Biar Cepat Dapat Kerja, Yuk Kenali Diri dan Latihan Tes Kepribadian Lewat 15 Situs Ini

Pelamar kerja harus melewati berbagai tahapan penyeleksian untuk bisa diterima di sebuah perusahaan. Salah satu tahapan yang biasanya dilakukan adalah psikotes atau tes kepribadian yang berguna untuk mengukur potensi kecerdasan, produktivitas, sikap dan sifat calon pelamar.

Sayangnya, pada tahapan ini tak sedikit pelamar kerja yang gagal karena tidak sesuai dengan kriteria kepribadian pekerja yang telah ditentukan oleh setiap perusahaan. Dalam hal ini, artinya setiap pelamar kerja perlu mengenali dirinya terlebih dahulu sebelum mengikuti tes kepribadian pada saat melamar kerja.

Tujuannya, agar Anda bisa mengetahui tipe kepribadian sehingga bisa memperbaiki diri jika ada kelemahan atau memilih perusahaan sesuai dengan kepribadian Anda. Dengan begitu, Anda bisa cepat dapat pekerjaan yang tepat.

Untuk melakukan tes kepribadian pra-kerja ini, caranya sangat mudah. Manfaatkan situs-situs tes kepribadian yang kini sudah banyak tersebar di internet, sehingga bisa dilakukan secara mandiri dari rumah saja dan kapan saja. Menyoal biaya tak perlu khawatir, sebab situs tes kepribadian ini gratis.

Berikut beberapa situs tes kepribadian online pilihan Cermati.com yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Psychologytoday

psikotes
Psycholog today via psychologytoday.com

Bagi Anda yang belum mengenal penuh menyoal diri sendiri, Anda bisa mencoba tes kepribadian secara online melalui situs psychologytoday. Pada situs ini, Anda akan mengetahui apakah diri Anda termasuk golongan yang introvert atau ekstrovet.

Selain itu, Anda akan melihat berapa skor IQ dan EQ, mengetahui kemampuan entrepreneurship, leadership, social skills dan lainnya.

2. 16 Personalities

Tes kepribadian di situs 16 personalities akan memberikan Anda gambaran mulai dari cara berpikir, energi, nature, taktics dan identitas. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kualitas hubungan dengan keluarga, teman, hingga kerabat kerja.

Di situs yang dikenal oleh Carl Jung dan Myers-Briggs ini juga akan memberikan penilaian Anda mengetahui kekuatan yang dimiliki dan memberitahu apa saja kelebihan yang dimiliki tanpa disadari.

3. Crystal Knows

Pada situs Crystal Knows, Anda akan melakukan tes kepribadian secara online dan hasilnya juga cepat. Psikotes ini dibagi manjadi 4 tipe, yaitu dominance unfluence, submission dan compliance. Dari hasil tesnya nanti akan memberitahukan, Anda berada di tipe kepribadian yang mana dan bagaimana ciri perilaku individu Anda.

4. Eysenck Personality Inventory

Eysenck personality investory merupakan situs yang memberikan berbagai pertanyaan kepribadian dengan jawaban Ya dan Tidak. Hasilnya tesnya nanti bisa mengukur dua dimensi kepribadian, yaitu extraversion-introversion dan neuroticism-stability.

5. Who am I?

Pada situs Who am I? ini bukan pertanyaan, melainkan Anda akan disuruh memilih salah satu gambar yang paling disukai dari beberapa gambar yang disediakan. Dari gambar yang dipilih, hasilnya akan memberitahu Anda mengenai karakter diri secara keseluruhan. Tes kepribadian dengan cara seperti ini tentunya akan lebih menyenangkan.

6. EQ Test Goleman

psikotes
EQ test Goleman via arealme.com

Situs EQ Test Goleman ini dirancang oleh Daniel Goleman yang merupakan seorang psikolog dan jurnalis. Tes kepribadian disitus ini berupa berbagai pertanyaan dalam bentuk studi kasus yang hasilnya akan memberitahukan kecerdasan emosional Anda.

7. My Next Move ONET Interests Profiler

Tes kepribadian melalui situs My Next Move ONET Interests Profiler ini, Anda akan diarahkan ke jalur karir apa saja yang sesuai dengan minat tersebut. Bukan hanya itu saja, setelah Anda mengetahui jalur karir, Anda akann diberitahu persiapan apa saja yang pelu dilakukan untuk menjalani karir tersebut.

Baca Juga: Tips Membangun Karier Cemerlang Berdasarkan Tipe Kepribadian

8. Hexaco Personality

Tes kepribadian Hexaco Personality akan membagi tipe kepribadian, antara lain honesty-humility, emotionally, extraversion, agreeableness, conscientiousness, dan openness to experience.

9. Test Color

Test color akan meminta Anda mengurutkan warna dari yang paling disuka sampai yang tidak disuka. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan kepemimpinan, manajemen dan imajinasi yang ada pada diri Anda

10. Interpersonal Skills Self-Assessment

psikotes
Interpersonal Skills Self-Assessment via skillsyouneed.com

Tes kepribadian di situs Interpersonal Skills Self-Assessment mencakup beberapa komponen besar mulai dari kemampuan dalam komunikasi verbal, mendengarkan, kerja sama tim hingga kecerdasan emosional.

Selain itu, dari hasil tes, situs ini juga akan memberikan Anda gambaran seberapa jauh Anda memahami perkembangan kemampuan interpersonal dan are mana saja yang perlu ditingkatkan.

11. Sokanu

Tes kepribadian melalui Sokanu akan memberikan penilaian karir mulai dari kepribadian, latar belakang, minat dan tujuan untuk menentukan jalur karir. Ditambah lagi, situs ini juga akan memberitahu Anda mengenai rencana karir.

12. See My Personality

See My Personality merupakan situs tes kepribadian yang memberikan berbagai macam tes pilihan. Misalnya saja tes IQ yang menunjukkan skor kecerdasan. Selain itu, Anda akan mengetahui, bagaimana kinerja otak, apakah selalu menggunakan otak kiri atau kanan.

13. Instutite for Health of Human Potential

Instutite for Health of Human Potential memberikan tes kepribadian yang meminta Anda untuk menilai pernyataan dengan memberikan jawaban setuju atau tidak. Dari hasil tes ini, Anda akan mengetahui bagaimana perilaku Anda dengan orang lain atau saat bekerja, menyelesaikan masalah.

Baca Juga: 4 Tipe Kepribadian dalam Mengelola Keuangan

14. Psych Central

PsychCentral menyediakan beberapa tes yang lebih mengarah pada kepribadian dan persoalan klinis. Hasilnya akan memberikan Anda gambaran mengetahui mood, kecemasan, OCD, gangguan makan, atau procrastination; dll.

15. iPersonic.net

psikoter
Ipersonic via ipersonic.netkar

iPersonic dikembangkan oleh psikolog. Felicitas Heyne, pengembang dan pendiri tes kepribadian iPersonic adalah psikolog terkenal dan penulis buku. Heyne adalah anggota afiliasi internasional American Psychological Association (APA).

Anda akan diminta untuk melakukan tes kepribadian selama 60 detik untuk mengetahui berbagai tipe kepribadian, mulai dari idealis, pemikir, realis, sosial dan masih banyak lainnya.

Siapkan Diri untuk Karir yang Cemerlang

Dengan mengetahui bagaimana penilaian tentang diri Anda, maka setidaknya Anda bisa tahu sisi baik dan buruk yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa mempertahankan sisi baik dari kepribadian Anda dan memperbaiki sisi buruk. Hal ini tentunya, Akan membuat Anda lebih mudah mempersiapkan diri untuk menggapai karir yang cemerlang.

Baca Juga: Ini Contoh Soal dan Tips Menjawab Soal Psikotest Biar Lulus Tes Seleksi Kerja