Butuh Alamat Kantor buat Bisnis, Ada Virtual Office. Apa itu?

Virtual Office
Ilustrasi virtual office

Cermati.com – Merintis usaha memang butuh tempat sebagai alamat administratif untuk kegiatan bisnis, salah satunya urusan surat menyurat. Bicara alamat kantor, yang tergambar di kepala butuh dana besar buat punya sebuah kantor fisik.

Tapi di era serba teknologi canggih seperti sekarang ini, tak melulu dalam berbisnis itu harus mengantongi modal ‘tebal’ buat memulainya. Sebab untuk punya kantor yang secara official bisa jadi alamat surat menyurat sangat mudah didapat.

Caranya? Pakai saja Virtual Office. Ya, meski namanya kantor virtual, bukan berarti kantor ini tak berwujud.

Lalu, apa itu virtual office, biaya, dan cara sewanya? Dan apa bedanya virtual office ini dengan co-working space sama serviced office?

Berikut Cermati.com ulas seputar virtual office dan perbedaannya dengan co-working space serta serviced office.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Perbedaan Virtual Office, Co-Working Space, dan Serviced Office

Co Working Space
Ilustrasi co-working space

Ketiganya, baik itu virtual office, co-working space, serta serviced office, ini memang dikenal sebagai kantor kekinian para milenial yang ingin berbisnis dan membutuhkan sebuah kantor maupun para pekerja lepas (freelancer) yang kerja remote untuk melakukan aktivitasnya.

Meski sama-sama menyewakan sebuah space atau ruang bagi yang membutuhkan ruang kerja atau kantor, tapi ada perbedaan dari ketiga tempat beraktivitas ini, di antaranya:

Virtual Office

Seperti dikutip dari voffice, Virtual Office adalah jenis kantor sewa nonfisik yang bisa digunakan sebagai alamat legal/resmi bisnis dan mendapatkan fasilitas kantor seperti pada umumnya.

Ini cocok buat yang merintis ingin punya perusahaan, UMKM, atau perusahaan yang butuh alamat bonafied dengan harga murah.

Berikut fasilitas Virtual Office:

  • Lokasi strategis di pusat gedung-gedung perkantoran
  • Ruang kantor yang memadai lengkap dengan alamat domisili sah
  • Terdapat resepsionis untuk menerima surat dan paket dengan sistem notifikasi
  • Bisa menggunakan ruang pertemuan (meeting room) di alamat pilihan atau alamat lain cabang penyedia virtual office
  • Area kerja bersama (co-working space) dengan fasilitas wi-fi, lounge, resfreshment (teh dan kopi)
  • Tersedia nomor telepon khusus yang dilengkapi sistem notifikasi telepon masuk dengan pilihan penerusan telepon ke pengguna virtual office
  • Jaringan internet Fax yang bisa diteruskan langsung ke e-mail
  • Bisa digunakan untuk mendirikan badan usaha seperti PT (Perseroan Terbatas) atau pun CV (Commanditair Vennootschap) karena domisili perusahaan sah
  • Punya virtual office bisa mengajukan PKP (Pengusaha Kena Pajak), mengurus surat keterangan domisili, SIUP, dan TDP, serta dokumen penting lainnya
  • Hemat biaya ketimbang sewa sebuah gedung atau kantor fisik secara konvensional
  • Bisa sewa harian atau bulanan hingga tahunan

Co-Working Space

Co-Working Space adalah ruang kerja yang digunakan bersama-sama dengan orang lain dari perusahaan lain atau organisasi maupun perorangan.

Untuk fasilitasnya sendiri lebih sederhana ketimbang virtual office. Ini cocok buat freelancer atau profesional maupun UMKM yang butuh ngantor.

Berikut fasilitas yang ada di Co-Working Space:

  • Ruangan untuk bekerja, pertemuan (meeting), dan lainnya
  • Fasilitas jaringan internet (wi-fi), refreshment (teh, kopi, dan air mineral)
  • Ada resepsionis yang menerima surat maupun paket buat penyewa
  • Tersedia juga alamat virtual untuk keperluan legalitas
  • Bisa sewa harian atau bulanan hingga tahunan

Serviced Office

Serviced Office adalah penyewaan kantor dengan fasilitas yang lengkap. Karena fasilitas yang lengkap, harganya pun lebih mahal ketimbang virtual office dan co-working space.

Pun demikian, harganya masih lebih murah ketimbang sewa kantor konvensional. Service office juga cocok buat untuk melaksanakan aktivitas usaha yang membutuhkan kantor lengkap dengan fasilitas yang memadai.

Berikut fasilitas yang ada di Serviced Office:

  • Penunjang perusahaan, mulai dari furniture, komputer dan printer, dan lainnya
  • Tersedia loby dan layanan resepsionis
  • Fasilitas internet (wi-fi)
  • Terdapat office boy/girl
  • Fasilitas pantry
  • Layanan sekretaris
  • Layanan keamanan 24 jam
  • Bisa sewa harian bulanan hingga tahunan

Baca Juga: Yuk, Sontek Resep Sukses Berbisnis dari Bos Indofood!

 

Mudah, Begini Cara Sewa ‘Virtual Office’

Sewa Virtual Office
Ilustrasi sewa virtual office secara online

Ada banyak perusahaan jasa yang menyediakan penyewaan virtual office ini. Caranya pun gampang, bisa mengunjungi situs resmi penyedia jasa ruang kantor ini.

Tinggal mengisi formulir yang yang diisi secara online di website penyedia virtual office tersebut. Isian formulir terdiri dari:

  • Nama lengkap
  • Nomor telepon/Whatsapp
  • Alamat e-mail
  • Bidang usaha
  • Kolom pesan untuk menghubungi penyedia jasa virtual office

Baca Juga: Magang di Perusahaan 'Startup' itu Lebih Menguntungkan, Kenapa?

 

Biaya Sewa ‘Virtual Office’, Sewa Harian hingga Bulanan

Uang Rupiah
Ilustrasi uang rupiah untuk transaksi

Dari sisi biaya, tarif yang ditawarkan untuk menyewa virtual office ini pun bervariatif. Tarif sewa tergantung dari jenis pilihan paket.

Pilihan paket muai dari Silver, Gold, Premium, dan Premium Plus. Bahkan tersedia pilihan sewa harian maupun bulanan hingga tahunan.

Berikut harga sewa Virtual Office:

  • Harian: Mulai dari Rp7000-an hingga Rp20.000-an
  • Bulanan: Mulai dari Rp100.000 hingga sekitar Rp1.000.000
  • Tahunan: Mulai dari RpRp5.000.000-an hingga sekitar Rp12.000.000-an

Daftar Virtual Office di Jakarta

Ruang Kantor
Ilustrasi ruang kantor yang disewakan

Ada banyak Virtual Office di Jakarta yang bisa jadi pilihan untuk menjalankan kegiatan bisnis. Berikut daftar virtual office di Jakarta yang bisa jadi pilihan:

1. COHIVE

Virtual Office yang satu ini terbilang komplit. Sebab fasilitas yang ditawarkan bukan hanya ruang kantor saja, tapi juga pelayanan untuk tempat tinggal dengan pilihan layanan konsep apartemen atau kos-kosan.

Tak hanya itu, pelayanan yang ditawarkan juga berbagai macam program, seperti fasilitas laundrty hingga potongan harga untuk menikmati banyak acara mulai dari kursus keahlian tertentu hingga diskon aneka produk makanan dan minuman dari merchant-merchant yang bekerjasama.

2. XWORK

Untuk virtual office ini, hanya menyediakan kebutuhan bagi yang membutuhkan sebuah kantor atau urusan pekerjaan saja. Keperluan urusan kantor mulai dari ruangan dan fasilitas yang mendukung.

Harga yang ditawarkan untuk sewa virtual office di XWORK ini juga terbilang murah, mulai dari Rp166.667 per bulan hingga Rp2.000.000-an per bulan tergantung lokasinya.

3. VOFFICE

Tak berbeda dengan XWORK, VOFFICE juga menyediakan virtual office untuk memenuhi kebutuhan ruang kerja buat menjalankan sebuah bisnis. Namun virtual office ini memberikan layanan pengurusan dokumen-dokumen pendirian usaha seperti mengurus PT atau CV, dokumen PKP, SIUP, dan lainnya.

4. MARQUEE

Buat virtual office MARQUEE, juga menyediakan fasilitas ruang kantor. Virtual office ini terdapat di gedung-gedung pusat perkantoran utama seperti di Jalan Sudirman maupun di area Jl. TB Simatupang.

Untuk harga sewa di virtual office MARQUEE mematok tarif sekitar Rp500.000 hingga Rp2.000.000 per bulan. Paket yang ditawarkan adalah ruang kantor dengan berbagai kombinasi layanan seperti komunikasi instan, klien in-house, ruang rapat, dan lainnya.

5. REEN HUB

Kantor virtual Green Hub ini juga khusus menyediakan ruang kantor yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang biasanya dibutuhkan untuk menjalankan bisnis. Harga sewa virtual office di sini sekitar Rp580.000-an hingga Rp3.000.000-an per bulan.

Miliki Kantor Administratif dan Rintis Usaha Sekarang Juga

Pengusaha Muda
Ilustrasi pengusaha muda

Sekarang, untuk memulai bisnis tak perlu bimbang dan galau lagi urusan tempat atau kantornya. Dengan adanya virtual office ini pun maka tak ada alasan lagi enggan dan harus menunda-nunda lagi untuk memulai bisnis serta punya perusahaan rintisan (startup).

Tinggal pilih virtual office mana dan mau sewa yang berapa lama, tinggal sesuaikan bujet serta keperluan lama penggunaan alamat kantor untuk bisnis Anda. Miliki kantor administratif Anda dan rintis usaha dari sekarang juga. Tak harus punya kantor fisik, kantor virtual pun jadi buat mewujudkan bisnis impian.

Baca Juga: Ungguli Singapura, Startup Unicorn Indonesia Terbanyak di Asia Tenggara