Ayo menabung, Simak Cara Buka Rekening Tabungan Online di Bank BCA

Rekening tabungan, idealnya digunakan hanya untuk menabung saja. Namun kini fungsinya sudah beragam, mulai dari tabungan, sampai transaksi penerimaan atau pembayaran gaji, jual beli dan sebagainya menjadi satu rekening. Untuk memudahkan, jika baru punya 1 rekening, cukup buat rekening satu lagi yang dikhususkan untuk menabung. 

Kalau tidak mau repot datang ke kantor cabang terdekat cukup buka smartphone atau komputer dari rumah dan semuanya bisa dilakukan melalui smartphone tersebut. Seperti daftar akun Facebook, saat ini buka rekening juga bisa dilakukan semudah itu, terlebih bisa dilakukan dimana saja tanpa harus mengantre dan melengkapi persyaratan yang banyak dan merepotkan.

Berikut cara membuka rekening tabungan secara online di bank BCA, lengkap dengan tata cara dan persyaratannya:

Baca Juga : Transaksi Online Anda Makin Mudah dengan 4 Layanan Bank Ini

Cara Membuka Rekening Tabungan Online di Bank BCA melalui Aplikasi BCA Mobile

bca mobile banking

Jika sebelumnya Anda belum pernah memiliki rekening di BCA sebelumnya dan baru ingin membuka, Anda bisa mendownload aplikasi BCA mobile banking terlebih dahulu di play store untuk smartphone Android atau App Store untuk iOS. Dan berikutnya lakukan langkah-langkah berikut:

  • Pada halaman awal aplikasi pilih menu buka rekening baru yang terletak dibawah setelah pilihan menu m-BCA dan BCA klik.
  • Lalu berikutnya ikuti 4 langkah yang di minta oleh aplikasi yaitu:
    • Menyiapkan dokumen yang diminta yaitu e-KTP, tanda tangan, NPWP, dan data diri yang lain (jika ada)
    • Aktifkan data internet untuk kelancaran melakukan langkah berikutnya
    • Melakukan video call dengan salah satu CS bank BCA untuk verifikasi data.
  • Klik buka rekening lalu pilih jenis tabungan BCA yang diinginkan yaitu: Tahapan BCA, Tahapan Xpresid dan Tahapan Gold.
  • Berikutnya klik lanjut dan pilih button kirim untuk mengirim sms verifikasi nomor ponsel yang digunakan untuk mendaftar.
  • Setelah terverifikasi, klik lanjut lagi dan foto semua dokumen yang sudah disiapkan dengan posisi yang sesuai dengan garis bantu yang disediakan oleh aplikasi, dan berikutnya lakukan langkah yang sama untuk foto diri, foto tanda tangan dan foto NPWP.
  • Setelah foto dokumen, berikutnya mengisi data diri dari aplikasi yang biasa ada pada form pembukaan rekening pada umumnya seperti tujuan membuka rekening, nama ibu kandung, status pekerjaan, sumber penghasilan, nama dan alamat kantor dan lain sebagainya.
  • Berikutnya pilih fasilitas produk yang diinginkan, seperti Paspor Platinum, Gold dan Blue. Pilih yang sesuai kebutuhan Anda.
  • Pilih cabang rekening yang terdekat dengan tempat tinggal atau alamat kantor.
  • Konfirmasi data kembali dan berikutnya Verifikasi data langsung dengan CS BCA melalui video call yang hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja.
  • Terakhir, Anda hanya perlu mengaktivasi mobile banking dengan mengklik aktivasi mobile banking setelah selesai verifikasi data CS melalui video call.
  • Buat nomor pin untuk transaksi mobile atau internet banking.
  • Setelah mobile banking aktif, lakukan setoran awal dan pilih metode yang diinginkan, seperti melalui mobile banking, internet banking atau langsung melalui ATM BCA.

Cara Membuka Rekening Tabungan Online di Bank BCA

aplikasi online bca
Aplikasi Online Bank BCA via www.klikbca.com

Untuk memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin menabung,  bank BCA menyediakan Aplikasi Online BCA. Silahkan kunjungi aplikasi online BCA untuk mengetahui informasi terkait produk tabungan yang akan Anda pilih mulai dari produk Tahapan, Tahapan Xpresi, BCA Dollar dan Tapres. Tahapan Xpresi ini dikhususkan untuk para generasi muda yang memiliki semangat menabung. Dengan fitur-fitur yang menarik Tahapan Xpresi cocok untuk generasi muda karena memiliki desain kartu yang unik dan menarik serta praktis karena tanpa buku.

Masih di halaman yang sama di dalam Aplikasi Online BCA, anda dapat memperhatikan baik-baik disana ada beberapa menu. Silahkan pilih menu Pembukaan Rekening. Klik salah satu dari produk tabungan dan Anda akan dibawa ke halaman lain yang menerangkan tentang fitur-fitur produk tabungan yang dimiliki oleh bank BCA.

Sebelum Anda klik tombol Setuju di bagian paling bawah halaman, disana Anda dapat membaca tentang proses pengisian formulir pembukaan rekening. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum Anda mengisi form permohonan pembukaan rekening perorangan, diantara adalah:

  1. Pengisian formulir secara online hanya sebagai sarana untuk memudahkan dalam permohonan pembukaan rekening. Terlepas dari itu pemohon harus tetap datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk melakukan pembukaan rekening.
  2. Setelah Anda melengkapi form pendaftaran, maka anda akan mendapatkan nomor referensi. Nomor referensi tersebut harus dibawa ketika Anda melakukan pembukaan rekening di kantor cabang BCA terdekat.
  3. Pemohon harus sudah benar-benar memahami tentang produk yang dipilih dengan membaca dengan seksama di halaman Aplikasi Online BCA.

Baca Juga : Belanja Seru Sepanjang Tahun dengan Kartu Kredit BCA

Apa Saja yang Harus Diisi di form Pendaftaran Online?

syarat
Persyaratan Pembukaan Rekening Online BCA via www.klikbca.com

Seperti biasanya ketika kita membuka rekening di kantor cabang, untuk mengisi formulir online Anda juga harus mempersiapkan data-data yang diperlukan seperti data kartu identitas, alamat, data pekerjaan dan lain sebagainya. Ada beberapa kolom yang harus anda isi, yaitu:

1. Kolom Pendaftaran

Di bagian ini Anda diminta untuk memasukkan nama, jenis kelamin, identitas yang digunakan untuk daftar (bisa KTP, SIM atau Paspor), nomor hp, dan alamat e-mail.  Alamat e-mail wajib untuk diisi oleh karena itu jika Anda belum mempunyai alamat e-mail atau sudah setengah ingat setengah lupa lebih baik Anda membuat alamat e-mail yang baru. Setelah jadi simpan kata sandinya baik-baik.

Pastikan juga Anda membuat alamat e-mail dengan tiga karakter id atau lebih (misalnya: 12345tyu@gmail.com) karena jika kurang dari tiga ID maka mesin tidak akan meresponnya (seperti 1x@gmail.com). Selain itu pastikan juga bahwa Anda sudah memasukkan nomor identitas dan tanggal kadaluarsa identitas dengan benar. Setelah benar-benar yakin informasi yang Anda masukkan benar, maka klik tombol Selanjutnya.

2. Isi Detil informasi Nasabah

Otomatis setelah Anda masuk ke form berikutnya anda akan mendapatkan nomor referensi. Catat baik-baik karena nomor tersebut nanti akan dibawa ke kantor cabang untuk melanjutkan proses pembukaan buku tabungan.

Di kolom ini ada beberapa informasi yang juga harus anda lengkapi seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, agama, status perkawinan, pendidikan terakhir dan lain sebagainya.

3. Alamat identitas

Di bagian ini isi selengkap mungkin tentang alamat asli Anda. Biasanya ini harus sesuai dengan apa yang tertera di kartu identitas (KTP, SIM atau Paspor).

4. Alamat surat menyurat/email

Untuk alamat surat menyurat Anda bisa memilih dua opsi. Yang pertama, jika Anda menginginkan bahwa surat menyurat tersebut ditujukan di alamat asli, maka Anda tinggal menyamakan dengan alamat identitas.  Jika Anda menginginkan surat menyurat tersebut dikirimkan ke alamat lain (misalnya alamat kantor) Anda tinggal memilih opsi lainnya dan mengisi detail alamat yang Anda harapkan.

5. Data pekerjaan, data kantor/tempat usaha dan alamat kantor/tempat usaha

Di form ini anda akan ditanyakan tentang kepemilikan NPWP. Jika Anda punya silahkan pilih Ya dan jika tidak punya maka pilih Tidak. NPWP ini sangat penting dan apabila Anda punya kesempatan untuk membuat maka buatlah dulu sebelum mengisi form pendaftaran pembukaan rekening tabungan.

Informasi lain yang harus anda isi di bagian ini meliputi data yang terkait dengan pekerjaan, penghasilan dan alamat kantor atau tempat usaha.

Data rekening dan Fasilitas  yang  Diinginkan

Sesuai dengan keinginan Anda membuka rekening, jika Anda ingin membuka rekening tabungan maka pastikan Anda memilih jenis tabungan yang tepat (Tahapan, Tahapan Xpresi, Tapres, BCA Dollar). Ingat jangan sampai salah memilih. Lebih baik anda pelajari terlebih dahulu fitur-fitur yang dimiliki oleh masing-masing produk tabungan tersebut.

Setelah Anda memilih jenis rekening dan tujuan pembukaan rekening, maka selanjutnya adalah memilih bahasa petunjuk yang digunakan di layar ATM. Pilih bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sesuai dengan keinginan.

Form terakhir adalah pilihan fasilitas yang diinginkan. Ada dua pilihan yaitu Internet Banking BCA dan Mobile Banking BCA (m-Banking). Anda bisa memilih salah satu atau kedua-duanya. Untuk memilih silahkan centang checkbox dan isi alamat email untuk internet banking dan isi nomor handphone untuk layanan m-Banking. Setelah itu silahkan klik tombol Lanjutkan dan proses permohonan sudah selesai.

Langkah berikutnya adalah datang ke kantor cabang bank BCA terdekat untuk tahap penyelesaian pembukaan buku tabungan dengan membawa beberapa persyaratan berikut ini:

  1. Nomor referensi yang didapatkan dari mengisi form online
  2. Identitas diri bisa KTP, SIM atau Paspor (bila kartu identitas masih dalam proses perpanjangan, maka pemohon dapat meminta resi perpanjangan dari instansi terkait).
  3. Surat keterangan Domisili*
  • Surat keterangan domisili diperlukan jika: Alamat KTP berbeda daerah dengan alamat kantor cabang BCA tempat membuka rekening.

Untuk berjaga-jaga sebaiknya Anda siapkan uang cash sebesar Rp200 ribu atau Rp300 ribu.

Mudah dan Praktis

Membuka rekening tabungan di bank BCA melalui aplikasi BCA online sangatlah mudah dan praktis. Jika anda menginginkan untuk membuka rekening di bank berbeda caranya kurang lebih sama dengan yang diatas. Jika Anda bingung mulai dari mana lebih baik anda bisa menghubungi call center bank BCA yang ingin Anda tuju atau membaca informasi di website resmi bank.

Baca Juga : Belanja Hemat dengan Kartu Kredit BCA Indomaret