Begini Cara Mulai Bisnis Kuliner Kekinian All You Can Eat untuk Pemula

Bisnis makanan all you can eat (AYCE) menjadi semakin populer beriringan dengan semakin populernya pula drama korea di Indonesia. Budaya memasak daging langsung ditempat dengan berbagai pilihan side dish seperti di drama Korea membuat semakin menjamurnya restaurant AYCE di banyak tempat.

Jika sebelumnya restaurant AYCE hanya berada di mall-mall besar atau di lokasi yang elit dengan harga yang mahal, sekarang kamu bisa menemukan AYCE dibanyak tempat dengan harga yang sangat terjangkau bahkan terkadang dengan rasa makanan yang lebih baik.

Tidak hanya itu, pilihan jenis makanan yang dijadikan menu utama AYCE pun semakin beragam. Jika tadinya hanya buffet, grill dan shabu-shabu saja, sekarang menu AYCE semakin beragam seperti AYCE sushi, ramen, eskrim, yogurt dan masih banyak lagi.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Tips Memulai Bisnis Kuliner AYCE dengan Tepat

loader

Jadi bagaimana, sudah tertarik untuk mencicipi berbisnis kuliner AYCE ini? Kalau iya, sebelum mulai baca tips ini dulu biar bisnis AYCE makin sukses dan lancar:

1. Cari Lokasi yang Strategis

Apapun bisnisnya, lokasi merupakan salah satu penentu terbesar dari kesuksesan sebuah bisnis termasuk bisnis AYCE ini. Untuk bisnis AYCE usahakan lah yg benar-benar terbaik dengan mencari lokasi yang benar-benar di pinggir jalan.

Usahakan lokasi tersebut berdekatan dengan daerah perkantoran atau kampus. Atau bisa juga daerah yang memang sering didatangi buat hung out atau yang memang sudah dikenal sebagai tempat untuk wisata kuliner.

2. Pilih Menu AYCE yang Tepat dengan Vibe dari Lokasi yang Dipilih

loader

Jika lokasi tersebut sudah memiliki banyak restaurant cepat saji atau restaurant AYCE lainnya. Kamu tetap bisa mengusung konsep bisnis AYCE tapi dengan menu yang berbeda. Misalnya, jika sudah ada banyak restaurant cepat saji dengan kategori makanan berat, kamu bisa pilih menu AYCE untuk dessert seperti AYCE eskrim atau yogurt, bisa juga mini cake atau snack-snack lokal.

Selain itu, kamu juga bisa menentukan menentukan menu AYCE berdasarkan restaurant AYCE yang sudah ada sebelumnya di lokasi tempat kamu akan membuka bisnis. Jika restauran AYCE tersebut memiliki menu daging, kamu bisa memilih menu AYCE sushi atau ramen.

3. Menawarkan Berbagai Paket Harga Menarik

Salah satu hal menarik yang bisa menggaet banyak pelanggan adanya berbagai pilihan paket menarik. Misalnya paket harga hanya untuk AYCE grill atau shabu-shabu atau kedua-duanya. Nah, biar tambah beragam lagi, kamu bisa tambahkan paket harga makanan untuk non-AYCE bagi orang-orang yang kurang menikmati konsep makan AYCE yang dibatasi dengan waktu tapi tetap bisa merasakan suasananya.

Misalnya, paket grill dan shabu 1-2 orang atau 3-4 orang dimana kamu menawarkan berapa banyak dan jenis daging untuk paket tersebut beserta topping dan minumannya. Dengan ini, pelanggan menjadi lebih nyaman dalam memilih jenis paket makanan apa yang cocok untuknya.

4. Pilih Menu Side Dish yang Menarik

loader

Ketertarikan utama dari restaurant AYCE bukan hanya pada menu utamanya saja. Tapi juga keberagaman menu pendamping atau side dish yang dimiliki.

Biasanya untuk restaurant AYCE dengan konsep grill dan shabu selain memiliki beragam jenis daging, mereka juga memiliki beberapa menu pendamping seperti nasi, bakso ikan, bakso udang, crab stick, mie, berbagai macam sayur-sayuran, gorengan sampai kimchi.

Kamu bisa mengikutinya atau menambahkan beberapa varian lainnya seperti kulit ayam goreng, ayam karage, sushi, snack lokal, tteoppokki, odeng, eskrim, pudding, panacota atau buah-buahan.

Baca Juga: 6 Tips Memaksimalkan Pinjaman Bank untuk Keperluan Bisnis

5. Pasang Harga yang Sudah Banyak di Pakai

Ada beberapa kategori harga AYCE menurut jenis menunya yaitu:

  • AYCE Grill: 000-Rp100.000
  • Ayce Shabu: Rp80.000- Rp120.000
  • Ayce Grill dan Shabu: Rp99.000 – Rp 180.000
  • Ayce Sushi: Rp150.000 – Rp250.000
  • Ayce Buffet: Rp200.000 – Rp350.000

Harga-harga tersebut adalah harga umum yang biasa digunakan, tapi perlu diketahui harga tersebut belum tentu digunakan oleh setiap restaurant AYCE yang ada. Karena perlu disesuaikan kembali dengan pajak, target konsumen dan lokasinya.  Jadi harga bisa lebih mahal atau lebih murah jika ada promo-promo tertentu.

Jadi pilihlah harga yang sesuai dengan kualitas sajian, service, lokasi dan fasilitas yang restaurant tawarkan di restaurant kamu nantinya.

6. Pilih Batasan Waktu Makan yang Pas

loader

Batasan waktu adalah elemen paling utama dalam konsep bisnis kuliner ayce. Karena batasan waktu yang tepat adalah kunci dari bagus atau tidaknya keuntungan yang bisa kamu peroleh. Pada umumnya restaurant Ayce akan menerapkan batasan waktu mulai dari 90-120 menit. Tapi ada juga yang sampai 2-3 jam.

Hal ini tergantung dari harga dan lokasi juga jenis AYCE. Buffet dan sushi biasanya jenis Ayce yang memberikan rentang waktu makan yang cukup panjang. Sedangkan grill dan shabu biasanya paling sebentar mulai dari 60 menit sampai maksimal 120 menit.

7. Siapkan Paket Menu Take Away, Delivery dan Siap Masak

Memulai bisnis artinya harus siap dengan berbagai perubahan dan harus berani beradaptasi dengan berbagai perubahan dan tren yang ada. Misalnya, di musim pandemi seperti ini membuat orang-orang lebih banyak memilih menu makanan yang bisa di makan dirumah.

Berdasarkan situasi tersebut, artinya kamu harus sudah bisa menyiapkan strategi untuk mengatasinya agar bisnis tetap bisa berjalan dengan lancar, salah satunya dengan berinovasi dengan menu makanan. Jika tadinya hanya menyediakan menu ayce, cobalah untuk membuat menu untuk take away, delivery bahkan frozen untuk bisa dimasak sendiri oleh pelanggan dirumah.

8. Letakan Menu Paling Murah di Display Paling Depan/Dilihat

Salah satu trik bisnis ayce bisa menuai keuntungan adalah bagaimana cara membuat para pelanggan lebih banyak memakan side dish sebanyak-banyaknya sebelum meminta menu utama terus menerus selama batas waktu yang diberikan.

Contohnya, jika kamu membuka bisnis AYCE grill and shabu sebelum mengeluarkan daging dan memanaskan alat grill biasanya pelanggan akan mengambil beberapa side dish untuk menunggu sampai alat masak sudah siap dan daging sudah dikeluarkan.

Nah, karena side dish itu biasanya menu paling murah, usahakan untuk menempatkan side dish di posisi yang paling mudah dilihat pelanggan agar lebih mudah dijangkau dan diambil. Dengan lebih banyak mengambil side dish atau topping dibanding daging, kamu bisa mendapatkan keuntungan karena menu yang lebih murah lebih banyak di konsumsi.

9. Siapkan Alat yang Sederhana tapi Berfungsi dengan Baik

loader

Jika kamu membuka bisnis Ayce untuk target konsumen pekerja dan anak kuliah lokasi dan alat yang disediakan tidak usah terlampau mewah apalagi jika harga yang ditawarkan kisaran Rp90-Rp100 ribu, tidak apa-apa menggunakan alat makan dan masak yang tidak terlalu mewah asalkan berfungsi dengan baik.

Misalnya alat makan seperti gelas, sendok, garpu dan piring tidak harus terbuat dari keramik dan stainless steel terbaik. Cukup beli jenis yang biasa kamu temukan di tempat makan. Untuk alat masaknya kamu cukup membeli kompor gas portable yang biasa saja yang penting tidak mudah rusak.

Karena saat ayce kebanyakan orang lebih berfokus untuk makan dan masak jadi pasti kurang memperhatikan jenis bahan apa dan kualitas seperti apa yang diberikan. Yang penting jaga kebersihan dan pastikan memeriksa dulu setiap alat-alat yang ada sebelum diberikan ke pelanggan.

10. Memiliki Lahan Parkir yang Cukup Luas

Pilihlah lokasi yang setidaknya bisa menampung 2-4 mobil untuk parker. Ini dikarenakan biasanya orang-orang yang ingin makan di restaurant ayce datang dalam jumlah setidaknya 2-5 orang sekali masuk.

Nah, biasanya orang-orang tersebut menggunakan mobil atau motor dalam jumlah lebih dari 2 motor. Jadi, tidak hanya makanan dan harga saja yang bisa menarik pelanggan, akses dan luas lahan parkir juga bisa mempengaruhi.

Baca Juga: Mulai Usaha Sampingan Tapi Tak Punya Modal? Cek Pinjaman Berbasis Syariah Ini

Kisaran Modal Memulai Bisnis Kuliner AYCE

Sebelum menyiapkan modal, tentunya kamu harus mengetahui detail harga bahan makanan, alat makan, alat masak, bangku dan meja yang ingin di sediakan di restaurant agar bisa dengan tepat menyiapkan modal yang sesuai.

Berikut daftar harga alat makan yang biasanya ada pada restaurant AYCE:

  • Garpu/sendok plastik melamin: Rp7000-Rp10.000 per satuan
  • Sumpit plastik melamin: Rp15.000- Rp18.000 per pack (isi 5 pasang)
  • Piring plastik melamin: Rp9000 – Rp15.000 per satuan
  • Piring saji daging plastik melamin: Rp18.000 – Rp25.000 per satuan
  • Set prasmanan stainless steel untuk side dish: Rp210.000 – Rp400.000
  • Capitan makanan stainless steel: Rp15.000 – Rp18.000
  • Sendok sup stainless steel untuk shabu-shabu: Rp16.000 – Rp30.000
  • Freezer box untuk topping: Rp2 juta – Rp5 juta
  • Showcase 2 pintu untuk daging: Rp3 juta – Rp5 juta
  • Water dispenser untuk minuman Rp200.000 – Rp1 juta

Dari daftar alat-alatnya saja kamu setidaknya harus bisa menyiapkan dana, minimal sekitar Rp5 juta. Belum lagi membeli bahan makanan seperti daging, sayuran, frozen topping, minuman, dan bahan makanan lainnya untuk side dish dan sambal/sauce untuk dagingnya. Kira-kira untuk bahan makanan saja kamu bisa menghabiskan sekitar Rp1- 3 juta perharinya.

Jika dihitun-hitung untuk bisnis AYCE setidaknya kamu harus memiliki modal sekitar Rp10 juta diawal dimana biaya tersebut belum biaya sewa tempat dan pegawai belum lagi untuk kejadian tak terduga. Jadi usahakan untuk merencanakan secara matang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memulainya.

Perencanaan yang Matang untuk Bisnis yang Menjanjikan

Tidak semua orang bisa membangun bisnis yang baik jika taunya hanya punya modal yang banyak tanpa perencanaan yang matang, karena itu sama saja membuang-buang uang tanpa tujuan yang jelas.

Nah, biar hal tersebut tidak terjadi, tidak perduli sekecil apa skala bisnis yang akan dimulai, perenacanaan yang matang adalah hal yang wajib dilakukan setiap pebisnis. Agar perencanaan menjadi lebih baik jangan lupa untuk banyak mencari informasi terkait bisnis yang ingin ditekuni agar bisnis memiliki untung yang memuaskan dan berumur panjang.

Baca Juga: Mau Usaha yang Gak Perlu Modal, Tapi Malah Dapat Uang? Cobain Bisnis Ini