Anti Ribet-Ribet Club, Begini Tips Outfit Hijabers untuk Liburan di Pantai

Sudah memasuki era new normal dari pandemi corona atau Covid-19, kini sudah ada beberapa destinasi wisata yang sudah dibuka baik di Jakarta ataupun di daerah-daerah. Salah satu tempat wisata yang sudah boleh dikunjungi adalah pantai.

Pantai menjadi destinasi wisata yang digemari masyarakat dari segala kalangan usia, apalagi mereka yang tinggal di negara beriklim tropis. Pasalnya, selain menikmati alamnya, masih ada banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai seperti bercengkrama dan bermain bersama orang terdekat, berenang, snorkeling, surfing, dan pastinya hunting foto.

Namun, ada hal yang seringkali menjadi masalah ketika berkunjung ke pantai, yaitu outfit yang dikenakan para wanita khususnya kalangan hijabers. 

Bagi wanita non-hijab pastinya mudah saja, tinggal pakai kaos, celana berbahan ringan yang pendek. Sementara wanita berhijab, bukan hanya baju atasan atau celana saja tapi juga gaya hijabnya. Outfit ini tentunya harus dipertimbangkan dengan matang, agar wanita berhijab bisa menikmati liburan di pantai tanpa harus ribet dengan outfit hijab yang dipakai.

Tak perlu bingung, Cermati.com telah merangkum beberapa tips outfit hijabers yang ingin liburan ke pantai. Simak ulasannya berikut ini!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Coba Pakai Hijab Turban

turban
Pakai hijab turban via tokopedia.com

Berkat semakin populernya influencer yang juga seorang hijaber, kini referensi dalam berhijab pun semakin bervariasi. Salah satu yang kini mulai digemari yaitu gaya hijab turban.

Hijab turban bisa memberikan kesan ringkas pada penampilan. Di samping itu, cara pemakaiannya pun juga sangat mudah. Walaupun Anda belum pernah menggunakannya, cukup buka YouTube, dan Anda pun bisa mendapatkan berbagai referensi tutorial pemakaiannya.

Mengenakan hijab turban ketika berkunjung ke pantai merupakan opsi yang tepat.  Dengan mengenakan style hijab tersebut, Anda pun tak akan dibuat ribet dengan hijab yang berkibar-kibar. Jadinya, penampilan Anda bisa tetap rapi, serta tak perlu repot-repot menatanya setiap sebelum berfoto. 

Saat ini sudah banyak turban instan dengan berbagai macam model, warna dan motif yang diperjual belikan di online shop atau e-commerce. Pemakaiannya pun sangat mudah, yaitu sama seperti pakai topi pada umumnya. Hanga saja, Anda perlu memakai inner atau dalaman hijab agar rambut tidak terlihat.

2. Kenakan Hijab Katun

Selain style, satu hal yang tak kalah penting saat memilih hijab untuk ke pantai yaitu bahannya. Pantai identik dengan tempat yang panas, sehingga tubuh pun memproduksi keringat lebih cepat.

Agar tak membuat rambut lepek dan mengacaukan mood liburan Anda, lebih baik pilih hijab berbahan katun untuk dikenakan. Pemakaian hijab katun jelas bisa membuat keringat terserap lebih baik, sehingga rasa gerah pun bisa diminimalisir. 

Selain hijab, pakaian dengan bahan yang sama juga sangat direkomendasikan untuk liburan ke pantai. Ketika kenyamanan sudah terjamin, liburan pun bisa menyenangkan, bukan?

Baca Juga: 5 Warna Hijab yang Mudah Dipadukan, Hijabers Wajib Punya!

3. Pilih Loose Outfit

pakaian longgar
Pilih loose outfit

Di samping memilih busana dengan bahan katun, satu lagi tips agar tetap nyaman ketika bermain di pantai yaitu pilih loose outfit, atau pakaian yang longgar. Tujuannya yaitu agar sirkulasi udara tidak terganggu, sehingga Anda tidak akan merasa sumpek.

Kelebihan lain dari memilih pakaian longgar ketika mengunjungi pantai yakni bisa mengurangi kemungkinan bentuk tubuh akan terekspos atau terjiplak ketika terkena air laut. Jadi, penampilan Anda pun bisa tetap terlihat pantas.

4. Hindari Pakaian dengan Warna Gelap

Mari sedikit mengingat materi kala duduk di bangku sekolah dasar tentang dasar konduktor dan isolator panas. Perlu untuk diketahui, kain dengan warna-warna terang cenderung bersifat isolator, alias tidak terlalu menyerap panas.

Anda tentu tidak mau kan jika Anda serasa dipanggang ketika liburan ke pantai? Bukannya having fun, Anda justru bisa merasa tak nyaman sehingga menghancurkan mood liburan. Jadi, ketika memutuskan untuk ke pantai, coret pakaian berwarna gelap dari list benda yang wajib dibawa, ya!

Untuk itu, sebisa mungkin pilih pakaian dengan warna cerah agar tak menyengat kulit ketika dikenakan saat bermain di pantai. Selain itu, warna pakaian terang juga lebih eye-catching, sehingga Anda pun bisa mendapatkan hasil foto yang menarik.

Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan 10 Vlogger Hijab Cantik yang Populer di Indonesia

5. Ingin Renang di Pantai? Jangan Lupa Bawa Burkini

burkini
Bawa burnkini

Salah satu fashion item yang identik dengan pantai yaitu bikini. Pakaian yang terdiri dari dua bagian tersebut memang ditujukan khusus untuk bertandang ke pantai. Namun, bagaimana dengan para hijaber?

Tak perlu khawatir! Kini, perkembangan di bidang fashion telah menghadirkan burkini sebagai pakaian pantai maupun renang untuk para hijaber. Didesain khusus agar aurat tertutup namun tetap nyaman ketika digunakan berenang jelas menjadi poin penting mengapa Anda perlu membawa burkini ketika liburan ke pantai.

Ketika mengenakan burkini, Anda tidak perlu khawatir bentuk tubuh akan terekspos. Selain itu, hijab yang merupakan pasangan dari burkini juga sangat mudah untuk dikenakan dan nyaman. Jadi, selain aurat tetap aman, kenyamanan pun juga bisa Anda dapatkan.

Perhatikan Outfit Hijab dengan Baik

Meski ingin menikmati liburan sepuasnya di pantai, akan tetapi jangan sampai Anda yang berhijab mengesampingkan outfit. Pilihlah outfit yang menutup aurat, tapi tetap nyaman dikenakan dan tentunya stylish. Dengan begitu, tampilan ketika di foto pun akan terlihat bagus dan kekinian.

Baca Juga: Gak Sabar Liburan? Catat Daftar Tempat Wisata yang Buka di New Normal