Bukan Cuma Usir Nyamuk, Ini 10 Manfaat Bunga Lavender Lainnya

Barangkali Anda pernah bertamu ke rumah seseorang dan melihat ada bunga lavender yang menghiasi sebuah sudut ruangan. Warna ungu yang khas dan bentuk tanamannya yang unik membuat bunga ini cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias dan membuat rumah menjadi lebih menarik. 

Tidak hanya itu, bunga lavender juga dapat memberikan manfaat untuk mengatasi masalah serangga. Bahkan, sebagian besar dari Anda pasti sudah tahu bahwa tanaman hias tersebut banyak dijadikan sebagai campuran obat nyamuk yang dijual di pasaran. Ya, bunga lavender memang dikenal ampuh mengusir nyamuk yang mengganggu. 

Khasiat lavender berasal dari kandungan minyak esensial yang dimilikinya. Tidak hanya mampu usir serangga, kandungan tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan dan menjernihkan pikiran, lho! Masalah kecemasan, stres, hingga diabetes dapat dihilangkan tanaman yang identik dengan warna ungu tersebut.

Tidak lupa pula manfaat lavender dalam meningkatkan kecantikan seseorang. Nah, tak menyangka bukan kalau tanaman hias yang mudah dirawat ini ternyata dapat memberikan beragam manfaat bagi pemiliknya. Penasaran? Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca Juga: 6 Tips Meningkatkan Mood di Pagi Hari

10 Manfaat Lavender untuk Tubuh

loader

  1. Mengatasi Gangguan Tidur atau Insomnia

    Tidur dan beristirahat merupakan salah satu hal paling penting yang dibutuhkan oleh manusia. Jika seseorang mengalami masalah sulit tidur, rasa capek akan sulit untuk hilang sehingga tubuh menjadi tidak siap untuk beraktivitas di esok hari. 

    Belum lagi jika dibiarkan dalam jangka panjang, insomnia atau gangguan tidur dapat membuat organ tubuh tidak dapat melakukan tugasnya dengan maksimal. Hal tersebut dapat membuat kesehatan tubuh menjadi terancam dan dapat mengakibatkan kerusakan pada organ vital penderitanya.

    Untuk mengatasi gangguan tidur atau insomnia, Anda dapat menggunakan bunga lavender sebagai solusi alternatifnya. Dengan menggunakan minyak dari bunga ini, Anda dapat mengurangi kecenderungan untuk susah tidur di malam hari. 

    Memanfaatkan bunga ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan obat tidur. Sebab, penggunaan obat tidur dalam kurun waktu cukup lama dapat memberikan efek samping berbahaya, termasuk kecanduan. Jadi, selagi belum parah, coba atasi masalah susah tidur dengan menggunakan bunga lavender. 

  2. Membuat Rambut Menjadi Lebih Cantik

    Banyak pria dan wanita menganggap rambut adalah sebagai mahkota diri. Sebab, rambut sehat dan indah dapat membuat seseorang tampil lebih menarik dan percaya diri. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang berusaha untuk menjaga rambut agar tetap sehat, terlihat cantik, dan tidak mudah rontok.

    Rambut yang sehat dan terlihat cantik ternyata tidak hanya bisa didapatkan melalui perawatan yang mahal. Melainkan, dengan memanfaatkan bunga lavender sebagai bahan perawatan rambut. Jika rutin digunakan, ekstrak atau minyak bunga ini dapat membuat rambut menjadi lebih kuat, mengurangi kerontokan, dan juga meninggikan pertumbuhan rambut.

    Selain itu, minyak lavender juga bisa membasmi kutu pada rambut sehingga mengurangi risiko kehilangan nutrisi rambut. 

  3. Mengatasi Masalah Diabetes

    Salah satu kandungan yang dimiliki oleh lavender adalah antioksidan radikal. Kandungan tersebut dipercaya mampu mengatasi masalah kadar gula darah berlebih atau lebih dikenal dengan diabetes. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mencampurkan bunga tersebut dengan seduhan teh. 

    Tidak hanya itu, lavender juga mengandung senyawa polifenol yang mampu menurunkan jumlah radikal bebas penyebab kanker. Kandungan senyawa tersebut juga bisa mencegah munculnya sel penyebab berbagai penyakit berbahaya. Untuk itu, mulai jadikan kebiasaan rutin untuk meminum teh lavender sesekali.  

  4. Memberikan Efek Relaksasi pada Pikiran

    Rutinitas sehari-hari dan masalah pekerjaan adalah alasan utama beban pikiran muncul. Jika dibiarkan menumpuk, beban pikiran dapat menjadi pemicu stres dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Karenanya, menjaga kesehatan pikiran juga perlu dilakukan berdampingan dengan kesehatan tubuh. 

    Dengan merawat bunga lavender, Anda dapat merasakan wangi harum tanaman tersebut. Aroma yang dikeluarkan juga dipercaya dapat memberikan efek relaksasi atau menenangkan. Pasalnya, aroma bunga lavender diketahui mengandung zat anti neuro depressive yang bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks. 

    Selain itu, aroma tersebut juga bisa membuat seseorang memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan terlelap lebih cepat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk meletakkan bunga ini di ruang pribadi Anda. 

  5. Membantu Merawat Kulit

    Zat antioksidan yang terkandung dalam bunga lavender juga berkhasiat mencegah pertumbuhan bakteri dalam tubuh. Bakteri yang dibiarkan bertumbuh di dalam tubuh dapat menjadi penyebab munculnya infeksi serta mengatur sekresi sebum dengan berlebihan. Bakteri yang menempel pada kulit wajah juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat.

    Dengan menggunakan minyak lavender, bakteri yang ada pada permukaan kulit dapat dikurangi. Hal ini dapat membuat risiko munculnya jerawat menjadi jauh lebih kecil dan tidak menurunkan rasa percaya diri. 

    Caranya cukup mudah, yaitu dengan menambahkan sejumlah tetes minyak lavender tersebut pada pelembap atau air yang akan disiramkan ke area wajah. Dengan rutin melakukan hal tersebut, wajah akan lebih jarang terkena jerawat dan meninggalkan noda pada kulit. 

  6. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

    Sistem imun merupakan garda terdepan tubuh dalam mencegah terjadinya berbagai penyakit. Sistem imun tubuh yang baik dapat melindungi tubuh dari serangan bakteri maupun virus yang mengancam mendatangkan berbagai masalah kesehatan. 

    Nah, karena mempunyai sifat antivirus dan antibakteri, lavender dapat meningkatkan sistem imun dan menjaga tubuh dari ancaman penyakit TB, difteri, dan juga tipes. Tidak hanya itu, lavender juga mengandung zat antijamur yang memiliki resistensi pada strain jamur yang dapat menimbulkan infeksi pada kulit dan juga kuku. 

  7. Menjadi Tanaman Pencegah Kanker

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu kandungan yang dimiliki oleh bunga lavender adalah antioksidan. Kandungan tersebut sendiri sudah cukup luas dikenal sebagai zat yang mampu mengendalikan jumlah radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel dalam tubuh dan menjadikannya sebagai sel kanker. 

  8. Sebagai Aromaterapi untuk Mengurangi Kecemasan

    Anxiety atau kecemasan adalah gangguan kesehatan yang bisa dibilang cukup banyak dialami oleh masyarakat masa kini. Dalam kondisi yang parah, masalah kecemasan dapat membuat seseorang enggan untuk beraktivitas seperti biasa hingga dapat dikategorikan sebagai gangguan psikologis.

    Untuk membantu perasaan menjadi lebih tenang dan tidak merasa cemas, Anda dapat menggunakan lavender sebagai media aromaterapi. 

  9. Obat untuk Mengurangi Rasa Sakit

    Manfaat mengurangi rasa sakit yang dimiliki oleh bunga lavender berasal dari kandungan minyak esensial yang dimilikinya. Ketika mengalami kram otot, sakit perut, dan masalah kesehatan lainnya yang menimbulkan rasa nyeri, minyak lavender dapat dijadikan sebagai obat oles. Jadi, kegunaan minyak ini bukan hanya sebagai aromaterapi saja. 

  10. Membantu Jantung Lebih Sehat

    Karena kandungan yang dimilikinya, rutin mengonsumsi teh lavender dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, karena mengandung nol lemak serta nol kolesterol, mengonsumsi minuman tersebut juga dapat menjadikan jantung lebih sehat. Dalam kata lain, mengonsumsi teh lavender dapat memberikan tubuh beragam khasiat menyehatkan, termasuk mengurangi risiko penyakit jantung. 

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Obat Ini Ternyata Bisa Ditanam di Rumah, Apa Saja?

Jadi, Kapan Mulai Merawat Bunga Lavender di Sudut Rumah?

Tidak disangka jika bunga lavender ternyata memiliki banyak manfaat lain selain mampu mengusir nyamuk. Bahkan, dengan menghirup aroma tanaman hias tersebut dan menjadikannya sebagai campuran minuman dapat memberikan khasiat hebat bagi kesehatan.

Mulai dari masalah kurang tidur, psikologis seperti kecemasan, dan juga risiko kanker dapat diatasi oleh bunga ini. Jadi, sudahkah Anda menyiapkan spot tertentu sebagai tempat tanaman ini memperindah sudut rumah dan mendapatkan manfaat kesehatannya?

Baca Juga: Stres? 7 Kegiatan Penghilang Stres Ini Patut Dicoba