Begini Cara Memilih Produk Asuransi Kesehatan yang Tepat selama Musim Pandemi

Musim pandemi belum berakhir, bahkan di Indonesia sendiri angka kasus penularan Covid-19 tetap meningkat. Situasi ini pun membuat banyak orang menjadi lebih sadar akan pentingnya menerapkan atau meningkatkan pola hidup gaya sehat.

Tapi tidak hanya gaya hidup sehat saja yang bisa membantu melindungi diri dari virus, produk asuransi yang tepat juga dibutuhkan sebagai tambahan perlindungan Anda.

Memang sekarang sudah banyak penerbit produk asuransi yang dikhususkan untuk menghadapi covid-19. Tapi tetap dalam memilih produk yang tepat baik untuk Anda sendiri dan keluarga ada beberapa tips yang harus diketahui, biar tidak menyesal nantinya.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan dalam membeli produk asuransi yang tepat untuk musim pandemi saat ini:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Membeli saat Kondisi Masih Sehat

membeli asuransi

Ketika Anda sudah memutuskan untuk membeli produk asuransi. Mumpung sedang dalam kondisi sehat, segera lah membeli produk asuransi jangan ketika sedang sakit.

Ketika membeli asuransi kesehatan saat sedang sakit ada kemungkinan ditolak sama pihak asuransi atau biaya premi akan lebih mahal bahkan bisa mencapai 2x lipat atau pengajuan klaim yang bisa ditolak.

2. Membeli Produk Asuransi yang Sesuai Kebutuhan

produk asuransi kesehatan yang tepat

Saat pandemi seperti sekarang ini alangkah lebih baiknya jika membeli asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan saja. Pilih produk asuransi mana yang lebih mengutamakan mengcover biaya pengobatan dan rawat inap. Pilih juga yang memiliki sistem cashless agar lebih praktis.

Baca Juga: COVID-19 Menyebar Luas, 7 Produk Asuransi Ini Cover Risiko Virus Corona

3. Teliti ketika Membaca Polis Asuransi

polis asuransi

Yang paling sering dilewatkan oleh para nasabah asuransi ketika membeli asuransi adalah isi polis asuransinya. Padahal polis asuransi justru harus dibaca sebelum memutuskan membeli produknya. Padahal berdasarkan polis itu mengetahui berbagai kewajiban dan hak sebagai nasabah.

Dengan memahami isi polis, Anda bisa tahu fasilitas yang akan didapatkan dari asuransi bersangkutan, seperti men-cover Covid-19 atau tidak dan apakah cocok sesuai kebutuhan Anda atau tidak.

4. Pilih Perusahaan yang Memiliki Pelayanan Digital

asuransi digital

Karena selama pandemic pengurusan dokumen ke kantor asuransi atau langsung ketemu agen asuransi bisa meningkatkan risiko penularan. Jadi agar lebih aman carilah perusahaan asuransi yang memiliki website resmi atau aplikasi online yang bisa didownload.

5. Pilih Produk yang Berikan Manfaat Santunan

produk asuransi kesehatan

Kalau bisa Anda bisa memilih produk yang bisa juga memberikan manfaat berupa santunan, baik itu santunan harian maupun santunan sekaligus. Manfaat ini sangat penting terutama untuk Anda yang memiliki risiko tinggi tertular virus karena harus bekerja di luar rumah dan harus menggunakan kendaraan umum.

Baca Juga: Covid-19 Masih Mewabah, Lakukan Cara Ini Biar Hemat Biaya Kesehatan

6. Membeli Produk Asuransi Lewat Fintech

membeli produk asuransi kesehatan

Jika produk asuransi yang diinginkan tidak menyediakan layanan digital. Kamu bisa mencari produknya di website financial technology yang juga menjual produk asuransi. Dengan membeli produk asuransi melalui website fintech, pengurusan dokumen bisa dilakukan secara online/digital. Beserta proses lainnya sampai konfirmasi persetujuan pembelian produk asuransi.

Sebagai contoh, Anda bisa membeli asuransi kesehatan via cermati.com dengan cepat dan mudah. Ada banyak informasi dan produk asuransi kesehatan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda dan keluarga.

Pilih Produk Asuransi yang Sesuai Kemampuan Finansial

Selain sesuai kebutuhan, memilih produk asuransi yang sesuai kemampuan finansial Anda juga sama pentingnya. Jangan sampai membeli asuransi dengan premi yang terlalu tinggi untuk Anda tanggung. Apalagi jika pembelian produk asuransi tersebut adalah untuk sekeluarga, karena beban preminya bisa berkali-kali lipat.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan. Pastikan untuk menerapkan social distancing dan physical distancing, rajin mencuci tangan, gunakan sarung tangan dan faceshield jika perlu. Bagi Anda yang harus bepergian dengan kendaraan pribadi jangan lupa untuk mensterilkan kendaraan Anda secara rutin.

Baca Juga: Generasi Z dan Asuransi, Perlu Gak Sih? Simak Manfaat dan Tips Pilih Asuransi yang Cocok