Buat Si Pelupa, Lakukan 7 Tips Ini Biar Ingatan Makin Tajam

Lupa adalah sifat alami manusia. Penyebabnya cukup beragam, bisa karena bawaan lahir atau kebanyakan pikiran yang membuat seseorang sulit fokus pada satu hal, dan akhirnya membuatnya cepat lupa.

Meskipun terjadi pada siapa saja, sifat pelupa bukan sesuatu yang bisa dianggap sepele. Menurunnya daya ingat dapat menyebabkan menurunnya fungsi otak. 

Tapi tenang, Anda bisa melatih fungsi otak secara bertahap agar daya ingatnya kembali tajam. Berikut beberapa tips menajamkan ingatan yang bisa dilakukan dengan mudah.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Lakukan meditasi

loader
Lakukan meditas

Meditasi merupakan latihan menenangkan diri yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari mengurangi stres, mengontrol emosional, menurunkan tekanan darah, hingga menajamkan ingatan. Mulai dari ingatan jangka pendek sampai ingatan jangka panjang.

Bagi Anda yang sering lupa, boleh coba meditasi secara rutin dan buktikan manfaatnya. Meditasi bisa dilakukan di pagi maupun sore hari, dan pastikan untuk melakukannya di tempat yang mendukung. Dalam arti tenang, sehingga penenangan dirinya menjadi maksimal.

2. Hindari stres

Menurut penelitian yang dilakukan Mayo Clinic di New York, stres dapat mengurangi daya ingat. Ketika kinerja otak terlalu berlebihan, pikiran biasanya lebih cepat buyar karena otak tidak sanggup menampung semua hal dalam satu waktu. Akibatnya, Anda menjadi lebih sulit untuk mengingat sesuatu.

Tapi tenang, kondisi ini hanya terjadi sementara saja. Setelah pikiran lebih rileks, daya ingat akan kembali pulih secara perlahan sampai pada akhirnya Anda bisa mengingat semuanya dengan baik. Makanya hindarilah stres agar kinerja otak tidak overload.

3. Berolahraga secara rutin

loader
Berolahraga secara rutin

Siapa yang masih malas berolahraga? Faktanya, olahraga tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan fisik secara keseluruhan, tapi juga mental. Olahraga yang rutin dipercaya ampuh meningkatkan ingatan, jadi untuk Anda yang pelupa berolahraga ini sangatlah direkomendasikan.

Anda tidak perlu olahraga yang berat-berat apalagi sampai angkat beban. Cukup dengan lari, kardio, sit up, atau squat jump saja, ini sudah membantu meningkatkan pertumbuhan neuron (sistem saraf pusat). Asal tubuh bergerak, maka tingkat kesehatan otak akan bertambah secara perlahan.

Baca Juga: Generasi Millennial Wajib Olahraga ini, Alasannya?

4. Banyak bermain

Bermain tidak sekedar untuk bersenang-senang saja, tapi juga untuk melatih daya ingat otak. Ketika Anda bermain, otak secara tidak langsung dilatih untuk aktif bekerja guna menyelesaikan atau memecahkan permasalahan dalam permainan. Semakin sulit permainannya, maka semakin tinggi kinerja otak.

Permainan yang dimainkan bisa berupa puzzle, teka-teki silang, atau tetris. Anda bisa download permainan ini di smartphone milik. Ketika merasa kinerja otak kurang maksimal, Anda bisa luangkan waktu untuk bermain sehingga saraf-sarafnya berfungsi secara perlahan.

5. Mengonsumsi cokelat

Tidak hanya anak-anak, remaja, bahkan dewasa hingga orang tua juga menyukai coklat. Ya, makanan yang satu ini tidak hanya manis dan lezat di mulut, tapi juga ampuh meningkatkan daya ingatan. Cokelat mengandung flavonoid yang dipercaya ampuh merangsang pertumbuhan sel saraf dan melancarkan aliran darah ke otak.

Agar manfaatnya semakin maksimal, konsumsilah cokelat secara rutin setidaknya satu kali dalam sehari. Pastikan cokelatnya terbuat dari 70% kakao atau lebih agar dosis yang otak dapatkan semakin besar. Dengan begini, otak kembali bekerja dengan baik.

6. Hindari begadang

Bagi yang suka begadang, sekarang tolong kurangi kebiasaan ini karena kebanyakan begadang dapat mengurangi ingatan. Begadang secara otomatis akan mengurangi jam tidur, yang membuat tubuh lebih cepat merasa lelah sehingga otak tidak mampu berkonsentrasi dengan baik.

Jika konsentrasi otak terganggu, Anda akan lebih sulit mengingat sesuatu. Apalagi kalau pada saat itu Anda sedang mengalami banyak masalah, bisa-bisa pikiran buyar dalam sekejap. Untuk itu, tidurlah secara cukup minimal 7-8 jam per hari agar tubuh terasa bugar keesokan paginya.

Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Tinggalkan 7 Kebiasaan Ini Menjelang Tidur

7. Hindari konsumsi gula berlebih

Mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan memang tidak dianjurkan. Selain dapat menyebabkan diabetes, konsumsi gula memicu terjadinya obesitas, penyakit jantung, Alzheimer, gigi rusak, dan menurunkan daya ingat. Sebab, volume otak menjadi lebih rendah yang secara otomatis mengurangi daya tampungnya.

Hal terbalik terjadi pada orang yang mengonsumsi gula lebih sedikit, dimana kinerja otaknya menjadi lebih baik. Di sisi lain, tubuh pun menjadi lebih sehat karena tubuhnya terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Sikapi Kinerja Otak yang Melemah dengan Cepat

Melemahnya kinerja otak akan mempengaruhi daya ingat, jadi jangan pernah menyepelekan hal ini. Apalagi Anda tahu kalau otak itu adalah pusat dari semua organ tubuh. Ketika bagian pusat rusak atau terganggu, maka kinerja organ tubuh lainnya pasti terganggu. Sekarang saatnya tingkatkan daya ingatan yang mulai menurun dengan tips-tips di atas. Semoga membantu, ya!

Baca Juga: 45 Cara Hidup Sehat