Jangan Sampai Salah Perhitungan, Berapa Sih Biaya Pasang Kanopi yang Perlu Kamu Siapkan?

Ketika diharuskan untuk merenovasi rumah, tidak sedikit orang yang sering kali dibuat pusing dengan banyaknya biaya yang harus dikeluarkan. Salah satu contohnya adalah terkait biaya pasang kanopi di mana penggunaannya kian populer di hunian, terutama di bagian teras rumah, carport, taman belakang, sampai dapur terbuka. 

Kanopi sendiri tak hanya berguna untuk menjaga area dari pancaran sinar matahari serta guyuran hujan. Tapi, kanopi bisa juga menambah unsur estetik dan dekoratif di bagian rumah. Di samping itu, material atau bahan yang digunakan juga terkesan minimalis, modern, dan juga elegan. 

Karena beragam alasan dan kegunaannya tersebut, banyak orang tertarik untuk memasang kanopi ini di huniannya. Yang menjadi pertanyaan, berapa sih biaya pasang kanopi yang perlu kamu persiapkan agar tak sampai membengkakkan pengeluaran atau budget? 

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak perincian harga pasang kanopi per meternya tergantung bagian, dan juga cara hitung biaya yang harus dipersiapkan berikut ini.

Baca Juga: Tips Beli Rumah Tanpa Harus KPR, Yakin Nolak?

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Kisaran Biaya Pasang Kanopi per Meter

loader

Biaya Pasang Kanopi

Tergantung dari jenis serta model yang dipilih, biaya pasang kanopi akan bervariasi. Selain itu, kisaran biayanya juga tergantung dari luas area yang bakal dipasang, tarif tukang atau borongan, serta kualitas atap yang digunakan. Sehingga, per meternya, pemasangan kanopi bisa memiliki harga yang bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Paling tidak, terdapat 2 jenis material yang perlu dipertimbangkan saat ingin memasang kanopi di hunian. Kedua jenis material tersebut adalah rangka kanopi serta atap yang bakal digunakan. Terkait rangkanya sendiri, saat ini bahan kanopi jenis baja ringan kian dikenal dan kerap dijadikan pilihan dibandingkan dengan jenis bahan yang lainnya. 

Ketika menggunakan baja ringan sebagai bahan rangka kanopi, ada sejumlah kelebihan yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

  • Gampang dan cepat untuk dirakit sebab memakai baut khusus serta tak perlu proses pengelasan selayaknya saat menggunakan bahan besi. 
  • Memiliki bobot yang ringan dan membuat proses pemasangan lebih praktis serta bisa dilakukan oleh 2 sampai 3 orang saja. 
  • Bahan baja ringan tak mengalami pemuaian atau penyusutan akibat perubahan cuaca. 
  • Bahan ini mempunyai daya tahan yang tinggi karena anti rayap dan anti karat. Selain itu, kanopi dengan rangka baja ringan akan dilapisi galvalum serta anti karat dari bahan zinc, karbon, serta aluminium zinc. 
  • Bahan baja ringan juga mempunyai banyak jenis yang dapat disesuaikan dengan keinginan, misalnya jenis kanal C, reng, hollow, dan truss yang mempunyai tingkat ketebalan yang berbeda. 

Harga Kanopi Bahan Baja Ringan Beragam Jenis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kanopi dengan bahan baja ringan mempunyai beragam jenis. Biaya pasang dari masing-masing jenis baja ringan tersebut juga beragam dan perlu disesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki. Berikut adalah kisaran harga kanopi tiap meter sesuai jenis materialnya. 

  1. Bahan Spandek

    Bahan spandek sering kali digunakan untuk memasang kanopi karena ringan, kokoh, serta gampang disesuaikan bentuk hunian. Material spandek sendiri terbuat dari kombinasi bahan seng dan aluminium, lalu dicampurkan sedikit silikon agar lebih fleksibel. Dengan gabungan material tersebut, kanopi dari bahan spandek mempunyai ketahanan sampai 50 tahun, serta mampu memantulkan panas.

    Hanya saja, kekurangan dari bahan ini adalah dapat memberikan suara yang berisik saat hujan, warna gampang pudar, serta rentan mengalami kebocoran saat terbentur. Terkait perkiraan harganya sendiri adalah sebagai berikut.

    Jenis

    Biaya/meter

    Model biasa

    195 ribu 

    Model modern

    200 ribu

    Model premium

    280 ribu

    Model super premium

    310 ribu

  2. Bahan Polycarbonate

    Selanjutnya ada bahan polycarbonate yang kerap digunakan karena sifatnya yang transparan dan membuatnya cocok pada jenis hunian bergaya arsitektur apa saja. Dibanding kaca, bahan kanopi ini mempunyai bobot jauh lebih ringan, tapi bisa menahan beban sampai ratusan kali lebih besar. 

    Dibuat melalui tahap plasticized, bahan polycarbonate ini lebih fleksibel dan elastis dibentuk, dipotong, maupun dilengkungkan sesuai model yang diinginkan. Dari harganya pun lebih hemat ketimbang kaca, dan bisa meredam sinar ultraviolet maupun panas matahari. Berikut perincian harga kanopi berbahan polycarbonate. 

    Jenis

    Biaya/Meter

    Model biasa

    290 ribu

    Model modern

    340 ribu

    Model premium

    360 ribu

    Model super premium

    390 ribu

  3. Bahan Alderon

    Selain itu ada kanopi dengan bahan Alderon yang populer dipilih karena mempunyai rongga udara sehingga bisa meredam panas serta menahan suara berisik akibat hujan. Selain itu, alasan kanopi bahan ini sering dipilih adalah karena Alderon tak menghantarkan aliran api, tak berkarat, gampang dibentuk serta dipotong, dan bergaransi 10 tahun. 

    Untuk harga dari kanopi bahan Alderon sendiri adalah sebagai berikut. 

    Jenis

    Biaya/meter

    Model biasa

    410 ribu

    Model modern

    420 ribu

    Model premium

    460 ribu

    Model super premium

    500 ribu

  4. Bahan Onduline

    Terakhir ada kanopi dari bahan Onduline yang ramah lingkungan karena tak mempunyai kandungan asbes dan besi. Kanopi dari bahan ini sendiri dibuat dari serat selulosa serta sejumlah bahan pendukung lain seperti resin, aspal, dan mineral aditif. 

    Beragam keunggulan Onduline adalah tak berisik, bebas pencemaran, dan ramah lingkungan. Bahan ini juga lebih awet karena tak mudah berkarat dan ideal digunakan untuk beragam bagian bangunan, termasuk ventilasi dan atap. Harganya sendiri adalah sebagai berikut. 

    Jenis

    Biaya/meter

    Rangka single

    Mulai 410 ribu

    Rangka double box

    Mulai 430 ribu

     

    Tentunya, harga dari setiap jenis bahan kanopi di atas hanya perkiraan dan belum tentu akurat. Untuk mengetahui harga pastinya, cek langsung di toko bangunan atau tempat kamu membeli kanopi dengan bahan yang diinginkan. 

    Baca Juga: Begini Ciri-Ciri dan Cara Cek Developer Perumahan Terbaik

Cara Hitung Biaya Pasang Kanopi

loader

Menghitung Biaya Pasang Kanopi

Secara umum, biaya pasang kanopi ditentukan dari jenis jasa yang digunakan, apakah itu profesional atau tukang, maupun borongan. Memiliki harga yang berbeda, kamu tentu perlu mempertimbangkan jenis jasa yang hendak digunakan untuk memasang kanopi di hunian. Berikut adalah penjelasan mengenai cara hitung estimasi biaya pasang kanopi tergantung dari jenis layanan yang dipilih.

  1. Jasa Profesional

    Ketika memutuskan untuk menggunakan jasa profesional. Biaya pasang kanopi yang dibebankan biasanya sudah mencakup harga pemasangan sekaligus materialnya. Tapi, biaya tersebut bisa saja beragam tergantung dari kesepakatan dengan pihak tukang atau jasa profesional yang disewa. 

    Sebagai estimasinya, berikut adalah biaya pasang kanopi dengan jasa profesional. 

    • Luas area yang dipasang ialah 3 x 4 meter atau 12 m2.
    • Biaya pasang kanopi bahan spandek premium adalah Rp280 ribu
    • Keseluruhan biaya yang dibutuhkan adalah Rp280 ribu x 12 = Rp3.360.000

    Biaya tersebut umumnya sudah lengkap, termasuk biaya jasa, material, dan beragam peralatan yang dibutuhkan. Tapi, dalam kondisi tertentu, jasa profesional mungkin mengharuskanmu untuk membayar biaya tambahan, seperti untuk pengecatan atau finishing dan perlu disepakati terlebih dulu.

  2. Borongan

    Di sisi lain, kamu juga dapat memasang kanopi menggunakan sistem borongan. Cara ini tak mengharuskanmu untuk membeli bahan sendiri, dan biaya yang dibebankan umumnya lebih mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan. 

    Untuk jasa pemasangannya sendiri, rerata biaya borongan berkisar 100 ribu tiap meter persegi. Jadi, untuk luas 12 m2, biaya yang perlu kamu keluarkan adalah Rp1,2 juta. Namun, biaya tersebut masih belum mencakup biaya material yang diperlukan. 

    Terkait biayanya sendiri, kamu perlu menyusun rencana anggaran biaya atau RAB pasang kanopi dan menentukan bahan yang ingin dipilih sesuai kebutuhan. Berikut adalah estimasi perhitungan biaya pemasangan kanopi menggunakan sistem borongan. 

    • Baja ringan Rp75 ribu x 8 unit = Rp600 ribu
    • Reng Rp35 ribu x 10 unit = Rp350 ribu
    • Genteng metal Rp33 ribu x 40 unit = Rp1,320.000
    • Baut sebesar Rp200 ribu

    Sehingga, total dari seluruh biaya yang dibutuhkan untuk memasang kanopi dengan jasa borongan adalah Rp2.470.000. 

Belum Punya Modalnya? Sisihkan Anggaran Biaya Pasang Kanopi dengan Investasi

Meski memberi manfaat yang penting dan mampu menambah kesan elegan serta modern, kanopi sering kali dibuat pada sebuah hunian. Tapi, karena biayanya terbilang tidak murah, modal untuk memasang kanopi dengan bahan pilihan di rumah sering kali terhambat. Nah, untuk menyiasatinya dengan lebih optimal, kamu bisa mulai menabung atau menyisihkan dana di instrumen investasi rendah risiko, misalnya reksa dana pasar uang.

Baca Juga: Ingin Membeli Rumah Kedua? Berikut Tips Memilih yang Lebih Baik