menunjukkan Kemampuan Terbaik Setiap Hari?

Anda mungkin karyawan terbaik di antara yang lainnya, namun semua itu tidak akan terlihat oleh atasan dan lingkungan kerja, jika ternyata Anda tidak pernah memiliki kesempatan yang baik untuk menunjukkan hal tersebut kepada mereka.

4. Adakah Pujian / Pengakuan yang Saya Terima dalam 7 Hari Terakhir?

Masih terkait dengan prestasi dan kemampuan dalam bekerja, di mana Anda sesekali tentu ingin dilihat dan dianggap mampu oleh lingkungan kerja, terutama dalam pencapaian tertentu yang tidak seperti biasanya.

5. Apakah Atasan dan Lingkungan Kerja Peduli kepada Saya sebagai Seorang Pribadi?

Selain urusan kantor, Anda tentu memiliki kehidupan pribadi lainnya. Hal inilah yang membuat Anda sesekali membutuhkan teman, sahabat, atau menjadi pendengar yang baik untuk hal-hal di luar urusan kerja tersebut.

6. Adakah Seseorang di Tempat Kerja yang Mendukung Karir Saya?

Semua orang butuh teman dan juga lingkungan yang saling mendukung satu dengan yang lainnya, termasuk dalam perkembangan karir ke depannya. Hal ini biasanya dilakukan oleh rekan atau bahkan atasan yang memiliki perhatian pada perkembangan karir Anda di perusahaan tersebut.

7. Apakah Pendapat dan Ide Saya selama ini Dipertimbangkan?

Tidak hanya bekerja dan bekerja saja, sesekali Anda tentu ingin mengemukakan gagasan serta berbagai pendapat bagi perusahaan. Hal ini menjadi salah satu cara agar bisa mengembangkan diri lebih maksimal dan berkembang bersama orang-orang yang bekerja di sana, tentunya sekaligus dengan perkembangan perusahaan tersebut.

8. Seberapa Penting Pekerjaan Saya bagi Perusahaan?

Tentu akan sangat menyenangkan ketika bekerja dan memberikan kontribusi yang besar bagi perusahaan, di mana pekerjaan menjadi hal yang penting dan dibutuhkan oleh perusahaan tempat bekerja.

Baca Juga : 7 Alasan Pegawai Betah Bekerja Selain Gaji

9. Adakah Rekan Kerja yang Juga Memiliki Komitmen Bersama untuk Memberikan Kualitas Kerja yang Maksimal? 

Saling mendukung dan berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan, akan mempermudah Anda dalam bekerja dan menghasilkan pekerjaan berkualitas di kantor. Ini tentu akan lebih mudah jika dilakukan bersama dengan seseorang di kantor / rekan kerja.

10. Apakah Saya Memiliki Teman Baik di Kantor

Semua orang tentu membutuhkan teman, di mana mereka bisa berbagi dan saling mendukung satu dengan yang lainnya. Hal seperti ini juga patut Anda miliki, agar lingkungan kerja menjadi lebih nyaman dan terasa tidak membosankan.

11. Adakah Saya Membicarakan Progres Kerja Saya kepada Seseorang selama 6 Bulan Terakhir?

Semua orang membutuhkan teman untuk bercerita atau hanya membicarakan tentang kemajuan kerjanya selama ini, termasuk Anda juga. Hal ini akan membantu melihat perkembangan Anda, kemunduran, atau bahkan berbagai hambatan / kendala yang dilalui selama ini di tempat kerja.

12. Apakah Saya Memiliki Peluang Berkembang dan Belajar selama Setahun Belakangan?

Pencapaian Anda di masa yang akan datang, tentu akan sangat dipengaruhi oleh apa yang bisa dipelajari selama beberapa waktu belakangan, termasuk sekarang.

Temukan Tempat Kerja Terbaik

Bekerja akan memberikan sejumlah waktu yang panjang di tempat kerja, sehingga penting untuk memiliki sebuah lingkungan / tempat kerja yang nyaman. Kenali tempat kerja dan pastikan tempat tersebut memenuhi kriteria yang sesuai dengan harapan akan sebuah lingkungan kerja yang sesuai.

Jika telah menemukan tempat kerja yang menyenangkan, maka bekerja bukan lagi sebuah beban, namun menjadi hal yang mudah dan menyenangkan untuk dilakukan.

Baca Juga : 4 Cara Ubah Hari Buruk di Kantor Jadi Menyenangkan