Butuh Dana Cepat? Gadai BPKB Motor Di BRI Jawabannya

Untuk memenuhi kebutuhan harian, kita terkadang membutuhkan dana tunai cepat untuk keperluan mendesak, seperti biaya berobat, bayar kuliah anak, atau mengembangkan usaha. Biasanya masalah tersebut dapat diselesaikan dengan cara meminjam uang kepada saudara atau teman. Namun, jika tidak lagi dapat diandalkan, pinjaman bank bisa menjadi solusi. Pinjam uang di bank sebaiknya menjadi solusi terakhir bila memang tidak ada pilihan lagi.  

Meminjam uang di bank dalam pikiran bagi orang biasanya merupakan sesuatu yang rumit dan berisiko. Rumit karena prosesnya cenderung dipersulit serta berisiko karena aset yang dijaminkan menjadi taruhan ketika tidak mampu membayar. Namun, jika Anda mengetahui proses dari awal pengajuan persyaratan sampai akad kredit, kemudian mengetahui dampak dan risiko, serta solusi ketika sewaktu-waktu dalam kondisi tidak mampu membayar, tentunya meminjam ke bank bisa menjadi pilihan solusi alternatif yang tepat tanpa harus bergantung kepada saudara atau teman.

Produk Kredit Usaha BRI Jadi Solusi Mudah bagi Pengusaha Kecil

Kredit BRI Pengusaha UKM UMKM

Pengucuran KUR oleh BRI via rmoljabar.com

 

Hampir seluruh bank di Indonesia memiliki produk kredit usaha, salah satunya Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang adalah salah satu bank terbesar di Indonesia. Sebelum Anda berangkat ke kantor BRI terdekat, sebaiknya siapkan syarat pengajuan kredit usaha BRI dengan cara membuat atau memperpanjang surat-surat dan izin yang berkaitan dengan usaha sehingga dapat langsung diproses. Berikut ini surat dan izin yang perlu dipersiapkan saat pengajuan kredit ke BRI.

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Suami dan Istri, serta Kartu Keluarga.
  2. Surat Keterangan Usaha (SKU).
  3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  4. Buku Tabungan BRI (tiga bulan terakhir).

Syarat kredit tiap jenis pinjaman bisa saja semakin kompleks, tergantung nominal pinjaman. Ketiga syarat kredit di atas berlaku untuk plafon rendah atau Unit Usaha Kecil Menengah (UKM). Sementara untuk pinjaman menengah, ada syarat tambahan, yaitu Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Lengkapi syarat pengajuan kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) BRI dengan benar sebelum berkas dimasukkan. Sebab bila berkas ada yang kurang persyaratannya, pengajuan Anda akan tertunda. Analis Bank biasanya akan mendahulukan berkas yang sudah lengkap meskipun datang belakangan. Apabila Anda membutuhkan tambahan dana tunai cepat untuk modal usaha dan ingin mengajukan pinjaman di BRI dengan jaminan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) atau yang dikenal dengan gadai BPKB motor, silakan datang langsung ke Kantor BRI terdekat.

Baca Juga: Penjelasan Dan Cara Memilih Gadai BPKB Motor Terbaik

Ilustrasi Pinjam Dana Jaminan BPKB di BRI

Pinjam dana dengan jaminan BPKB atau lebih sering dikenal dengan nama gadai BPKB makin populer di masyarakat. Misalnya, Anda ingin membuka sebuah usaha dan membutuhkan tambahan modal sebesar Rp5 Juta, silakan mengajukan pinjaman dana tunai di BRI dengan cara menggadaikan BPKB Motor. Setelah itu, pihak bank akan melihat kondisi motor untuk menentukan nilai taksir motor tersebut. Apabila nilai taksirnya di atas nilai pengajuan, misal di atas Rp5 juta, BRI akan mengucurkan dana pinjaman sesuai pengajuan, yaitu Rp5 juta.

Selanjutnya, Anda harus mengisi formulir yang telah disiapkan BRI serta mempersiapkan beberapa persyaratan, antara lain.

  • BPKB Asli sepeda motor.
  • KTP Suami dan Istri, serta Kartu Keluarga.
  • Materai 6000 untuk menandatangani syarat dan ketentuan yang berlaku. Yang isinya merupakan ketentuan apabila kredit macet, BRI berhak menarik motor tersebut

Apabila BRI sudah menyetujui dan dana sudah cair, Anda harus membayar kredit atau angsuran pinjaman setiap bulannya sesuai dengan hitungan bunga yang telah ditetapkan BRI. Misalnya, Anda pinjam uang Rp5 juta dengan jangka waktu 1 tahun (12 bulan) maka setiap bulan harus membayar kredit sebesar Rp510.000. Pembayaran tagihan kredit tersebut dapat dilakukan langsung melalui kantor BRI atau melalui payment point online bank (PPOB) di minimarket, seperti Alfamart, Indomaret, ataupun Kantor Pos.

Setelah mengumpulkan syarat pengajuan kredit usaha di BRI, sebaiknya ketahui juga beberapa produk kredit yang ditawarkan BRI sesuai dengan usaha Anda. Setiap jenis produk kredit yang ditawarkan BRI pasti memiliki keunggulan atau keuntungan tersendiri. Berikut ini perbandingan beberapa daftar produk kredit usaha BRI.

Pinjaman KUR Tanpa Agunan BRI

Dana tunai ini sebenarnya berasal dari program pemerintah yang disalurkan melalui bank. Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa jaminan BRI cocok untuk pengusaha mikro UMKM. Pemberian kreditnya sangat selektif untuk pemohon yang memiliki prospek usaha yang jelas. Ditolak atau diterimanya pengajuan sangat tergantung dari survei yang dilakukan BRI karena memang tidak ada jaminan yang diagunkan di BRI. Yang dianalisis BRI meliputi perputaran uang usaha dalam tiga bulan terakhir, produktivitas usaha, prospek kedepan, BI checking, serta usaha yang belum pernah menerima kredit dari bank lain.

Bila usaha Anda sudah memenuhi kriteria di atas, aplikasi KUR akan disetujui BRI. Dana KUR yang dicairkan maksimal Rp20 juta, ideal untuk pengusaha UMKM, seperti pedagang toko sembako, toko kelontong, toko pakaian, toko online, dan warung. Tidak ketinggalan sektor produksi rumahan, seperti konveksi, industri olahan makanan rumahan, pabrik tempe, warung kopi, warung tegal, dan sektor jasa yang memiliki aktivitas nyata.

Baca Juga: Tips Mengelola Pinjaman Gadai Jaminan BPKB

Pinjaman BRI Jaminan AJB (Akta Jual Beli) dan BPKB Kendaraan

Kupedes BRI dapat menjadi solusi pembiayaan untuk pengusaha yang tinggal di pedesaan. Kupedes BRI sangat fleksibel dibandingkan dengan produk pinjaman mikro lainnya. Misalnya berlaku untuk semua sektor usaha, seperti jasa, perindustrian, perdagangan, dan pertanian. Kemudian dana dapat digunakan untuk segala aktivitas yang berkaitan dengan usaha, tetapi tidak dibatasi kebutuhan modal kerja/investasi, semisal untuk membeli kendaraan mobil/motor, perbaikan renovasi rumah, dan membiayai training atau pendidikan.

Keunggulan Kupedes BRI yang didapat, antara lain bebas biaya provisi, biaya administrasi ringan (hanya Rp10 ribu), dapat memilih periode cicilan angsuran (musiman atau bulanan), agunan tidak punya sertifikat dapat dibantu, bunga rendah, dan mendapatkan asuransi jiwa, kecelakaan, kesehatan, serta meninggal dunia.

Untuk kredit dengan jaminan tanah dan bangunan, seperti Akta Jual Beli (AJB) atau sertifikat SHM, pastikan untuk selalu membayar dan memperbarui Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) setiap tahunnya. Anda dapat menaikkan nilai plafon sekaligus melakukan sertifikasi terhadap kepemilikan tanah dan bangunan. Namun, ada biaya tambahannya. Bila mengajukan kredit BRI dengan cara menggadaikan BPKB Motor dan kendaraan lain, pastikan selalu membayar pajak STNK dan plat nomor setiap tahunnya. Terkadang analis dari BRI sangat selektif untuk memberikan pinjaman dengan cara gadai motor.

Gadai BPKB Motor, Solusi Praktis dan Aman mendapatkan Dana Segar

Dana Cepat Gadai BPKB Motor

 

Dari sekian banyak produk pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan, BRI memberikan rasa nyaman dan aman bagi nasabah. Reputasi global sebagai bank nasional dan produk yang pro rakyat dengan segala kemudahan proses yang ditawarkan membuat gadai motor ini kian banyak diminati sebagai solusi memperoleh pinjaman untuk mengembangkan usaha. Pahami semua proses dan persyaratan yang ada sehingga pengajuan kredit Anda lancar dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Baca Juga: Mau Gadai BPKB Motor Cepat dan Aman? Ini Pilihan Jenis Gadainya