Biar Kinerja Tetap Bagus, Ini 5 Tips Bekerja Nyaman dan Produktif dari Rumah

Pandemi membawa banyak perubahan dalam hidup kita, termasuk dalam urusan pekerjaan. Jika kamu termasuk orang yang kini harus bekerja dari rumah, maka kamu tentu sudah cukup terbiasa dengan rutinitas tersebut. 

Kondisi seperti ini sudah berlangsung cukup lama, dimana sebagian besar perusahaan menerapkan sistem Work From Home (WFH) bagi para karyawannya. Pada awalnya hal ini tampak menyenangkan dan akan membuat rutinitas kerja menjadi lebih santai.

Tidak semua orang bisa produktif saat WFH, kerja dari rumah seperti ini justru terasa melelahkan untuk sebagian orang. Hal ini dipengaruhi banyak hal, mulai dari suasana yang membosankan hingga sulitnya membagi waktu dan bekerja secara profesional sebagaimana ketika bekerja di kantor. 

Sementara di lain sisi, berbagai tugas dari kantor tetap harus selesai dengan baik dan sesuai deadline. Pastikan kamu memiliki cara yang tepat untuk bisa tetap produktif saat bekerja dari rumah. Hal ini penting, agar semua pekerjaan bisa selesai dengan baik dan tepat waktu. 

Terapkan beberapa tips simpel berikut ini, agar bekerja dari rumah tetap nyaman dan profesional:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Susun jadwal yang tepat

loader
Susun jadwal yang tepat

Saat bekerja di rumah kamu tentu tidak akan berada dalam pengawasan atasan, sehingga lebih leluasa dalam mengerjakan berbagai tugasmu. Namun jangan terlalu santai, sebab hal ini justru bisa membuat kamu tidak produktif dan berbagai tugasmu terbengkalai. Biasakan untuk membuat jadwal kerja yang tepat, di mana kamu benar-benar bisa fokus bekerja tanpa gangguan apapun.

Mulailah harimu sebagaimana ketika kamu bekerja di kantor dan tetaplah bangun pagi. Kamu bisa melakukan rutinitas harian secara normal, mulai dari olahraga ringan hingga sarapan untuk memulai hari. Mulai pekerjaanmu di waktu yang tepat dan ikuti jadwal yang sudah kamu susun secara disiplin. Hal ini akan memungkinkan kamu menyelesaikan seluruh tugas dengan baik dan tepat waktu.

2. Hindari untuk menunda-nunda pekerjaan

Waktu yang fleksibel saat bekerja dari rumah memang kerap menjadi godaan tersendiri. Kamu mungkin saja merasa lebih bebas dan santai, sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan kapan saja. 

Namun ini sangat beresiko menimbulkan masalah, bahkan pekerjaanmu juga bisa saja menjadi menumpuk tanpa terselesaikan dengan tepat waktu.

Jangan biasakan untuk menunda-nunda pekerjaan, bahkan yang paling mudah sekalipun. Kamu harus menyelesaikan setiap pekerjaan dengan secepat mungkin dan selalu tepat waktu. 

Berikan seluruh waktu dan perhatianmu seperti ketika bekerja di kantor, agar semua pekerjaan yang dikirimkan atasan bisa selesai dengan baik dan sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Biar Gak Berantakan, Begini Cara Seimbangkan Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi Selama WFH

3. Buat tempat kerjamu senyaman mungkin

loader Buat tempat kerja senyaman

Suasana kantor mungkin tidak akan bisa kamu nikmati selama beberapa waktu ke depan. Namun meski begitu, kamu bisa mencoba untuk menciptakan suasana yang mirip dengan kantor selama bekerja di rumah. Pilihlah area yang tepat untuk bekerja, di mana kamu bisa merasa nyaman dan tenang. 

Cobalah untuk menata meja kerjamu dengan baik, sehingga lebih menarik dan membuat kamu semangat untuk bekerja. Kamu bisa memilih beberapa hiasan atau foto untuk mempercantik area kerjamu, termasuk menempatkan tanaman hias yang bisa membuat suasana lebih segar. 

4. Ciptakan suasana tenang dan bebas gangguan

Suasana rumah tentu akan sangat berbeda dengan kantor, apalagi jika rumah kamu cukup ramai. Namun jika ingin sukses bekerja dari rumah, maka pastikan kamu bisa menciptakan suasana lingkungan kerja yang tenang dan bebas gangguan. Atur jam kerja kamu dengan baik dan buatlah itu bebas gangguan. 

Kamu harus membiasakan diri untuk memisahkan urusan pekerjaan dengan urusan rumah. Bekerjalah dengan profesional, sebagaimana layaknya ketika kamu bekerja di kantor. Matikan gadgetmu selama bekerja, agar kamu bisa fokus dan menyelesaikan seluruh tugas dengan tepat waktu. Hal ini akan membantu kamu tetap produktif dan bebas stres selama bekerja.

Baca Juga: 8 Hotel Ini Beri Promo Work From Hotel Buat Usir Jenuh Akibat PSBB

5. Istirahat yang cukup dan tetap jaga kesehatan

Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan, meskipun kamu hanya bekerja dari rumah saja. Tetap terapkan gaya hidup sehat dan pola makan teratur, agar kamu selalu fit sepanjang waktu. Selain itu, atur juga jam istirahatmu dengan tepat dan cukup setiap harinya. 

Saat kamu sudah kelelahan, tidak perlu memaksakan diri untuk tetap melanjutkan pekerjaan. Cobalah istirahat sejenak dan kendurkan kembali otot-ototmu. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar teras selama beberapa saat atau bahkan menikmati secangkir kopi dengan santai. Lakukan hal yang dapat membuat kamu kembali fresh dan siap untuk menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik.

Tetap Produktif Meski Bekerja dari Rumah

Jika kamu termasuk orang yang kini harus bekerja dari rumah, maka pastikan kamu sudah memiliki jurus yang jitu untuk tetap produktif. Kamu perlu menjaga pola kerja dan juga mengatur jadwal dengan tepat sejak awal. Semua ini akan memungkinkan kamu tetap bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik, meskipun hanya bekerja dari rumah saja.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Produktifitas ketika Work From Home saat New Normal