Baru Pertama Kali Mau Ke Luar Negeri? Perhatikan Ini Dulu

Tingginya permintaan dan kebutuhan masyarakat untuk bepergian ke luar negeri, menjadi salah satu perhatian khusus bagi para pelaku bisnis penerbangan di Indonesia. Mereka melihat hal tersebut sebagai sebuah peluang untuk mendatangkan sejumlah keuntungan, maka tak heran jika banyak maskapai penerbangan yang mengupayakan tarif yang lebih terjangkau di dalam layanan yang mereka berikan. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi masyarakat luas, sebab bepergian ke luar negeri bukan lagi menjadi sebuah hal yang sangat mahal. Ini mungkin akan terasa sangat berbeda jika dibandingkan dengan belasan tahun yang lalu, di mana orang akan sangat memperhitungkan sejumlah biaya tiket penerbangan yang terbilang sangat mahal bagi kebanyakan orang.

Harga tiket penerbangan yang terjangkau, bisa saja membuat anda memiliki keinginan untuk berlibur ke luar negeri, mengingat harga tiket ke beberapa negara tetangga bahkan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga tiket ke beberapa wilayah tertentu di Indonesia. Namun meski demikian, bepergian ke luar negeri tentu akan sangat berbeda dengan ketika anda bepergian ke luar kota di Indonesia. Beberapa hal patut anda pertimbangkan, seperti: masalah biaya (kurs), kendala bahasa, tujuan anda ke sana, dan juga berbagai hal lainnya.

Beberapa hal tersebut di atas, wajib anda pertimbangkan sejak awal. Ini semata-mata agar anda tidak mengalami kesulitan ketika berada di negeri orang, terutama bagi anda yang akan bepergian ke luar negeri untuk pertama kalinya. Simak beberapa hal di bawah ini yang patut anda persiapkan ketika akan bepergian ke luar negeri untuk pertama kalinya:

1. Siapkan Paspor (dan Visa Bila Diperlukan)

loader

Paspor via peruri.co.id

 

Paspor merupakan benda wajib untuk anda bawa ketika bepergian ke luar negeri, bahkan anda sudah akan membutuhkannya ketika akan membeli tiket penerbangan yang akan anda gunakan. Penting untuk memiliki paspor sejak awal, artinya anda bisa saja membutuhkannya sewaktu-waktu tanpa rencana yang panjang terlebih dahulu, misalnya jika sewaktu-waktu ada acara kantor atau pesta kerabat atau teman yang diadakan di luar negeri.

Selain paspor, anda juga perlu mengurus visa untuk perjalanan anda, sebab sejumlah negara hanya bisa didatangi dengan menggunakan visa, meskipun beberapa negara membebaskannya bagi warga negara tertentu yang berkunjung ke wilayah mereka. Beberapa negara mungkin mengizinkan anda mengurusnya lewat agen perjalanan, namun untuk yang lainnya anda harus mengurusnya di kantor kedutaan negara yang bersangkutan. Perhatikan juga masa berlaku paspor anda sebelum merencanakan perjalanan ke luar negeri, pastikan masa berlakunya lebih dari 6 bulan lagi ketika tanggal keberangkatan anda tiba.

2. Booking Tiket Pesawat dan Hotel

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mencari tiket pesawat untuk perjalanan anda tersebut, anda bisa melakukan perbandingan pada beberapa maskapai dan menemukan tiket dengan harga termurah. Jangan lupa untuk langsung membeli tiket pulang sekalian, hal ini akan memudahkan anda saat melakukan wawancara dengan pihak imigrasi dan pada saat melakukan pengurusan visa.

Persiapkan juga penginapan anda selama berada di luar negeri, sebab anda akan kesulitan jika mencarinya secara mendadak ketika telah berada di negeri orang nanti. Lakukan pemesanan secara online, pilih hotel yang lokasinya dekat dengan berbagai fasilitas publik, agar anda tidak kesulitan untuk bepergian dengan alat transportasi umum di sana.

3. Tukarkan Uang Anda

loader

Money  Changer via ukintpress.com

 

Tukarkan sejumlah uang anda dengan mata uang yang digunakan di negara tujuan anda, lakukan ini di dalam negeri agar anda tidak dirugikan oleh kurs yang lebih rendah ketika menukarkannya di luar negeri nanti. Selain itu, menukarkan uang di dalam negeri juga akan menghindarkan anda dari aktivitas merepotkan ketika mencari money changer di luar negeri. Bawa jumlah uang yang cukup dan sejumlah US Dollar sebagai cadangan.

Baca Juga: Tips Murah Mudik Dengan Kereta Api dan Bus

4. Kenali Negara Tujuan Anda

Sebelum melakukan perjalanan ke sebuah negara, maka akan sangat baik jika anda memiliki sejumlah informasi yang mencukupi tentang negara tersebut. Hal ini akan membantu anda melakukan berbagai persiapan yang matang bagi perjalanan anda, terutama mengenai pakaian dan juga perlengkapan yang akan anda gunakan selama di sana. Pastikan anda membawa pakaian yang sesuai untuk cuaca dan juga musim di sana, jika anda salah mengantisipasi hal ini, maka bisa saja anda harus mengeluarkan sejumlah dana untuk membeli pakaian baru di sana.

Selain hal tersebut, anda juga perlu mengetahui dengan jelas mengenai berbagai aturan atau ketentuan yang berlaku bagi masyarakat umum di sana. Misalnya: aturan pada saat menggunakan transportasi umum, aturan membuang sampah, dan berbagai kebiasaan setempat lainnya.

5. Hanya Bawa Barang Bawaan yang Penting

loader

Bawa Barang Penting Saja via babiestravellite.com

 

Lakukan persiapan sejak beberapa hari sebelum hari keberangkatan, ini akan memperkecil kemungkinan anda meninggalkan sesuatu yang penting bagi perjalanan anda tersebut. Jangan buru-buru dan siapkan semua kebutuhan anda selama di sana dengan baik. Hindari membawa pakaian yang terlalu banyak, ini justru akan merepotkan dan membuat bagasi anda penuh. Gunakan sepatu yang nyaman dan tidak membuat kaki anda cepat lelah, terutama jika selama di sana anda akan banyak berjalan-jalan. Bawa smartphone atau gadget anda, lengkap dengan powerbank dan juga charger-nya. Jangan lupa membereskan dompet anda, bawa kartu kredit anda yang berlogo Visa atau Mastercard agar semua transaksi bisa berjalan dengan lancar, tinggalkan berbagai kartu yang tidak anda butuhkan selama di sana.

6. Susun Rencana Perjalanan

Sebelum berangkat, maka anda wajib menyusun rencana perjalanan anda selama di sana. Ini akan membuat perjalanan anda menjadi terjadwal dan tidak membosankan. Dapatkan berbagai informasi mengenai objek wisata yang akan anda datangi, serta waktu kunjungan terbaik untuk mendatanginya. Anda juga perlu mengetahui dengan jelas mengenai tiket masuk ke sana, dan juga transportasi yang akan anda gunakan. Datangi tempat-tempat wisata yang berada di satu kawasan atau berdekatan sekaligus, agar tidak boros waktu dan juga biaya.

7. Lengkapi Proses Imigrasi (Keberangkatan)

loader

Proses Imigrasi di Bandara via ttgasia.com

 

Penting untuk melengkapi semua dokumen yang akan anda gunakan selama perjalanan anda, pastikan anda membawa serta semuanya ketika akan berangkat ke luar negeri. Hal ini akan mempermudah anda saat menjalani pemeriksaan di bandara yang dilakukan oleh petugas imigrasi. Jangan lupa mengisi kartu kedatangan anda dan menyimpannya dengan baik hingga hari kepulangan anda kembali ke Indonesia.

Baca juga: 8 Cara Memanfaatkan Hari Minggu dengan Produktif

8. Urus Imigrasi di Negara Tujuan

Sesaat setelah tiba di negara tujuan anda, maka anda akan kembali berurusan dengan petugas imigrasi di bandara tersebut. Biasakan mengantri dengan tertib, agar anda tidak mengalami kesulitan saat menjalani pemeriksaan ini. Petugas hanya akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait dengan kunjungan anda ke negara tersebut, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan selama anda bisa berkomunikasi dengan baik tentunya.

9. Haram Membawa Barang Palsu

loader

Jangan Bawa Palsu via hipwee.com

 

Ada banyak kasus di mana barang-barang palsu menjadi cukup merepotkan ketika dibawa bepergian ke luar negeri. Tas-tas bermerek adalah jenis barang yang banyak sekali dipalsukan dan bahkan banyak sekali digunakan oleh para wanita. Jangan membawanya ketika sedang bepergian ke luar negeri, sebab bisa saja anda mengalami kesulitan karena tas palsu tersebut disita atau bahkan disobek oleh petugas di sana. Anda tentu tidak ingin kerepotan dan menanggung malu akibat kejadian tersebut, bukan?

10. Aktifkan Ponsel Anda

Mungkin anda akan dikenakan sejumlah biaya yang cukup mahal ketika mengaktifkan ponsel anda di luar negeri, jika anda menggunakan nomor (simcard) anda yang dari Indonesia. Beli dan gunakan simcard lokal di negara tujuan anda, karena ini akan jauh lebih murah daripada sejumlah biaya roaming saat menggunakan simcard yang anda bawa. Pastikan anda tetap terhubung dengan keluarga atau kerabat selama bepergian ke luar negeri, sebab kita tidak pernah tahu kejadian apa saja yang mungkin anda alami ketika bepergian ke luar negeri.

Ikuti Aturan dan Siapkan Perjalanan dengan Matang

Selalu ada kata pertama kali untuk semua hal, termasuk bepergian ke luar negeri juga. Apapun alasan kepergian anda, pastikan anda telah melengkapi segala dokumen dan juga kebutuhan anda selama di sana. Buat perencanaan dengan matang, sehingga perjalanan anda bermanfaat dan sesuai dengan tujuan yang anda inginkan.

Baca Juga: 4 Cara Belanja Cerdas Saat Liburan Di Luar Negeri