Biar Berkesan, Ini 7 Kegiatan Merayakan Lebaran di Tengah Pandemi

Lagi-lagi umat muslim di Indonesia harus merayakan hari Raya Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Meski vaksin sudah didistribusikan kepada masyarakat secara bertahap, tapi kasus Covid-19 di tanah air masih terbilang tinggi.

Untuk itu, pemerintah melarang masyarkat melakukan mudik lebaran di tahun ini. Selain untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, larangan mudik yang sudah berlangsung hingga 17 Mei 2021 mendatang ini juga bertujuan menghindari adanya lonjakan kasus virus corona setelah lebaran.

Menjadi tahun ke dua lebaran di tengah pandemi seperti ini tentunya bukan menjadi penghalang bagi kamu untuk merayakan lebaran. Ada kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama keluarga atau kerabat terdeka selama hari libur lebaran. Sebagian kegiatan lebaran ini tentunya diperbolehkan oleh pemerintah.

Penasaran apa saja kegiatan untuk merayakan lebaran 2021? Simak ulasannya berikut ini!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Kegiatan Lebaran 2021 yang Dibolehkan Pemerintah

ibadah
Kegiatan lebaran yang dibolehkan pemerintah

Tak semua kegiatan, tapi pemerintah masih memperbolehkan masyarakat melakukan beberapa kegiatan pada hari lebaran dengan ketentuan tertentu. Beberapa kegiatan di bawah ini sudah tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 07 Tahun 2021. Berikut kegiatannya:

1. Takbiran di Masjid atau Musala

Pemerintah memperbolahkan masyarakat untuk melakukan takbiran di masjid dan musala. Akan tetapi, tidak boleh berkerumunan. Peserta takbiran di masjid atau musola maksimal 10% dari kapasitas tempat. Selain itu, masyarakat yang ikut takbiran juga harus mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

2. Sholat Idul Fitri dengan Ketentuan

Masyarakat bisa melakukan sholat idul fitri di masjid atau musala sekitar tempat tinggal. Agar aman dan terhindar dari paparan virus corona, pemerintah mengeluarkan ketentuan sholat idul fitri yang harus dipatuhi masyarakat, antara lain:

  • Sholat idul fitri boleh dilaksanakan di masjid atau musala yang wilayahnya termasuk daerah zona hijau dan zona kuning Covid-19 sesuai penetapan pihak berwenang.
  • Sholat idul fitri di masjid atau musala atau lapangan dengan protokol kesehatan dengan ketat, mulai dari pengecekan suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan. Koordinasikan dengan pihak terkait.
  • Peserta maksimal 50% dari kapasitas tempat sholat
  • Lansia dan orang sakit atau baru sembuh atau dalam perjalanan disarankan tidak hadir
  • Jemaah tetap pakai masker saat sholat id dan simah khutbah
  • Khutbah Idul Fitri Maksimal 20 menit
  • Usai sholat id, Jemaah hindari jabat tangan atau sentuhan fisik

Baca Juga: Menarik dan Unik, ini 7 Tips Mudah Bikin Kartu Lebaran

Kegiatan Seru Lain untuk Merayakan Lebaran 2021

kegiatan lebaran
Kegiatan seru merayakan lebaran

1. Silaturahmi ke Keluarga atau Kerabat Dekat

Bagi kamu yang memiliki saudara atau kerabat dekat yang tempat tinggalnya tidak jauh dari rumah atau masih satu wilayah atau kota, kamu bisa saling berkunjung untuk silaturahmi. Kegiatan ini juga diperbolehkan oleh pemerintah dan tertuang dalam SE Menteri Agama Nomor 07 Tahun 2021.

Saat ingin berkunjung ke rumah atau kerabat, pastikan kamu merencanakan dengan tepat, mulai dari hari dan jamnya. Hal ini untuk menghindari terjadinya tamu berkumpul dalam satu rumah. Selain itu juga kamu harus mematuhi protokol kesehatan.

2. Pakai Baju Lebaran

Lebaran identik dengan baju baru. Meski di tengah pandemi, membeli baju baru untuk lebaran bukanlah halangan. Sebagian besar masyarakat beli baju baru melalui online, tapi ada juga yang rela pergi ke mall atau pusat belanja fashion.

Bagi kamu yang sudah membeli baju baru, jangan lupa pakai di hari lebaran. Tidak mengapa, jika tidak menyambut tamu karena lagi pandemi. Yang terpenting, kamu dan keluarga bisa merasakan lebaran dengan baju baru.

Jika tidak beli baju baru, kamu juga masih bisa mix and match baju yang lama dengan berbagai gaya fashion. Dengan begitu, tampilan kamu di hari lebaran bisa menjadi lebih fresh.

Baca Juga: Biar Tampilan Tetap Modis, Intip Inspirasi Mix and Match Fashion Lebaran 2021

3. Silaturahmi Online

Dikarenakan pandemi, sebagian masyarakat juga tidak menerima tamu masuk ke dalam rumah. Hal ini bertujuan agar terhindar dari paparan virus corona. Bagi kamu dan keluarga yang menerapkan jaga jarak ini, kamu bisa melakukan silaturahmi online, melalui video call.

Sekarang ini banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk silaturahmi online saat lebaran, antara lain WhatsApp, Google Meet, Zoom dan sebagainya. Pilihlah aplikasi yang memang mudah digunakan dan dimengerti oleh keluarga atau kerabat lain. Selain itu, atur jadwal dengan tepat, agar semua keluarga atau kerebat bisa berkumpul di silaturahmi online.

4. Saling Kirim Hampers

Tidak bisa bertemu saat lebaran, bukan berarti tidak bisa memberikan hal yang berkesan untuk keluarga atau kerabat dekat. Kamu bisa memberikan hampers sehingga lebaran di tengah pandemi ini menjadi lebih berkesan.

Banyak produk yang bisa kamu jadikan hampers lebaran. Selain makanan atau cookies, kamu bisa memilih produk perlengkapan makan (piring, mangkok, sendok, garpu dan lainnya), peralatan sholat (mukena, sajadah, sarung, dan baju koko), dan sebagainya.

Pilihlah hampers yang menurut kamu unik dan tentunya sesuai dengan bujet yang sudah kamu siapkan sebelumnya dan tentukan ekspedisi pengiriman paket yang terpercaya agar hampers tetap dalam kondisi aman hingga tujuan.

5. Maraton Film Islami

Jika sudah berada di waktu luang saat lebaran, kamu bisa mengisinya dengan maraton film yang bertemakan islami atau lebaran. Selain menghibur, film-film bertemakan islami ini tentunya mengandung nilai positif yang bisa diambil dan berguna untuk memperbaiki diri.

Agar maraton film menjadi lebih seru dan asik, ajak keluarga untuk menonton bersama. Jangan lupa sediakan camilan dan minuman kesukaan untuk menemani selama nonton film.

Utamakan Kesehatan dan Saling Memaafkan

Mengadakan acara silaturahmi dengan berkumpul barsama saat lebaran di tengah pandemi ini memang memiliki risiko yang besar terhadap paparan virus penyakit. Sebab, orang yang terlihat sehat saja bisa mengantarkan virus tanpa disadari. Maka dari itu, kamu dan keluarga lebih baik mengutamakan kesehatan dengan merayakan lebaran di rumah dan secara online. Yang terpenting kamu dan keluarga serta kerabat lain saling memaafkan sehingga lebaran tahun ini bisa membawa keberkahan hidup di hari esok dan seterusnya.

Baca Juga: Ingin Sharing Momen Lebaran? Ini Dia Tips Upload Momen Lebaran ke Instagram Biar Tambah Spesial