Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus SMA/SMK

Setelah menempuh bangku sekolah menengah tingkat atas, baik itu SMA atau SMK, tentu tidak semuanya langsung melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi. Terkadang, juga dihadapkan dilema antara lanjut kuliah atau bekerja, dan tak jarang mau tidak mau memutuskan untuk bekerja karena berbagai hal.

Akan tetapi, di zaman sekarang ini, semakin banyaknya tenaga kerja yang tak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan, peluang kerja bagi lulusan SMA/SMK ini cukup terbatas dan persaingan yang ketat. Sehingga mencari pekerjaan dengan ijazah lulusan SMA/SMK pun cukup sulit, bahkan tak sediki pekerjaan yang ada pun tidak sesuai dengan keahlian yang dipelajari di bangku sekolah.

Tapi bagaimanapun kenyataannya, ternyata bekerja setelah lulus sekolah SMA/SMK ini menjadi suatu keharusan yang ditempuh, apakah untuk menunjang ekonomi keluarga ataupun upaya mewujudkan cita-cita untuk melanjutkan kuliah nantinya.

Nah, bagi kamu yang ingin segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus SMA/SMK, berikut cara yang bisa kamu lakukan:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Rajin Tanya Lowongan Pekerjaan pada Alumni yang Sudah Bekerja

SMA
Jangan enggan tanya lowongan kerja pada alumni sekolah

Hal pertama yang bisa kamu lakukan supaya bisa segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus SMA/SMK adalah rajin bertanya lowongan pekerjaan kepada para alumni sekolah yang sudah bekerja. Sebab peluang para alumni untuk mengetahui lowongan pekerjaan di tempat dia bekerja cukup besar.

Untuk itu, penting untuk memiliki kontak serta menjaga hubungan baik dengan kakak-kakak kelas sebelumnya. Sehingga kamu bisa bertanya kepada mereka yang sudah bekerja, apakah ada lowongan pekerjaan yang bisa kamu lamar.

2. Ikuti Acara Job Fair

Job Fair Ilustrasi situasi job fair

Job fair merupakan acara yang di dalamnya berisikan berbagai macam perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Sehingga di acara tersebut, kamu bisa melamar pekerjaan lebih dari satu perusahaan.

Bagi kamu yang ingin cepat kerja setelah lulus sekola, jangan segan mendatangi acara-acara pameran lowongan pekerjaan ini dan mendapatkan pekerjaan yang tepat.

Untuk itu, saat kamu mendatangi job fair, akan lebih baik jika kamu membawa surat lamaran pekerjaan sebanyak mungkin.

Pun demikian, tentu saja jangan semua lowongan pekerjaan yang ada itu kamu ikuti, tapi kamu harus memperhatikan lowongan pekerjaan mana yang sekiranya baik untuk kamu.

Nah, yang dimaksud baik di sini adalah pekerjaan yang bisa mengembangkan bakat kamu. Jangan hanya melihat pekerjaan dari nilai gaji yang diberikan saja, tapi juga potensi ke depannya dalam karir kamu.

Baca Juga: Cara Tepat Mengatur Keuangan Untuk yang Baru Lulus Kuliah Tapi Belum Bekerja

3. Cari Informasi Lowongan Pekerjaan yang Terpercaya di Internet

Lowongan Pekerjaan
Lowongan pekerjaan di internet

Saat ini, perkembangan teknologi yang semakin maju membuat semua informasi semakin mudah didapatkan. Kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan melalui internet.

Namun, tentu saja informasi-informasi tersebut haruslah dapat dipercaya. Mengapa? Saat ini banyak sekali penipuan-penipuan yang mengatasnamakan lowongan pekerjaan.

Bahkan kasus penipuan sudah merajalela, sehingga kamu perlu berhati-hati saat mencari informasi lowongan pekerjaan melalui internet, entah itu dari media massa, media sosial, hingga situs-situs pencari kerja.

Selain itu, jangan lupa akan tenggat waktu atau masa berlaku lowongan pekerjaan yang diberikan oleh masing-masing perusahaan. Jangan sampai kamu mengirim lamaran pekerjaan saat deadline sudah berakhir. Untuk lebih amannya, kamu bisa cek langsung di situs resmi (website) dari perusahaan tersebut.

4. Ikut Bursa Kerja Legal

Pamerann Lowongan Kerja
Ilustrasi bursa kerja

Jika tempat tinggal kamu memang cukup dekat dengan bursa kerja semisal Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Kemenakertrans), tidak ada salahnya untuk mendatangi tempat tersebut untuk mencari informasi lowongan pekerjaan.

Bursa kerja yang legal seperti ini tentunya akan lebih aman karena segala informasi terpercaya dan jelas. Sehingga kamu akan terhindar dari risiko-risiko penipuan dalam lowongan pekerjaan.

Jika kamu mencari lowongan pekerjaan di tempat-tempat yang tidak jelas, maka tentu saja bukan pekerjaan yang kamu dapatkan, tapi kamu bisa saja malah akan mendapatkan kerugian.

Baca Juga:  Cara Lulus SNMPTN Agar Bisa Kuliah di Universitas Negeri

5. Mengikuti Walk in Interview

Walk in Interview
Ilustrasi walk in interview

Apa itu walk in interview? Yakni cara di mana kamu bisa melamar pekerjaan di sebuah perusahaan dengan langsung ke tahap wawancara hari itu juga.

Misal, perusahaan A sedang akan membuka lowongan walk in interview pada 12 Maret 2018 pukul 10:00 WIB, maka kamu harus datang pada jadwal tersebut.

Jangan lupa membawa semua berkas yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan sebagai mestinya secara lengkap. Usahakan untuk tidak telat saat datang, sehingga pihak pewawancara dapat menilai kedisiplinan kamu.

Selain itu, jika kamu sampai mengalami keterlambatan, maka tentu saja kamu bisa jadi tidak diperbolehkan mengikuti wawancara ini.

Asah Keterampilan Kamu dan Dapatkan Pekerjaan

Kendati sudah menamatkan pendidikan sekalipun, kamu tetap saja juga perlu untuk selalu mengasah keterampilan dan kemampuan kamu dengan baik di suatu bidang tertentu. Bahkan untuk hal-hal yang belum pernah kamu pelajari saat masa-masa sekolah sekalipun. Sehingga dapat menjadi nilai lebih saat kamu melamar sebuah pekerjaan.

Baca Juga: Pilih Kerja atau Kuliah, Setelah Lulus SMA Mau Kemana?