Beginilah Cara Membuat Visa Taiwan dengan Mudah

Sebagai negara yang berdekatan dengan Tiongkok, Taiwan memiliki tingkat kepopuleran yang tidak jauh berbeda dengan negara tersebut bagi wisatawan dari seluruh dunia. Bahkan, Taiwan bisa dibilang menjadi salah satu negara Asia yang favorit untuk dikunjungi. 

Tak hanya wisata alam, negara tersebut juga memiliki beragam pilihan destinasi wisata bersejarah dan edukasi yang tentunya cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan segala usia. Variasi tempat wisata tentu secara langsung meningkatkan minat turis dari seluruh dunia untuk berkunjung ke negara dengan julukan Naga Kecil Asia tersebut. 

Belum lagi upaya Pemerintah yang mulai gencar mempromosikan destinasi wisatanya ke masyarakat dunia. Sudah pasti akan ada lebih banyak lagi turis asing yang berdatangan ke Taiwan untuk berlibur atau sekadar ingin merasakan suasana perkotaan yang berbeda.

Berbicara soal liburan ke Taiwan, setiap warga asing yang ingin berkunjung ke negara tersebut tentu diwajibkan untuk memiliki visa, termasuk bagi warga Indonesia. Cukup mudah sebenarnya cara mengurus visa Taiwan Indonesia. Mulai dari berkas yang harus disiapkan hingga tahapannya. 

Untuk itu, agar proses pengajuan visa Taiwan online atau offline berjalan lancar, simak penjelasannya berikut ini.

Kebijakan E-Visa Taiwan bagi Wisatawan Asal Indonesia

Bagi warga Indonesia yang ingin bersinggah ke Taiwan hendaknya bersenang hati karena proses pengurusan visanya lebih mudah dibanding kebanyakan negara lain. Pasalnya, Pemerintah Taiwan mencanangkan kebijakan e-visa yang memudahkan wisatawan asal Indonesia.

Kebijakan e-visa ini bisa dibilang adalah kebijakan eksklusif bagi Indonesia. Pemberian layanan e-visa Taiwan hanya diberikan secara khusus ke 23 negara di seluruh dunia dan Indonesia menjadi salah satu di dalamnya. Jadi, Pemerintah Taiwan seakan mengundang turis asal Indonesia untuk gencar berliburan ke negaranya.

Secara umum, yang membedakan visa Taiwan jenis e-visa dengan yang biasa adalah proses pembuatannya. Jika biasanya pengajuan visa mengharuskan pemohonnya untuk hadir secara langsung ke kantor pembuatan visa, pemohon e-visa tidak dibebani dengan kewajiban tersebut. Melainkan, pembuatan e-visa Taiwan bisa dilakukan secara online yang tentunya lebih fleksibel dan tidak memakan banyak waktu.

Meskipun memiliki cara pengurusan yang jauh lebih praktis, e-visa Taiwan memiliki tingkat legalitas sama persis dengan visa Taiwan biasa. Begitupun dengan fasilitas-fasilitasnya. Jadi, akan sangat disayangkan jika wisatawan Indonesia tidak memanfaatkan kebijakan ini. 

Baca Juga: 12 Tips Ampuh Agar Tidak Bangkrut Setelah Liburan

Pembuatan E-Visa Taiwan Gratis Bagi Pemilik Visa Negara Tertentu

loader

Pada umumnya, warga Indonesia akan mengurus visa Taiwan di TETO atau Taipei Economic & Trade Office. Namun, bagi pemilik visa negara tertentu, pembuatan visa Taiwan bisa dilakukan secara online dan gratis. Visa negara tertentu tersebut adalah visa Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Korea Selatan, Jepang, Selandia Baru, Australia, Schengen, serta Uni Eropa. 

Berikut adalah berkas syarat untuk membuat visa Taiwan online secara gratis bagi pemilik visa negara yang telah disebutkan diatas: 

  • Visa negara tertentu yang masih aktif maupun tidak aktif dalam kurun 10 tahun dari tanggal keberangkatan ke Taiwan.
  • Paspor dengan masa aktif paling sedikit 6 bulan dan masih memiliki halaman visa yang masih kosong.
  • Bukti pembelian tiket pulang-pergi dari Taiwan.
  • Keterangan akomodasi saat di Taiwan.
  • Formulir aplikasi yang bisa diunduh melalui situs National Immigration Agency of Taiwan.

Selain berkas persyaratan yang sederhana, cara pembuatan visa gratis ini juga mudah. Berikut adalah alur pembuatan visa Taiwan bagi warga Indonesia yang memiliki visa negara tertentu tersebut:

  • Mengisi formulir aplikasi secara online di situs immigration.gov.tw
  • Saat mengisi formulir tersebut, pemohon akan diminta untuk memasukkan nomor visa dari negara yang telah disebutkan sebelumnya. 
  • Setelah formulir tersebut terisi, visa online pun siap untuk dicetak dan ditunjukkan kepada petugas imigrasi saat berada di Taiwan.

Visa Taiwan tersebut dapat aktif selama 90 hari dan bisa digunakan oleh pemiliknya pergi ke Taiwan berulang kali. Namun, untuk ketentuan tinggal di sana, pemilik visa jenis ini hanya diperbolehkan selama tidak lebih dari 14 hari pasca tanggal kedatangan. Jadi, cukup praktis bukan membuat visa Taiwan online jenis ini.

Baca Juga: Tips Memilih Tempat Penginapan Ketika Liburan

Berkas yang Harus Disiapkan untuk Mengajukan E-Visa Taiwan

Bagi warga Indonesia yang tidak memiliki visa negara tertentu dapat mengurus e-visa Taiwan secara biasa. Sama halnya dengan pengurusan visa jenis lainnya, pemohon e-visa Taiwan tetap harus menyiapkan beberapa berkas persyaratannya. 

Setiap berkas persyaratan ini tentu memiliki fungsinya masing-masing. Jadi, pastikan semua berkas untuk pengurusan sudah lengkap sebelum mengajukan e-visa Taiwan online. 

Jika diketahui ada berkas yang kurang lengkap, maka hampir dapat dipastikan bahwa pengajuan e-visa Taiwan tidak akan diloloskan. Mau tidak mau pemohon harus mengurus e-visa Taiwan dari awal hingga semua berkas yang diminta terlengkapi. Untuk lebih jelasnya mengenai berkas apa saja yang harus disiapkan saat mengajukan e-visa Taiwan, berikut adalah daftarnya:

1. Bukti Akomodasi atau Bukti Tinggal

Berkas ini adalah bukti mengenai di mana tempat pemohon visa akan tinggal di Taiwan. Sebagai contoh, pemohon dapat menunjukkan surat resmi atau undangan dari pengundang di Taiwan atau sekadar bukti reservasi hotel yang ada di negara tersebut.

2. Surat Undangan Resmi Bagi Para Pebisnis

Bagi wisatawan yang pergi ke Taiwan untuk tujuan berbisnis atau pekerjaan, pemohon diwajibkan untuk melampirkan surat undangan resmi atau invitation letter dari pihak yang mengundang. 

Pastikan bahwa nama institusi atau bukti perwakilan institusi terlihat. Jika dirasa meyakinkan dan penting, bukan tidak mungkin potensi diterimanya e-visa Taiwan akan menjadi lebih tinggi.

3. Bukti Keuangan

Bukti keuangan ini berguna untuk membuktikan bahwa pemohon mampu membiayai kebutuhan hidup sendiri selama berada di Taiwan. Umumnya, pemohon e-visa Taiwan akan melampirkan bank statement atau rekening koran pribadi sebagai berkas bukti keuangan tersebut.

4. Print Out Tiket Pesawat

Sudah melakukan booking tiket pesawat terlebih dahulu dan melampirkannya sebagai berkas persyaratan. 

5. Fotokopi Paspor

Lembar utama paspor yang telah difotokopi perlu dilampirkan. 

6. Pas Foto

Pas foto berukuran foto paspor juga perlu disiapkan dalam bentuk file atau softcopy.  

Adapun beberapa berkas tambahan akan diminta oleh pihak pembuat visa dalam kondisi tertentu. Sebagai contoh, saat membawa anak di bawah umur, pemohon e-visa Taiwan diharuskan untuk menambahkan surat keterangan tertentu. 

Dibandingkan dengan berkas persyaratan visa negara lain, berkas persyaratan e-visa Taiwan di atas tentu jauh lebih sederhana. Namun, jangan sampai ada berkas yang belum disiapkan saat akan mengurus e-visa agar proses pengajuan dapat berjalan dengan lancar dan potensi diterimanya semakin tinggi. 

Pengisian Formulir Pengajuan E-Visa Taiwan

loader

Dalam membuat e-visa Taiwan, pemohon hanya perlu mengisi formulir pengajuannya saja. Formulir aplikasi tersebut wajib diisi karena selain sebagai syarat pengajuan, data dari pemohon e-visa Taiwan juga akan dijelaskan secara rinci melalui formulir tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara mengisi formulir pengajuan e-visa Taiwan:

Hal pertama yang harus diketahui mengenai formulir pengajuan e-visa Taiwan adalah formulir tersebut memiliki 3 bagian. Bagian yang pertama adalah untuk mengisi data diri pemohon. Sedangkan untuk bagian kedua adalah jenis e-visa Taiwan yang diajukan dan bagian ketiga meliputi lama waktu pemrosesan e-visa yang dikehendaki pemohon.

Selain itu, terdapat 3 cara pemrosesan visa Taiwan yaitu:

1. Standar

Untuk yang memilih proses standar, biaya yang dibebankan adalah 79 dolar Taiwan. Proses pembuatan e-visa biasa ini memakan waktu paling lama, yakni 7 hari kerja sejak pertama kali mengajukan. 

2. Rush

Selain proses standar, pemohon e-visa Taiwan juga dapat memilih proses rush. Diproses lebih cepat, pemohon e-visa Taiwan bisa mendapatkan dokumen tersebut paling lama 5 hari kerja. Namun, biaya yang harus dibayarkan juga lebih mahal, yakni 109 dolar Taiwan.

3. Super Rush

Jenis pemrosesan e-visa Taiwan yang terakhir adalah super rush yang dapat dikerjakan hanya dalam 3 hari kerja. Tentunya biaya yang harus dibayarkan pemohon juga lebih mahal, yaitu, 129 dolar Taiwan. 

Setelah memilih jenis pemrosesan e-visa Taiwan, pemohon disarankan untuk memeriksa kembali data yang diisi dalam formulir pengajuan tersebut.

Saat semua informasi yang dicantumkan benar, maka pemohon dapat membayar biaya e-visa Taiwan melalui kartu debit, kredit, ataupun PayPal. Dengan begitu, e-visa Taiwan bisa diambil oleh pemohon sesuai dengan jenis pemrosesan yang dipilih.

E-visa Taiwan memiliki masa aktif hingga 90 hari pasca diterima oleh pemohon. Pemilik e-visa Taiwan juga diperbolehkan untuk singgah di negara tersebut maksimal 30 hari. Jadi, pastikan waktu liburan Anda tidak melebihi batas yang diberikan oleh Pemerintah Taiwan tersebut.

Baca Juga: Beli Asuransi Perjalanan Bisa Online dan Offline, Cek Disini

Dengan Memiliki E-Visa Taiwan, Liburan di Negara Tersebut Sudah Ada di Depan Mata

Walau tidak sepopuler Tiongkok atau negara Asia Timur lainnya, Taiwan ternyata memiliki banyak daya tarik wisata unggulan. Tak ayal banyak wisatawan dunia yang penarasan dan berencana untuk liburan ke negara dengan julukan Naga Kecil Asia tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin bersinggah ke Taiwan, pastikan untuk mengurus kepemilikan visanya terlebih dahulu.