Biar Kerja Lancar, ini 9 Aplikasi Andalan Selama Work From Home

Di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, pemerintah tidak hanya menganjurkan untuk menjaga jarak (social distancing), tapi juga menetapkan kebijakan untuk work from home (WFH). Bagi kebanyakan pekerja, kebijakan WFH tentu menimbulkan sedikit perubahan gaya hidup.

Biasanya, berangkat kantor setiap pagi, bertatap muka dengan klien, dan sebagainya. Kini, menyelesaikan tugas kantor, bertemu klien dan lainnya di rumah lewat online. Nah, agar semua pekerjaan bisa selesai dengan baik dan lancar walaupun di rumah, berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda andalkan selama WFH yang telah Cermati.com kumpulkan dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Whatsapp

whatsapp
Whatsapp

Aplikasi berkirim pesan instan seperti Whatsapp ternyata cukup membantu selama WFH. Ditambah dengan hadirnya fitur video call dengan resolusi yang berkualitas membuat proses memonitori kerja karyawan pun semakin mudah. Secara keseluruhan, aplikasi dan fitur yang ada di dalamnya sangat mudah digunakan.

Selain melalui aplikasi, Whatsapp juga tersedia dalam versi website. Jadi, dapat membuat Anda lebih fokus bekerja karena tidak perlu bolak-balik lihat handphone untuk keep in touch dengan bos dan rekan kerja. 

2. Google Hangout Meet

Jika dibandingkan dengan Whatsapp, maka Google Hangout Meet jauh lebih gampang digunakan. Anda tidak harus menginstal aplikasinya untuk bisa mengakses fitur Hangout. Cukup dengan log in di satu alamat email yang disediakan oleh Google, maka Hangout pun bisa langsung diakses.

Selain berkirim pesan, Google Hangout Meet mendukung fitur video call dengan jumlah orang yang lebih banyak. Sangat cocok untuk perusahaan besar yang ingin mengakomodir karyawan secara sekaligus.

3. Zoom

zoom
Zoom

Ingin mempresentasikan hasil kerja secara real time kepada bos dan klien? Aplikasi Zoom ini sangat bisa diandalkan, apalagi dengan daya tampung yang besar yaitu 1000 orang. Anda juga bisa membuat meeting atau video conference di Zoom, sehingga Anda tidak akan pernah melewatkan apapun. Aplikasi ini hadir dengan kualitas video dan audio yang baik, menjadikan aktivitas WFH lancar total. 

Anda bisa menambahkan personel di Zoom melalui nomor telepon atau email. Sayangnya, Anda harus membayar sebesar $14.99 / bulan untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan berganti level.

Baca Juga: Anti Tekor, ini Provider Paket Internet Murah Selama Belajar dan Kerja di Rumah

4. Slack

Bagi Anda yang belum menemukan aplikasi WFH yang tepat, bisa coba Slack. Aplikasi ini hadir dengan fitur voice maupun video call yang pas untuk menunjang aktivitas kerja dari rumah. Menariknya lagi, Slack memungkinkan Anda untuk membuat banyak grup kerja sekaligus. Jadi ada grup untuk semua karyawan, grup per divisi, grup untuk proyek, maupun grup untuk rekan-rekan kerja terdekatmu.

Satu yang tak kalah menarik, yaitu Slack sudah terhubung dengan beberapa aplikasi Google lainnya, seperti Google Calendar, Google Drive, Dropbox, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini bisa diakses secara gratis, namun akan dikenakan biaya tambahan untuk mengakses fitur yang lebih lengkap.

5. GoToMeeting

go to meeting
Go to meeting

Bagi yang ingin mengadakan rapat berskala besar, aplikasi GoToMeeting patut dicoba. Aplikasi ini memberi kebebasan untuk berbicara selama conference dengan daya tampung sebanyak 3000 orang, lengkap dengan fitur-fitur menarik yang akan membuat rapat berjalan dengan sempurna.

Aplikasi GoToMeeting bisa diakses langsung dari telepon pintarmu. Cukup unduh aplikasinya di App Store atau Play Store, sehingga Anda bisa menikmati segala kemudahan yang ditawarkan aplikasi ini selama work from home.

Baca Juga: Lagi Nganggur saat Corona? 6 Perusahaan Ini Buka Lowongan Kerja

6. Discord

Discord merupakan aplikasi wajib bagi para gamers, namun juga bisa berguna untuk pekerja seperti Anda. Aplikasi ini menawarkan kualitas audio yang cukup baik, sehingga akan memudahkan komunikasi Anda dengan rekan-rekan kerja saat kerja dari rumah. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur lain, seperti berkirim pesan atau video call.

Discord bisa jadi alternatif terbaik untuk Anda yang sedang mencari aplikasi komunikasi terbaik. Apalagi aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, jadi cukup menguntungkan untuk juga lagi menghemat pengeluaran saat work from home.

7. Skype

skype
Skype

Berkirim pesan atau tatap muka secara online juga bisa dilakukan di Skype, lho! Kehadiran aplikasi ini pastinya akan memudahkan kerja dari rumah, karena memang fitur yang ada pada aplikasi ini sangat user-friendly. Cukup dengan mengetik nomor telepon di aplikasi, maka Anda bisa berbicara dengan bos atau rekan kerja seputar tugas kantor.

Jika ingin menikmati fitur yang lebih oke lagi, Anda bisa upgrade ke akun premium. Tapi kalau kebutuhanmu hanya untuk komunikasi biasa, maka akun gratis saja sudah cukup membantu untuk work from home, kok.

8. Google Sheets

Aplikasi pengolah angka seperti Microsoft Excel sangat dibutuhkan hampir oleh semua perusahaan, baik yang skalanya besar, sedang, maupun kecil. Sayangnya, Ms. Excel tidak mendukung adanya monitoring kerja dari komputer lain, kecuali dari komputer orang yang bersangkutan. Untungnya ada Google Sheet hadir sebagai penyelamat saat kerja di rumah.

Google Sheet memungkinkan Anda untuk melakukan pemantauan kerja, bahkan pengeditan melalui link yang dibagikan. Selama link tidak bersifat privat, siapapun bisa mengakses link tersebut secara berulang-ulang, kapan dan di mana saja.

9. Hadir

Bagi yang gak mau ribet membuat absensi secara manual, Anda bisa mengandalkan aplikasi Hadirr untuk hasil instan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur GPS yang memudahkan siapapun untuk melakukan pelacakan tempat bekerja dengan hasil yang cukup akurat.

Dengan aplikasi ini, baik bos, Anda, dan rekan kerja tidak perlu takut bila ada karyawan yang tidak bekerja saat di rumah. Aplikasi ini siap membantu untuk melakukan pemantauan secara online, tanpa harus menjumpai orangnya secara langsung.

Produktif Selama Work From Home

Meski kerja dari rumah, jangan membuat produktif kerja Anda menjadi menurun karena terbatasnya fasilitas. Manfaatkan dengan semaksimal mungkin aplikasi-aplikasi di atas atau lainnya untuk menunjang kerja di rumah. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan tugas kantor, meeting dengan klien atau atasan dengan baik.

Baca Juga: Kerja di Rumah? Ini 7 Langkah Cerdas untuk Tetap Fokus