Asuransi Jiwasraya: Ragam Produk, Manfaat, Cara Beli, dan Prosedur Klaimnya

Kesehatan merupakan salah satu hal terpenting yang perlu kita jaga. Jika kesehatan tubuh dan jiwa kita terjaga, menjalani aktivitas harianmu dan keluarga pun menjadi tak terhambat. 

Kamu bisa mulai menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat. Tak hanya itu, tindakan pencegahan pun juga perlu dipersiapkan, salah satunya adalah dengan mulai mengasuransikan kesehatanmu dan keluarga. 

Saat ini, terdapat berbagai layanan asuransi jiwa dan kesehatan yang bisa dipilih, salah satunya seperti PT. Asuransi Jiwasraya.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Sekilas Mengenai Asuransi Jiwasraya

loader

Asuransi Jiwasraya adalah layanan asuransi kesehatan dan jiwa yang berada di bawah naungan PT Asuransi Jiwasraya dan telah berdiri sejak 1859. Asuransi Jiwasraya sendiri merupakan salah satu perusahaan yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Berdasarkan sejarahnya, Asuransi Jiwasraya merupakan asuransi jiwa pertama yang ada di Indonesia. Akan tetapi, pada saat itu Asuransi Jiwasraya masih berada di bawah kepemilikan Belanda. Barulah pada 1960, asuransi tersebut dinasionalisasikan dan pada 1961 dilebur menjadi Perusahaan Negara Asuransi Djiwa Eka Sedjahtera. 

Keunggulan Produk Asuransi Jiwasraya

Kamu dapat mempertimbangkan Asuransi Jiwasraya melalui berbagai keunggulan yang ditawarkannya. Nah, keunggulan tersebut pun dapat berbeda-beda, bergantung pada jenis produk yang dipilih. 

Secara umum, beberapa manfaat dan keunggulan dari Asuransi Jiwasraya adalah sebagai berikut: 

  • Menawarkan produk asuransi dengan masa tanggung panjang, salah satunya adalah produk JS Pro Mapan yang menawarkan masa tanggung hingga usia 99 tahun. 
  • Menghadirkan produk asuransi yang mencakup investasi sekaligus, beberapa produk Jiwasraya telah menghadirkan manfaat dana investasi dengan menginvestasikan uang premi yang dibayarkan. Dengan begitu, premi yang nantinya didapatkan setelah masa tanggung habis dapat lebih banyak. 
  • Menghadirkan proteksi dalam bentuk dana pendidikan anak, manfaat ini tersedia dalam produk asuransi JS Prestasi. 

Baca Juga: Asuransi Cigna - Ragam Produk, Manfaat, Cara Beli, dan Prosedur Klaimnya

Ragam Produk Asuransi Jiwasraya

Salah satu hal yang perlu diketahui sebelum membeli asuransi adalah ragam produk yang ditawarkannya. Asuransi Jiwasraya sendiri menawarkan 2 jenis asuransi, yaitu produk asuransi yang dibayar secara berkala dan sekaligus. Berikut adalah penjelasannya. 

1. Produk Asuransi Jiwasraya Berkala

Produk Jiwasraya Berkala adalah produk asuransi Jiwasraya yang menerapkan sistem pembayaran berkala yang ditagihkan setiap bulannya. Terdapat 3 produk Asuransi Jiwasraya yang menggunakan sistem pembayaran berkala, yaitu JS Pro Mapan, JS Prestasi, dan JS Dana Multi Proteksi Plus. 

Nama Produk

Keterangan Produk

JS Pro Mapan

JS Pro Mapan adalah produk asuransi Jiwasraya yang menerapkan sistem unit link, yaitu sistem asuransi sekaligus investasi. Asuransi ini diperuntukkan bagi tertanggung, pasangan, dan keluarga.

 

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari JS Pro Mapan adalah perlindungan jiwa jika tertanggung meninggal karena sakit ataupun kecelakaan, pelayanan kesehatan untuk penyakit kronis, cacat fisik, rawat inap, dan pembedahan.

JS Prestasi

JS Prestasi adalah produk asuransi Jiwasraya yang menawarkan perlindungan dana pendidikan untuk anak. Dana pendidikan yang ditawarkan pun mencakup untuk jenjang SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.

JS Dana Multi Proteksi Plus

JS Dana Multi Proteksi Plus merupakan produk asuransi yang setingkat lebih tinggi daripada JS Pro Mapan. Produk asuransi ini dikhususkan bagi setiap kepala keluarga. Beberapa proteksi yang disediakan oleh asuransi ini meliputi persiapan dana untuk hari tua, biaya pendidikan dan pernikahan, keperluan darurat, dan tabungan biaya kesehatan.

2. Produk Asuransi Jiwasraya Sekaligus

Selanjutnya, terdapat berbagai produk asuransi Jiwasraya yang menerapkan sistem pembayaran sekaligus. Beberapa produk asuransi yang menerapkan sistem ini meliputi: 

Nama Produk

Keterangan Produk

JS Pro Idaman

JS Pro Idaman merupakan produk asuransi yang mirip dengan JS Pro Mapan. Hanya saja sistem pembayaran yang diterapkan berbeda, yaitu dengan pembayaran premi sekaligus.

JS Optima Assurance

JS Optima Assurance merupakan produk Asuransi Jiwasraya yang memberikan perlindungan asuransi jiwa dengan nilai pertanggung yang besar. Produk asuransi ini menawarkan jangka pertanggung selama 4-5 tahun dengan biaya premi sebesar Rp5.000.000.

Anuitas Ideal

Anuitas Ideal merupakan produk Asuransi Jiwasraya yang cocok untuk perlindungan di hari tua nanti. Beberapa manfaat yang dapat didapatkan dari Anuitas Ideal meliputi jaminan perlindungan hari tua, pensiunan janda atau duda, pensiun yatim-piatu, dan pengembalian sisa dana.

Akan tetapi, saat ini Asuransi Jiwasraya sedang melaksanakan program restrukturisasi yang menghadirkan 3 produk baru, yaitu Restrukturisasi Polis Bancassurance, Restrukturisasi Polis Perorangan, dan Restrukturisasi Polis Korporasi. 

1. Restrukturisasi Polis Bancassurance

Polis Bancassurance merupakan produk polis Jiwasraya yang menawarkan bentuk asuransi melalui bank. Adapun, polis ini menyediakan 3 pilihan rekonstruksi yang bisa dipilih. 

  • Mantap Plus Plan A, pembayaran 100% nilai tunai produk Dana Awal, dicicil selama 15 tahun tanpa bunga dan ditambah asuransi kecelakaan sebesar 25% dari Dana Awal. 
  • Mantap Plus Plan B, pembayaran kurang lebih 71% (haircut + 29%) nilai tunai produk Dana Awal, dicicil selama 15 tahun tanpa bunga dan ditambah asuransi kecelakaan sebesar 25% dari Dana Awal. 
  • Mantap Plus Plan C, pembayaran kurang lebih 69% (haircut + 31%) nilai tunai produk Dana Awal, pembayaran awal 10% paling lambat 3 bulan setelah polis ditransfer ke IFG Life, sisa kurang lebih 59% dicicil selama 5 tahun tanpa bunga dan ditambah asuransi kecelakaan sebesar 25% dari Dana Awal. 

2. Restrukturisasi Polis Perorangan

Bagi yang sudah mengambil asuransi Jiwasraya tipe individu, berikut adalah 3 pilihan rekonstruksi yang bisa dipilih. 

  • Produk JS Tampan, yaitu polis yang diperuntukan untuk nasabah aktif dengan premi berkala. Normalisasi pengembangan sebesar market rate/JIBOR dan pembayaran haircut 5% dari uang tunai Dana Awal. Polis ini tidak dapat dibatalkan selama 3 tahun. Manfaat yang didapatkan sama seperti polis sebelumnya. 
  • Produk JS Mantap, yaitu polis yang diperuntukkan untuk nasabah aktif dengan premi sekaligus. Normalisasi pengembangan sebesar market rate/JIBOR. Manfaat yang didapat bertahap setiap tahun mulai dari 5%, 10%, 20%, 30%, hingga 35% dengan proteksi asuransi kecelakaan sebesar 25% dari dana awal. 
  • Produk JS Anuitas, yaitu polis yang diperuntukkan untuk nasabah anuitas pasif pensiunan. Normalisasi manfaat anuitas bulanan sesuai produk JS Anuitas Restrukturisasi (dengan normalisasi aktif). 

3. Restrukturisasi Polis Korporasi

Nasabah yang sebelumnya mengambil produk asuransi kumpulan dapat mengambil restrukturisasi polis korporasi. Berikut adalah 2 pilihan rekonstruksi yang bisa dipilih. 

  • Produk PHT, yaitu polis yang diperuntukkan bagi pegawai aktif dengan pembayaran sebesar haircut 5% dari nilai tunai. Rekonstruksi ini memberikan normalisasi pengembangan sebesar market rate/JIBOR. 
  • Produk Anuitas Pasif Pensiunan, rekonstruksi ini diperuntukkan bagi pemilik polis kumpulan Jiwasraya yang sudah pensiun. Terdapat 3 kategori normalisasi yang bisa dipilih, yaitu A dengan manfaat top-up premi, manfaat tetap, dan jangka waktu tetap, B dengan manfaat turun dan jangka waktu tetap, dan C dengan manfaat jangka waktu diperpendek dan manfaat tetap. 

Baca Juga: Asuransi Tipe Hospital Cash Plan, Manfaat dan Cara Kerjanya

Cara dan Syarat Beli Asuransi Jiwasraya

loader

Lalu, bagaimana cara membeli Asuransi Jiwasraya itu? Apakah terdapat syarat-syarat tertentu yang wajib dipenuhi? Supaya kita tak bertanya-tanya lagi, berikut adalah cara dan syarat beli asuransi jiwasraya. 

Sebenarnya, Asuransi Jiwasraya memiliki kebijakan persyaratan yang berbeda-beda di setiap produknya. Akan tetapi, secara umum cara membeli Asuransi Jiwasraya adalah sebagai berikut: 

  1. Kenali terlebih dahulu jenis dan produk asuransi supaya tak salah memilih. 
  2. Jika sudah, silakan mengisi formulir pendaftaran. Formulir tersebut dapat diunduh di website resmi mereka ataupun melalui kantor layanannya. 
  3. Lalu, persiapkan juga berkas-berkas persyaratan yang dibutuhkan, seperti KTP, KK, NPWP, foto diri terbaru, dan sebagainya. 
  4. Kemudian, tahapan pendaftaran selanjutnya adalah proposal perhitungan asuransi. Pada tahap ini, pihak Asuransi Jiwasraya akan menghitung keuntungan yang akan nasabah dapatkan dari produk asuransi yang dipilih. Jika mendaftar secara online, kamu dapat menghitung keuntungan polis dengan mengisi data-data yang diperlukan. 
  5. Setelah itu, jika bersedia mengambil polis tersebut, kamu akan diberikan SPAJ (Surat Pengajuan Asuransi Jiwa) yang wajib diisi. 
  6. Setelah data terverifikasi dan pihak asuransi menyetujui pembelian, pihak Asuransi Jiwasraya akan menghubungimu dan kamu dapat langsung membayar premi sesuai dengan ketentuan. 

Cara Klaim Asuransi Jiwasraya

Bagi yang ingin mengajukan klaim Asuransi Jiwasraya, prosesnya pun cukup mudah. Berikut adalah cara klaim Asuransi Jiwasraya yang perlu diketahui: 

  1. Unduh formulir pengajuan klaim Asuransi Jiwasraya berikut ini: https://www.jiwasraya.co.id/sites/default/files/FORMULIR%20PENGAJUAN%20KLAIM%20ASURANSI%20KESEHATAN.pdf 
  2. Isi data diri dan informasi perawatan yang dijalani dengan benar. 
  3. Persiapkan dokumen pendukung berikut ini: 
    • Formulir, 
    • Bukti transaksi di rumah sakit, 
    • Salinan rujukan dari rumah sakit, 
    • Salinan resep dokter, 
    • Bukti pembayaran obat di apotek, 
    • Kwitansi pemeriksaan diagnostik beserta rincian biayanya, 
    • Salinan surat pengantar dari Dokter untuk pemeriksaan diagnostik disertai rinciannya,
    • Surat keterangan tentang pembayaran klaim dari pihak lain, disertai salinan kwitansi biaya perawatan yang sudah dilegalisir, 
    • Rincian biaya perawatan kelas yang menjadi hak jika peserta dirawat di kelas yang lebih tinggi, 
    • Foto rontgen gigi untuk operasi gigi.
  4. Jika seluruh dokumen pendukung sudah lengkap, kamu bisa mengirimkan dokumen tersebut ke Asuransi Jiwasraya melalui email ataupun dengan mendatangi langsung kantornya. 
  5. Setelah itu, pihak asuransi akan memverifikasi datamu. 
  6. Jika pengajuan klaim Asuransi Jiwasraya tersebut disetujui, pihak asuransi akan menghubungimu untuk informasi selanjutnya. 

Miliki Asuransi Jiwasraya untuk Melindungi Kesehatan dan Jiwa

Memiliki asuransi sejak dini merupakan langkah awal yang tepat untuk melindungi diri sendiri dan keluarga. Dengan memiliki asuransi, resiko sakit, kecelakaan, dan kematian pun dapat semakin menurun. 

PT Asuransi Jiwasraya telah menyediakan berbagai produk asuransi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabah. Informasi lengkap seputar manfaat produk, cara klaim asuransi, dan pembeliannya bisa didapatkan melalui website resmi Asuransi Jiwasraya maupun call center mereka. 

Baca Juga: Cara Mencegah Penipuan Asuransi Kesehatan Keluarga