Anti Jadul, Begini 5 Tutorial Hijab Pashmina Modis dan Kekinian

Pashmina merupakan item hijab yang hampir dimiliki setiap para muslimah. Hadirnya pashmina turut menyumbang alternatif para muslimah untuk mendapatkan look yang berbeda dari model hijab yang sudah ada, seperti hijab instan dan juga segi empat.

Berbentuk persegi panjang dan tersedia dengan berbagai jenis bahan, pashmina bisa memberikan tampilan Anda menjadi lebih berbeda, hanya saja dengan mengkreasikan pemakaiannya saja. Selain itu, karena bisa dikenakan baik di situasi kasual maupun formal, pashmina pun kerap menjadi item favorit para hijabers

Nah, bagi hijabers yang ingin tampilan pashmina bisa tampil lebih modern, modis dan kekinian,  ada beberapa cara pakai hijab pashmina yang tepat seperti pada ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber media fashion.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pashmina untuk Pemilik Wajah Bulat

View this post on Instagram

A post shared by Rachel Al-Hakim (@rachelvennya) on

Cara memakai hijab untuk wanita dengan wajah bulat, pashmina yang paling tepat yaitu yang berbahan tipis seperti sifon, bersifat melambai, dan cukup lentur. Karena bahan yang dipilih tidak cukup tebal, maka ada baiknya untuk mengenakan inner sebelum berhijab.

Ketika memakai, tata pashmina sedemikian rupa agar bisa menutupi sebagian wajah, untuk membuat wajah terkesan lebih tirus. Selain itu, hindari menggunakan terlalu banyak aksesoris karena hanya akan membuat wajah terlihat lebih ‘penuh’.

Salah satu rekomendasi style hijab pashmina untuk pemilik wajah bulat yakni kenakan hijab dengan salah satu sisi lebih panjang, lalu  ambil bagian dalam dari sisi yang lebih panjang. Tarik ke arah pelipis di sisi belakang hijab yang lebih pendek, dan sematkan jarum.

Selanjutnya, tarik sisa bagian hijab yang sudah disematkan tadi ke arah kepala bagian belakang atas, dan sematkan lagi jarum. Biarkan ujungnya menjuntai, dan Anda pun bisa mendapatkan look simpel namun tetap manis. 

Satu tips lagi, untuk menyamarkan wajah yang bundar, Anda bisa memilih hijab dengan warna-warna yang cenderung gelap, seperti navy, merah marun, hitam, atau hijau army.

2. Pashmina Simple dan Super Cepat

View this post on Instagram

A post shared by hamidah rachmayanti (@hamidahrachmayanti) on

Bagi Anda yang tidak suka ribet, Anda mungkin akan cocok dengan model pashmina ini. Cara pakainya, tata agar pashmina memiliki salah satu sisi yang lebih panjang. Selanjutnya, cukup bawa sisi pashmina yang lebih pendek ke bagian belakang telinga, lalu sematkan peniti atau jarum pentul. 

Setelah itu, lilitkan bagian pashmina yang lebih panjang seperti ketika Anda mengenakan scarf. Mudah sekali, bukan? Tentunya, untuk menerapkan style ini, Anda bahkan tak perlu waktu lebih dari satu menit. Jadi, ketika dalam keadaan terburu-buru, style ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan 10 Vlogger Hijab Cantik yang Populer di Indonesia

3. Akhiri dengan Simpul

View this post on Instagram

A post shared by AGHNIA 🌙 (@aghniapunjabi) on

Salah satu style berhijab dengan menggunakan pashmina yang populer akhir-akhir ini yaitu yang diakhiri dengan simpul manis. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama, pilih pashmina dengan bahan agak tipis yang cukup lentur. Untuk menerapkan style ini, Anda juga bisa menggunakan inner ninja terlebih dahulu.

Selanjutnya, lipat bagian atas ke dalam, lalu kenakan hijab dengan salah satu sisi lebih panjang. Berikutnya, ambil hijab dengan sisi yang lebih panjang ke bagian belakang atas kepala, dan sematkan jarum pentul. Kemudian, bawa sisanya ke dagu, dan sematkan lagi jarum pentul.

Terakhir, simpulkan sisa dari sisi yang lebih panjang tersebut dengan sisi yang pendek. Nah, mudah sekali, kan?

4. Pashmina Berbahan Licin

pashmina
Pashmina berbahan licin

Walaupun dari segi kenyamanan pashmina dengan bahan licin seperti satin cenderung tidak begitu direkomendasikan, kenyataannya hijab tersebut memberikan hasil yang sangat menawan jika dikenakan pada momen-momen tertentu seperti kondangan.

Salah satu referensi untuk memakainya yakni kenakan hijab dengan salah satu sisi lebih panjang, dan sematkan peniti di bagian dagu. Berikutnya, sembunyikan bagian yang lebih pendek ke belakang bagian yang lebih panjang agar terkesan rapi. Jika sudah beres, bawa sisi hijab yang lebih panjang ke bagian belakang atas kepala, dan sematkan jarum pentul agar tak mudah jatuh. 

Baca Juga: 5 Warna Hijab yang Mudah Dipadukan, Hijabers Wajib Punya!

5. Pashmina yang Menutup Bagian Dada

View this post on Instagram

A post shared by hamidah rachmayanti (@hamidahrachmayanti) on

Untuk mendapatkan penampilan berhijab menutup dada, Anda bisa mencoba tips yang satu ini. Pertama, kenakan inner ninja terlebih dahulu, lalu pakai pashmina dengan salah satu sisi lebih panjang. Selanjutnya, sematkan hijab dengan peniti di bagian dagu

Setelah itu, tarik hijab bagian yang lebih panjang dengan melingkari leher, kemudian letakan ke depan. Akhiri dengan merapihkan pashmina bagian depan sehingga menutupi bagian dada.

Mix and Match yang Tepat Bikin Fashion Tampil Kekinian

Dari selembar pashmina saja, Anda bisa mendapatkan berbagai style yang menarik. Tentunya, Anda pun juga bisa membuat style mengenakan pashmina sesuai dengan kreasi. Namun, agar tampilan fashion bisa terlihat lebih kekinian, jangan lupa juga untuk mix and match busana yang tepat. Jangan khawatir terlihat aneh, yang terpenting Anda memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Dengan begitu, fashion Anda akan menjadi terlihat lebih menarik dan bisa ditiru banyak hijabers lainnya.

Baca Juga: Cara Mulai Usaha Hijab dari Nol