Cara Cepat dan Aman Gadai Barang Online Melalui Pegadaian Digital

Cermati.com, Jakarta – Masyarakat Indonesia terkena dampak ekonomi dari adanya wabah pandemi virus corona atau Covid-19 ini. Tak sedikit karyawan yang kehilangan pekerjaannya karena dirumahkan atau terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Alhasil, mereka sudah tidak lagi memiliki penghasilan.

Jalan satu-satunya yang harus mereka pilih untuk terus berjuang hidup adalah dengan menggadaikan barang berharga yang mereka miliki. Dengan begitu mereka bisa mendapatkan uang untuk membeli kebutuhan keluarga sementara waktu hingga mendapatkan pekerjaan kembali.

Pegadaian menjadi salah satu tempat gadai barang yang sudah terpercaya. Ditambah lagi, kini Pegadaian meluncurkan inovasi baru, yaitu Pegadaian Digital. Aplikasi smartphone ini tentunya memudahkan masyarakat Indonesia yang ingin menggadaikan barang berharga secara online #dirumahaja dan kapan saja.

Simak ulasan berikut ini mengenai barang apa saja yang bisa digadai hingga cara mudah gadai barang online lewat Pegadaian Digital berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari situs pegadaian dan sumber terkait lainnya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

pegadaian digital
Pegadaian Digital

Daftar Barang Gadai yang Diterima di Pegadaian Digital

Bagi masyarakat yang ingin menggadaikan barangnya lewat Pegadaian Digital, sebaiknya ketahui terlebih dahulu barang-barang apa saja yang dapat digadaikan di Pegadaian:

  1. Emas, merupakan barang berharga yang paling banyak digandrungi orang. Jenis emas yang bisa digadaikan ialah koin emas, emas batangan atau logam mulia, perhiasan emas, atau emas dinar.
  2. Barang Elektronik, banyak elektronik yang bisa digadaikan, antara lain televisi, kulkas, kamera, laptop atau komputer, ponsel, dan masih banyak lagi.
  3. Alat Pertanian dan Perikanan, bagi petani dan nelayan berikut barang yang bisa digadai, yaitu gergaji mesin, mesin pompa airm mesin diesel kapal dan traktor tangan.
  4. Kendaraan, motor dan mobil bisa digadaikan dengan menyerahkan surat-surat kendaraan seperti STNK, BPKB dan faktur pembelian.
  5. Sertifikat, rumah dan tanah menjadi barang gadai yang memiliki nilai yang sangat tinggi.

Cara Mudah Gadai Barang di Pegadaian Digital

Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan untuk menggadaikan barang lewat Pegadaian Digital, di antaranya:

  1. Unduh aplikasi Pegadaian Digital di AppStore atau Play Store
  2. Daftarkan diri pada akun Pegadaian Digital
  3. Pilih menu Gadai
  4. Pilih barang jaminan yang ingin digadai
  5. Masukkan detail barang seperti merk, tipe, tahun pembelian, harga jual sekarang (untuk ponsel), dan lain sebagainya. Masing-masing barang jaminan memiliki format detail yang berbeda.
  6. Aplikasi akan menunjukkan besaran kredit yang bisa diberikan dari gadai barang jaminan Anda, berikut juga jangka waktu pelunasan.
  7. Pilih layanan pickup & delivery service
  8. Pinjaman dari transaksi gadai akan dikirimkan ke rekening yang terdaftar di aplikasi Pegadaian Digital Anda

Baca Juga: Pegadaian, Solusi Atasi Masalah Keuangan Secara Instan dan Aman

Tips Gadai Barang di Pegadaian Digital

Agar proses gadai barang di Pegadaian Digital berjalan lancar dan bisa mendapatkan nilai gadai yang tinggi, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Perhatikan barang yang ingin digadai, apakah dalam kondisi baik atau tidak alias tidak ada yang rusak atau cacat, agar bisa mendapatkan nilai gadai yang tinggi
  2. Jika ingin gadai kendaraan, pastikan semua surat-suratnya lengkap, datanya benar dan surat tersebut asli
  3. Semua data yang dimasukkan dalam formulir di Pegadaian Digital harus benar dan jangan ada yang terlewatkan
  4. Jika mengunggah gambar barang yang ingin digadai, gambar tersebut harus asli dan kondisi barang harus terlihat jelas
  5. Berhubung gadai barang lewat Pegadaian Digital, maka pastikan ponsel terhubung dengan internet dan kualitas signal baik. Dengan begitu, proses input dan pengiriman data bisa lancar.

Baca Juga: Berbagai Jenis Pinjaman di Pegadaian dan Syarat Pengajuannya

Gadai Barang Jadi Lebih Mudah dan Aman

Aplikasi Pegadaian Digital menjadi solusi yang sangat tepat bagi masyarakat Indonesia di tengah wabah virus Covid-19. Dengan aplikasi gadai online tersebut, masyarakat bisa menggadaikan barang jadi lebih mudah dan aman tanpa harus datang ke gerai Pegadaian.

Nyatanya aplikasi Pegadaian Digital ini tak hanya bisa diunduh di ponsel saja, tapi juga bisa diakses melalui website resminya di https://digital.pegadaian.co.id/. Jika adanya informasi yang tidak dimengerti, segera tanya langsung ke layanan pelanggan Pegadaian Digital melalui email cs.digital@pegadaian.co.id atau juga bisa melalui WA di nomor 082133007773 atau 085899959593.

Baca Juga: Gadai Ilegal Bikin Kesal. Kenali Ciri-cirinya agar Tak Jadi Korban