Biar Gak Ribet, Begini Cara Packing Saat Solo Travelling

Bepergian dengan barang-barang pribadi yang lengkap memang perlu, apalagi untuk perjalanan dalam waktu yang panjang. Tapi barang-barang ini seringkali justru merepotkan, sebab harus bepergian dengan koper yang berukuran besar.

Bukan hanya itu saja, barang bawaan yang banyak juga bisa membuat Anda kelebihan bagasi di pesawat. Jika sudah begini, Anda tentu akan dikenakan biaya bagasi tambahan, bukan?

Membawa barang yang tepat dalam satu tas saja, Anda akan lebih leluasa dan nyaman selama bepergian. Anda bisa memilih barang-barang yang perlu saja dan membawanya sebagai pelengkap perjalanan.

Sedangkan untuk berbagai barang yang tidak begitu penting, akan sangat baik jika tidak usah dibawa saja. Selain lebih simpel dan praktis, perjalanan dengan satu tas seperti ini akan membuat Anda lebih nyaman dan tenang.

Anda tak perlu kesulitan untuk mengawasi beberapa tas yang berbeda, apalagi jika akan melakukan perjalanan ke beberapa destinasi sekaligus. Tidak perlu khawatir, satu tas seperti ini juga bisa memuat semua barang yang dibutuhkan dalam perjalanan nanti, selama kamu bisa mengatasinya dengan cara yang tepat.

Jadi, bebaskan diri dari keribetan saat solo travelling dengan cara packing seperti berikut ini sebagaimana dikutip dari Cermati.com:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Rencanakan Perjalanan dan Buat Daftar Barang Bawaan

membuat daftar bawaan

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah merencanakan perjalanan yang akan dilakukan. Berapa lama Anda akan bepergian dan apa saja aktifitas yang akan dilakukan nanti di sana?

Semua ini akan membantu Anda melihat dengan jelas apa saja yang akan Anda butuhkan dalam perjalanan tersebut, termasuk berapa banyak pakaian yang harus dibawa. Mulailah susun list barang apa saja yang akan dibutuhkan.

Sehingga Anda akan lebih mudah menyesuaikan dan menyiapkannya dengan baik. Susunlah barang bawaan Anda berdasarkan list ini, agar tidak melewatkan dan meninggalkan satu barang pun ketika berangkat nanti.

2. Bawa Pakaian Multi Fungsi

  pakaian multifungsi

Pilih dan bawa pakaian yang multi fungsi dalam perjalanan ini, di mana Anda bisa melakukan padu padan dengan mudah dan cepat. Membawa bawahan dalam warna-warna netral adalah pilihan yang tepat.

Sebab Anda bisa memasangkan bawahan seperti ini dengan atasan warna apa saja. Melalui padu padan yang seperti ini, penampilan Anda akan tetap menarik dan rapi selama bepergian nanti, meskipun tidak membawa terlalu banyak pakaian.

Baca Juga:  Tips Liburan Aman dan Tetap Asik di Era New Normal

3. Andalkan ‘Smartphone’ Anda untuk Menghemat Bagasi

memanfaatkan fitur smartphone saat traveling

Perjalanan dengan membawa kamera, buku-buku bacaan dan juga buku panduan serta peta mungkin akan menyenangkan. Namun semua benda ini bisa membuat barang bawaan Anda menjadi banyak dan menyita ruang di dalam tas.

Hindari hal ini jika Anda ingin bepergian nyaman dengan barang bawaan yang tidak terlalu banyak, siapkan smartphone Anda untuk perjalanan ini. Cobalah mengunduh berbagai aplikasi yang kamu butuhkan, seperti: buku bacaan, peta, game, dan yang lainnya sebelum berangkat.

Berbagai aplikasi ini akan membuat perjalanan tetap nyaman dan tenang, tanpa perlu membawa berbagai barang yang merepotkan. Kalau bawa banyak barang yang tak terlalu dibutuhkan, bukannya bersenang-senang saat travelling, tapi Anda akan kecapekan tentunya.

4. Jangan Gunakan Koper Beroda

menggunakan backpack

Koper beroda mungkin akan mudah dibawa dan terasa lebih praktis selama dalam perjalanan. Namun koper seperti ini akan lebih berat dan hanya bisa memuat sedikit barang, sebab Anda harus mengikuti berat bagasi yang ditentukan pesawat.

Jika Anda ingin membawa lebih banyak barang, maka memilih koper tanpa roda yang lebih ringan adalah keputusan yang tepat.

5. Pakai Kotak ‘Packing’

travel kits

Kotak packing merupakan benda terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membuat barang bawaan jadi lebih rapi dan mudah diatur. Dengan benda ini Anda bisa menyusun semua barang dengan lebih mudah dan menempatkan semuanya secara terpisah berdasarkan jenisnya.

Anda bisa membuat perjalanan menjadi menyenangkan dengan kotak ini. Sebab Anda bisa menemukan semua barang bawaan dengan lebih mudah dan cepat.

Baca Juga: 12 Tips Ampuh Agar Tidak Bangkrut Setelah Liburan

6. Bawa ‘Toiletries’ Berukuran Kecil

bawa toiletries berukuran kecil  

Hindari untuk membawa ukuran yang besar, sebab ini akan membuat barang bawaan Anda menjadi berat dan menyita banyak ruang di dalam tas. Bawalah toiletries ukuran travel size saja, sehingga Anda bisa bepergian dengan nyaman tanpa barang bawaan yang berat. 

7. Pilih Hotel yang Menyediakan Layanan ‘Laundry’

laundry

Memilih hotel yang memiliki layanan laundry juga akan membantu Anda mengurangi barang bawaan ketika bepergian. Anda tidak perlu membawa banyak baju-baju, sebab bisa menggunakan layanan laundry hotel untuk mencuci pakaian kotor.

Selain praktis, ini akan membuat perjalanan Anda nyaman dengan pakaian bersih sepanjang waktu. Tentu saja, menggunakan pakaian bersih akan membuat badan terasa nyaman dan bikin percaya diri juga, bukan?

Bepergian Nyaman dengan Satu Tas Saja

Bepergian dengan banyak barang akan terasa merepotkan dan membuat perjalanan menjadi kurang nyaman. Hindari hal ini dengan cara membawa satu tas saja, di mana Anda bisa mengemas seluruh barang yang dibutuhkan di dalamnya. Packing barang Anda dengan cara yang tepat dan nikmati perjalanan nyaman dengan barang bawaan simpel dalam satu tas saja.

Baca Juga: Tips Liburan di Rumah Anti Bosan dengan Keluarga