Anti Ribet, Deretan Aplikasi Traveling Ini Membuat Perjalanan Mudikmu Lebih Mudah

Melakukan perencanaan perjalanan mudik itu gampang-gampang susah. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar perjalanan bisa tetap menyenangkan dan membuat pikiran jadi lebih fresh. Mulai dari transportasi, akomodasi, hingga tiket di tempat tujuan wisata jika ingin sekaligus berlibur.

Untungnya, di era modern seperti sekarang ini semua sudah serba mudah. Kamu tidak lagi perlu repot mengunjungi berbagai lokasi untuk bisa mempersiapkan semua itu. Bahkan, hanya dengan sebuah ponsel, kamu sudah bisa memesan tiket kereta, pesawat, hingga tiket untuk menyaksikan pertunjukan.

Semua kemudahan ini bisa didapatkan karena keberadaan berbagai aplikasi travel online yang terus bermunculan. Beragam aplikasi traveling ini pun tidak hanya memudahkanmu dalam membuat rencana, tetapi terkadang harga yang ditawarkan juga disertai dengan promo dan diskon.

Apalagi musim mudik sudah di depan mata, jangan sampai kamu tidak memiliki aplikasi travel online ini. Berikut 15 aplikasi travel terbaik yang wajib ada di ponselmu.

Baca juga: Cara Mudah Ngumpulin Dana Traveling dengan Cepat

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Aplikasi Traveling yang Wajib Dicoba

loader

Aplikasi Traveling

  1. Trivago

    Aplikasi ini mungkin kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Padahal, Trivago merupakan salah satu aplikasi travel online yang sangat bermanfaat untuk mendapatkan harga hotel yang paling murah. Pasalnya, dengan aplikasi ini kamu bisa membandingkan harga hotel di berbagai situs.

    Jadi, kamu tidak lagi perlu repot untuk membuka dan mengingat harga di setiap aplikasi. Cukup dengan menggunakan Trivago, harga di sejumlah situs bisa dibandingan dengan cepat. Menurut para penggunanya, aplikasi yang didirikan di Jerman ini dapat membantumu mendapatkan hotel dengan harga murah lebih cepat.

  2. Pegipegi

    Aplikasi ini termasuk salah satu yang populer di tanah air. Sebagai aplikasi traveling, ada banyak fitur yang ditawarkan oleh Pegipegi. Mulai dari fitur untuk memesan tiket bus, hotel, kereta api, hingga pesawat.

    Kamu tidak hanya bisa memesan hotel yang ada di Indonesia, loh, aplikasi ini juga terhubung dengan berbagai pilihan hotel internasional. Selain itu, ada ribuan rute kereta api dan penerbangan yang bisa dipesan lewat aplikasi ini.

    Berbagai kemudahan juga ditawarkan oleh Pegipegi untuk para penggunanya. Selain promo yang menggiurkan, proses pembayarannya juga mudah. Kamu bisa memilih berbagai metode seperti kartu kredit hingga transfer bank. Ada juga pilihan paylater yang membuatmu bisa lebih dulu memperoleh tiket dan membayarnya di hari lain.

  3. Tiket.com

    Sebagai salah satu aplikasi travel online terbaik, Tiket.com telah banyak dipercaya masyarakat Indonesia untuk membantu memenuhi kebutuhan perjalanan. Aplikasi ini menyediakan berbagai tiket transportasi mulai dari bus, kereta api, hingga pesawat terbang. Kamu juga bisa menyewa mobil dengan sistem lepas kunci lewat aplikasi ini.

    Tidak hanya soal transportasi, kamu juga bisa memesan hotel, vila, apartemen, hingga berbagai atraksi menarik di lokasi wisata. Tentu saja ada banyak promo dan diskon menarik yang disediakan untuk para pengguna setianya.

    Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah adanya fitur Smart Reschedule, Smart Roundtrip, Smart Refund. Smart Reschedule akan membuatmu lebih mudah untuk menjadwalkan ulang tiket pesawat.

    Sementara itu, Smart Roundtrip akan membuatmu bisa mendapatkan tiket pulang-pergi dengan lebih hemat. Sedangkan Smart Refund akan membuatmu mendapatkan kembali uang yang sudah dibayarkan jika terjadi pembatalan dengan lebih mudah.

  4. Traveloka

    Jika berbicara soal aplikasi travel terbaik, Traveloka pasti menjadi salah satu yang pertama muncul dalam pikiran. Selain karena memang cukup populer di Indonesia, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur yang membuatmu jadi lebih mudah untuk merencanakan liburan.

    Di dalam aplikasi ini, kamu bisa melakukan pemesanan tiket bus, kereta api, serta pesawat. Jika ingin menikmati kota tujuan dengan mobil, Traveloka juga menyediakan fitur untuk menyewa mobil.

    Jika kamu juga tidak ingin repot saat sudah sampai di tempat tujuan, Traveloka juga menyediakan tiket untuk atraksi di lokasi wisata. Ada juga kupon makan yang membuatmu bisa menikmati kuliner dengan lebih hemat di tempat tujuan.

  5. Agoda

    Aplikasi travel online yang juga bisa diandalkan untuk solusi perjalanan yang lebih mudah adalah Agoda. Aplikasi ini akan membantu untuk menemukan tempat menginap yang sesuai dengan isi kantongmu.

    Ada lebih dari 2 juta tempat menginap, termasuk hotel, rumah, villa, hingga apartemen yang disediakan oleh aplikasi ini. Tidak hanya penginapan lokal, saat kamu berkunjung ke luar negeri pun aplikasi ini tetap bisa diandalkan.

  6. Airbnb

    Buat yang hobi bepergian ke luar negeri, Airbnb juga bisa menjadi aplikasi yang memudahkan perjalananmu. Aplikasi ini berfokus untuk menyediakan tempat menginap, terutama homestay.

    Hal yang menarik dari Airbnb adalah kamu bisa mendapatkan pengalaman seperti sedang menginap di rumah kerabat. Sebab, apartemen dan rumah yang disewakan adalah milik penduduk lokal. Pembayarannya juga bisa menggunakan paypal kartu kredit prabayar, atau kartu kredit.

  7. Polarsteps

    Jika kamu tipikal orang yang suka membuat jurnal atau bahkan mungkin seorang travel blogger, aplikasi Polarsteps bisa jadi pilihan tepat. Aplikasi ini akan membantumu mengumpulkan foto serta jejak lokasi yang diambil sesuai dengan data GPS. Berkat aplikasi ini, kamu akan mendapatkan sebuah jurnal traveling yang dilengkapi dengan foto dan peta lokasi.

  8. Accuweather

    Takut cuaca tiba-tiba tidak menentu saat sedang jalan-jalan? Aplikasi Accuweather bisa menjadi pilihan yang pas untuk diandalkan ketika bepergian. Platform ini akan memberitahumu semua hal yang berkaitan dengan perkiraan cuaca.

    Dengan mengetahui prakiraan cuaca selama liburan, tentu kamu bisa lebih siap dalam mengagendakan kegiatan. Misalnya, saat cuaca hujan, kamu bisa menjadwalkan untuk menghabiskan waktu di ruangan tertutup seperti museum.

  9. BMKG

    Jika hanya bepergian di dalam negeri, aplikasi BMKG akan sangat membantu. Selain bisa memberitahu tentang perkiraan cuaca, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi soal tinggi gelombang di perairan Indonesia. Jadi, seandainya berencana pergi ke pantai, kamu sudah bisa bersiap untuk tidak mendekati bibir pantai.

  10. Klook

    Aplikasi ini sangat membantu untuk yang hobi berlibur sambil menikmati berbagai atraksi menarik di luar negeri. Klook akan membantumu untuk memesan beragam paket tur di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Oceania, Eropa, dan Asia.

    Dengan melakukan pemesanan tiket lewat Klook, kamu tidak perlu repot antri. Selain itu, ada banyak promo menarik yang disediakan sehingga bisa lebih hemat saat sedang traveling. Di Indonesia, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memesan tiket wisata di wilayah seperti Yogyakarta, Bintan, Lombok, hingga Bali.

  11. Gojek

    Buat yang solo traveling tetapi tidak bisa menyetir, Gojek bisa menjadi jalan keluar. Aplikasi ini sudah ada di berbagai kota di Indonesia, termasuk juga beberapa negara di Asia Tenggara.

    Di aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa naik ojek motor, tetapi ada juga versi mobilnya. Jadi. seandainya cuaca sedang hujan, kamu bisa lebih aman dengan memilih ojek online mobil. Selain itu, ada juga fitur Gofood yang dapat membantumu menemukan makanan enak di sekitarmu.

  12. Grab

    Serupa dengan Gojek, Grab juga akan memudahkanmu untuk bepergian selama di tempat wisata. Fitur yang ada di aplikasi ini juga tidak berbeda jauh. Mulai dari ojek motor, mobil, hingga Grabfood untuk mencari makanan tersedia di aplikasi ini.

    Tidak hanya di dalam negeri, Grab juga bisa kamu temukan di beberapa negara Asia lainnya. Di Indonesia sendiri, ada fitur Sewa dimana pengguna bisa menyewa kendaraan bersama sopirnya selama beberapa jam tanpa harus bolak-balik memesan.

  13. Google Maps

    Aplikasi ini sangat membantu ketika kamu sedang melakukan traveling. Selain bisa menunjukkan rute yang harus dilewati untuk sampai tujuan, Google Map juga akan membantumu menemukan tempat wisata atau kuliner di sekitarmu.

    Aplikasi ini juga masih bisa digunakan saat tidak ada jaringan asalkan kamu sudah mengunduh rute perjalanan terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga bisa berkontribusi menjadi local guide dengan membagikan foto dan menuliskan review lokasi yang dikunjungi.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Asuransi Saat Traveling atau Studi di Luar Negeri

Pasang Beberapa Aplikasi Traveling Agar Makin Mudah

Ada banyak sekali aplikasi travel online yang bisa diunduh di App Store maupun Play Store. Tetapi, tentu saja kamu tidak perlu untuk mengunduhnya semua. Kamu cukup memasang beberapa aplikasi dengan fungsi berbeda untuk mendapatkan pengalaman perjalanan yang lebih mudah dan menyenangkan.

Misalnya, kamu bisa memasang satu aplikasi pemesanan akomodasi online, aplikasi peta digital, transportasi online, dan juga perkiraan cuaca. Kamu hanya perlu memilih mana yang menurutmu paling mudah dan dapat mengakomodir semua kebutuhanmu.

Karena musim mudik sebentar lagi datang, pastikan kamu sudah mengunduh berbagai aplikasi ini. Dengan begitu, perjalanan mudikmu akan menjadi makin mudah, nyaman, dan aman.

Baca juga: Mau Traveling, Tapi Bingung Pilih Koper dan Tas yang Tepat?