Belanja Online Jadi Aman, Ini 5 Tips Hindari Penipuan Online Shop

Kemudahan dan kenyamanan dari belanja online menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta belanja, terutama mereka yang hanya memiliki waktu terbatas untuk memenuhi hobi ini. Selain itu dengan belanja di online shop baik dari instagram, facebook atau situs belanja online (e-commerce), harga yang ditawarkan juga lebih murah jika dibandingkan dengan harga di toko konvensional. 

Namun di luar semua hal menyenangkan tersebut, belanja online tetap memiliki risiko tersendiri, yaitu rentan terhadap tindak penipuan yang dilakukan para online shop. Hingga sekarang ini, pasti sudah cukup banyak dialami oleh para pecinta belanja online. 

Kerugian yang ditimbulkan bisa dalam berbagai bentuk, mulai dari produk yang tidak sesuai dengan gambar, barang tidak sampai kemudian uangnya tidak dikembalikan, harga yang terlalu mahal, pengembalian barang yang sulit, dan masih banyak lainnya. Apapun bentuk penipuan yang terjadi, hal tersebut tentu menimbulkan kerugian bagi konsumen. 

Penting untuk Anda selalu jeli dan cerdas ketika berbelanja online, apalagi ketika belanja dalam nominal yang cukup besar. Berikut ini ada beberapa cara cerdas yang dapat dilakukan untuk menghindari penipuan online shop, sehingga belanja online menjadi lebih aman.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cek Foto dan Deskripsi Produk 

baju
Cek foto dan deskripsi produk

Belanja online memang mudah dan praktis, namun tetap harus dilakukan dengan hati-hati. Berbeda dengan ketika belanja di toko konvensional, Anda akan menemukan beragam produk dengan lebih mudah dan cepat. Ketika belanja online, akan memiliki tantangan tersendiri, yaitu konsumen harus jeli dalam melihat detail produk. 

Sebelum membeli, pastikan Anda melakukan pengecekan foto dengan cermat. Selain itu, lihat juga deskripsi produk secara detail, seperti: pilihan warna, desain, jenis bahan, ukuran, dan yang lainnya. Hal ini penting, untuk memastikan bahwa produk yang akan dibeli tersebut sudah benar-benar sesuai dengan yang diharapkan. 

2. Cermat dalam Melihat Testimoni

Kumpulan testimoni pelanggan bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk mengambil keputusan. Namun, sekarang ini calon pembeli harus berhati-hati saat membaca testimoni karena banyak online shop yang melakukan kecurangan yaitu dengan membuat testimoni palsu. 

Hal ini bisa dilihat, testimoni tampak kaku dan seolah dipaksakan, sehingga bisa membuat yakin para calon pembeli. Alangkah baiknya, lihatlah testimoni yang juga menyertai foto barang yang telah diterima atau juga saat barang tersebut dipakai.

Baca Juga: Yuk Hemat Saat Belanja Online dengan Cara Ini

3. Cek Harga dan Lakukan Perbandingan

harga
Cek harga dan lakukan perbandingan

Diskon besar dengan berbagai penawaran menarik lainnya menjadi sesuatu yang begitu mudah ditemukan ketika belanja online. Semua ini tentu tampak menarik dan terlihat menguntungkan,tapi jangan percaya sepenuhnya. Penting bagi Anda untuk mengecek harga dan melakukan perbandingan antara e-commerce, sehingga Anda mendapatkan harga terbaik untuk produk yang akan dibeli.

4. Gunakan Jasa Kurir Terbaik

Setiap online shop melalui media sosial dan e-commerce menawarkan beberapa layanan pengiriman yang berbeda-beda. Pelanggan bisa bebas memilih salah satu di antaranya. Pastikan Anda memilih jasa kurir terbaik dan terpercaya untuk setiap pembelanjaan yang dilakukan, sehingga setiap barang yang dibeli bisa tiba dengan aman dan tepat waktu. 

Untuk urusan yang satu ini, Anda bisa mempertimbangkan beberapa poin penting ini: estimasi pengiriman, layanan garansi, kemudahan tracking, dan yang lainnya. Semakin baik layanan kurir, maka akan semakin nyaman juga Anda ketika belanja online.

Baca Juga: Kecanduan Belanja Online, Ini Tanda2nya dan Cara Pencegahannya

5. Pilih E-Commerce Terpercaya

online shop
E-commerce terpercaya

Jangan lupa untuk selalu memilih e-commerce terpercaya, yang menjual berbagai produk terbaik dan melakukan aktivitas belanja dengan mudah dan aman. Situs belanja seperti ini akan membuat aktivitas belanja online Anda menjadi hal yang menyenangkan.

Jadilah Konsumen yang Cerdas

Belanja online bisa memberikan banyak kemudahan bagi Anda. Tapi janganlah jadi konsumen yang lapar mata. Barang terlihat bagus langsung dibeli tanpa melakukan banyak pertimbangan. Pastikan Anda menjadi konsumen yang cerdas dengan tetap jeli dan cermat saat belanja online, sehingga Anda bisa bebas dari berbagai masalah penipuan.

Baca Juga: Tips Atasi Sifat Impulsif Belanja ‘Online’