Biar Makin Mahir, Yuk Belajar Coding Online di 5 Website Pilihan ini

Seiring berkembangnya teknologi yang semakin maju, kini coding menjadi salah satu keahlian yang banyak dibutuhkan. Tidak hanya untuk mendapatkan pekerjaan saja, coding juga dibutuhkan secara pribadi jika ingin membangun sebuah website atau sebuah aplikasi smartphone milik pribadi.

Keuntungannya, kamu bisa melakukan pengelolaan website atau aplikasi tanpa perlu menggunakan jasa pengembang. Tentu saja itu akan sangat menguntungkan karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat tinggi untuk membayar jasa pengembang.

Selain itu jika memiliki keahlian coding, kamu juga bisa mengeksplorasi fitur dari website dan aplikasi secara lebih luas sehingga bisa lebih bagus dan sesuai keinginan. Biar keahlian coding makin mahir, saat ini juga bisa didapatkan dengan lebih mudah tanpa perlu mengikuti perkuliahan ataupun pelatihan, yaitu belajar coding online di beberapa website pilihan berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

BitDegree

bitdegree https://www.bitdegree.org/

BitDegree merupakan website pertama yang bisa Kamu jadikan tempat untuk belajar coding secara online. Ada cukup banyak kursus gratis yang ditawarkan oleh platform berbasis blockchain ini, termasuk dengan pemrograman atau coding

Tidak hanya pemrograman website saja, kamu juga bisa belajar pemrograman lainnya, salah satunya yaitu game. Kursus untuk belajar game development ini lebih dikenal dengan nama gamification.

Sebelum memulai kursus, kamu harus mendaftar terlebih dahulu dan memilih bahasa yang akan digunakan. Beberapa bahasa yang tersedia diantaranya yaitu Inggris, Indonesia, Spanyol, Rusia, dan Portugis. Setelah itu, pilih skill programming yang ingin dipelajari.

Tidak hanya materi saja, platform ini juga menyediakan achievement and reward untuk mereka yang sudah selesai menyelesaikan kursus. Capaian tersebut tentu saja memberikan keuntungan tersendiri untuk kamu yang mendapatkannya.

Baca Juga: Bukan Cuma Programmer, ada 9 Peluang Karir IT Lainnya yang Bisa Ditekuni

Codewars

Codewars https://www.codewars.com/

Codewars merupakan platform kursus online yang cukup unik karena tantangan yang ada di dalamnya terinspirasi dari seni bela diri. Setiap tantangan pada Codewars menggunakan istilah yang terdapat pada seni bela diri asal Jepang yaitu Judo.

Tujuan dari penamaan tersebut yaitu agar kemampuan dan keahlian dari penggunanya lebih tajam pada bahasa pemrograman tertentu. Selain itu, hasil akhirnya nanti dapat dipakai untuk mempelajari kode yang baru dari awal lagi. Ketika berhasil menyelesaikan tantangan, kamu pasti akan lebih semangat untuk menyelesaikan tantangan selanjutnya.

Dari tantangan-tantangan tersebut, kamu bisa melihat perbandingan solusi milikmu maupun pengguna lainnya. Dengan begitu, kamu akan menggali lebih dalam beragam teknik berbeda untuk mengatasi sebuah masalah yang berkaitan dengan development.

Code Academy

code academy https://www.codecademy.com/

Code Academy merupakan platform yang sangat populer dengan pengguna sebanyak 24 juta orang lebih. Kamu bisa belajar berbagai macam tingkatan ilmu secara gratis, mulai dari pemrograman untuk pemula hingga pemrograman tingkat lanjut.

Kelebihan dari platform ini yaitu metode pembelajaran yang digunakan cukup interaktif sehingga penggunanya akan lebih paham terhadap materi yang diberikan. Kamu tidak hanya akan mendapatkan segudang materi yang harus dipelajari sendiri, namun juga akan ada pengaplikasian secara langsung terhadap materi yang telah dipelajari tersebut. 

Konten mengenai coding memiliki kuota waktu selama 300 juta jam, jadi kamu yang masih pemula maupun yang sudah berpengalaman bisa memanfaatkannya untuk belajar. Beberapa bahasa pemrograman yang tersedia diantaranya yaitu JavaScript, HTML, JQuery, Ruby, PHP, CSS, dan Python.

Baca Juga: Tips Belajar Pemrograman dan Cara Mendapat Pekerjaan dalam Waktu 6 Bulan

Free Code Camp

free code camp https://www.freecodecamp.org/

Berbeda dengan kebanyakan platform untuk belajar coding online yang hanya memberikan tutorial, platform ini menawarkan real-life communication. Selain itu, ada komunitas tersendiri untuk belajar mengenai bahasa pemrograman yang diinginkan secara langsung. Kamu juga bisa berpartisipasi secara aktif dalam beragam challenge yang ada.

Sebelum mencoba menyelesaikan sebuah challenge atau tantangan yang Kamu ikuti, Free Code Camp akan memberikan akses untuk mempelajari tutorial dan materi yang tersedia. Setelah mempelajari tutorial dan materi yang diberikan maka kamu lebih mudah untuk menyelesaikan challenge. Semakin banyak challenge yang diikuti maka akan semakin banyak ilmu dan pengetahuan yang kamu dapatkan.

Code School

code school https://www.pluralsight.com/codeschool

Code School merupakan website belajar coding online gratis maupun berbayar terakhir yang bisa kamu pilih. Website ini terbilang cukup populer dengan pengguna sebanyak satu juta orang lebih dari berbagai belahan dunia. Platform ini memiliki metode dan sistem pembelajaran khusus dengan bahasa pemrograman yang bisa dipilih. 

Bahasa pemrograman yang tersedia diantaranya yaitu PHP, HTML, CSS, Ruby, JavaScript, Elixir, Phyton, Database, hingga iOS. Sementara tahapan pembelajarannya yaitu pemilihan jalur kursus online dan mempelajari materi, berlatih coding dengan browser, menyelesaikan setiap level dengan reward berupa poin, dan mengukur hasil dengan memonitor progres maupun capaian.  

Pilih Belajar Coding yang Menarik

Mengingat coding bukanlah keahlian yang mudah, maka kamu perlu serius dalam belajar coding. Namun, biar belajar coding mengasyikan, kamu perlu memilih belajar coding dengan cara yang menarik. Hal ini perlu agar kamu tidak mudah bosan.

Baca Juga: Sukses Berkat Coding, CEO CoderBunnyz Samaira Mehta Berbagi Resep Sukses