Apa Saja Fakta Menarik dan Mengejutkan dari Sekolah di Korea?

Korea merupakan salah satu negara yang menjadi idola dari banyak orang, termasuk di Indonesia. Banyak dari kita yang mengidolakan korea karena menjadi tempat banyak artis populer baik dari K-POP maupun serial dramanya yang terbaik. Dari sini banyak orang yang suka kepo dengan kehidupan di Korea itu seperti apa.

Dari serial drama Korea atau video lainnya pasti banyak budaya dan hal – hal yang diketahui. Hal ini juga termasuk tentang bagaimana kehidupan sekolah di sana. Lantas, apakah sekolah di negeri Korea sama saja dengan di Indonesia, atau memang seindah drama yang biasa ditonton? 

Nyatanya ada beberapa fakta menarik dan mengejutkan mengenai sekolah di negeri ginseng tersebut. Ada yang menyenangkan ada juga yang membuat kita sedikit kaget, penasaran? Silahkan simak tulisan kami berikut ini

Apa saja fakta menarik dan mengejutkan soal sekolah di negeri Korea yang sudah dikumpulkan cermati.com? Silahkan simak poin berikut:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Lamanya Jam Belajar

lamanya jam belajar

Meski Indonesia tergolong lama jam belajarnya, nyatanya sekolah di Korea itu lebih lama lagi. Jam belajar sekolah di Korea tergolong lebih lama dari sekolah Indonesia. Sebagai gambaran siswa SD sampai SMP korea belajar biasanya dimulai dari jam 7 sampai 4 Sore, bahkan SMA dari jam 8 pagi hingga 10 malam!

Sistem fullday yang lama banget itu tentu sangat menguras tenaga, namun ada alasan dibalik itu. Pemerintah mematok aturan tersebut karena ingin siswanya bisa pintar dan bekerja keras untuk masuk ke Universitas yang ketat. Jadi memang lama dan gila banget ya!

2. Adanya Bimbel Sepulang Sekolah

Meskipun sekolah di sana sudah tergolong lama durasinya, namun nyatanya masih ada les atau bimbel yang juga dilakukan. Bimbel yang disebut dengan Hagwon biasanya dilakukan sepulang sekolah. Biasanya bimbel ini mempelajari kemampuan berbahasa Inggris dan pendidikan tinggi. Beda dengan Indonesia, Hagwon ini sifatnya wajib, apalagi untuk yang kelas akhir (12 atau 9). 

Meski jam sekolahnya sampai larut Hagwon tetap dilaksanakan, baik yang diadakan sekolah ataupun di luar sekolah. Jadi bisa dibayangkan ya, betapa kerasnya sekolah di korea ini.

Baca Juga: Jangan Pusing! Begini Tips Merencanakan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini

3. Apa Mapel yang Diajarkan?

mata pelajaran

Sekolah di Korea hanya mengenal lima mata pelajaran (mapel) utama bertema eksak seperti Matematika dan Sains, sosial seperti mapel Studi Sosial, serta mapel Bahasa Inggris dan juga korea. Di Korea jarang diajar mapel soal keagamaan, hal ini mungkin yang membuat kasus bunuh diri di Korea angkanya termasuk tinggi.

Selain agama yang tidak diajarkan Olahraga juga tidak penting sehingga tak masuk jadi mapel. Hal ini membuat sekolah Korea jarang memiliki fasilitas olahraga yang memadai.

4. Sekolah 6 Hari Fullday

Sekolah di Korea masuk dari hari Senin hingga hari Sabtu. Mirip dengan yang di Indonesia sebenarnya, namun di Korea sekolah sampai sabtu juga tetap fullday sampai sore atau malam, beda dengan Indonesia yang hanya sampai tengah hari. Jadi bisa dibilang waktu mereka dihabiskan untuk sekolah setiap hari.

5. Peran Guru yang Sangat Dihormati

guru

Karena sistem pendidikan yang tergolong berat dan luar biasa, peran guru juga sangat penting di Korea. Hal ini membuat seorang guru sangat dihormati karena menjadi salah satu bagian penting di sistem pendidikan Korea.

Setiap siswa di Korea tentu patuh dengan ucapan gurunya, jadi hampir tidak ada kasus siswa seenaknya dengan guru di Korea seperti di Indonesia akhir – akhir ini.

6. Adanya Ujian Rotasi untuk Guru

Guru di Korea sekalipun memiliki sistem rotasi dan harus menjalani ujian untuk itu. Jika di Indonesia rotasi atau mutasi dilakukan dalam beberapa periode dan tanpa ujian, maka di Korea sedikit berbeda. Rotasi guru dilakukan 5 tahun sekali dan dilakukan dengan ujian, sehingga setiap waktu itu baik guru atau staf akan berganti.

Baca Juga: Makin Canggih! Sekarang Bayar SPP Sekolah Bisa Pakai Gopay, Ini Caranya

7. Disiplin Tinggi dan Keras

disiplin

Selain keras dalam soal waktu dan materi pelajaran, nyatanya kedisiplinan di sekolah Korea tidak kalah kerasnya. Di Korea sistem disiplin sangatlah keras dan terkadang hukuman fisik tidak segan diberikan. Jika hukuman fisik di Indonesia bisa jadi masalah dan viral, maka di Korea hal tersebut adalah biasa.

Meski dikenal keras, hukuman fisik ini nyatanya tidak ditentang oleh para orangtua. Walaupun hukuman fisik sudah jarang diterapkan pada setiap sekolah, namun masih saja ada hal ini.

8. Orangtua yang juga sangat Disiplin dan Tegas Soal Sekolah

orang tua disiplin

Orang tua di Korea untuk urusan sekolah juga tergolong keras karena menuntun anaknya untuk terus belajar dan sekolah. Hal ini karena banyak pandangan masyarakat Korea yang menginginkan setiap anak menjadi dokter atau insinyur, mirip – mirip dengan Indonesia namun yang dilakukan orangtua di korea jauh lebih keras. 

Meski menjadi dokter ataupun insinyur membuat orang merasa wah, namun tak sedikit yang tak bisa menyanggupi tuntutan ini dan berujung pada bunuh diri.

9. Penggunaan English Name pada Nama Siswa

Selain fakta mengejutkan, ada juga fakta unik ini. Banyak dari siswa Korea memakai nama asing menggunakan bahasa Inggris. Tujuannya agar guru mereka, khususnya guru mapel Bahasa Inggris lebih memahami nama mereka.

Sekolah di Korea Ternyata Tidak Seindah di Drama Korea

Dari beberapa fakta mengejutkan tadi, tentu kita patut bersyukur karena sekolah di Indonesia sedikit lebih baik dari sana. Bagi yang suka nonton drama Korea, mungkin bayangan kalian tak seindah kenyataan di sini.

Baca Juga: Kuliah S2 di Luar Negeri Sambil Berkarir? Why Not! Ini 5 Tipsnya Biar Sukses