Biaya Kuliah yang Harus Kamu Persiapkan, Ini Rinciannya

Lagi bingung mau kuliah di mana? Tenang, di Indonesia banyak universitas negeri dan swasta yang bisa kamu pilih setelah tamat SMA. Selain memilih kampus terbaik, satu hal yang perlu kamu persiapkan juga untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi adalah biaya kuliah.

Sebab, biaya kuliah tidak murah. Biaya kuliah yang mahal acapkali menjadi persoalan para orangtua untuk menguliahkan sang anak. Maka dari itu, penting sekali untuk memikirkan biaya kuliah sejak dini agar tak pusing tujuh keliling nantinya.

Sebetulnya rincian biaya kuliah yang nilainya sampai puluhan atau ratusan juta rupiah itu terdiri dari apa saja sih? Berikut penjelasannya:

1. Uang gedung atau uang pangkal

Kuliah kampus swasta tentu berbeda dengan kampus negeri. Di perguruan tinggi negeri, kamu tidak perlu memikirkan biaya pembangunan/uang gedung/uang pangkal karena biaya ini sudah ditanggung.

Kalau di kampus swasta, karena tak disubsidi pemerintah, uang gedung atau uang pangkal dibebankan kepada mahasiswa. Tak heran, kadang terasa berat bagi para orang tua, sebab besarannya bisa menguras tabungan.

Besaran uang gedung atau uang pangkal tergantung masing-masing kampus dan program studi yang diambil. Biasanya mencapai belasan, puluhan, hingga ratusan juta rupiah.

Ada yang memasang mulai dari Rp 15 juta, Rp 20 juta, sampai dengan Rp 200 jutaan. Tenang, biaya tersebut cukup kamu bayar saat akan masuk kuliah. Itupun ada pihak kampus yang memberikan kebijakan membayar uang pangkal atau uang gedung secara mencicil agar tidak memberatkan para orang tua.