Cara Kredit Mobil Bekas Tanpa Uang Muka

Mempunyai kendaraan bermotor seperti mobil pada saat ini tentu bukan termasuk barang mewah lagi. Kalau kita kembali lagi ke 10 atau 20 tahun yang lalu mempunyai mobil adalah sesuatu yang mewah, karena mobil pada saat itu bukanlah kebutuhan melainkan kemewahan untuk kalangan atas saja. Namun sejak banyaknya bermunculan perusahaan yang membiayai kredit dan saat ini telah menjamur di mana-mana, mempunyai mobil dengan sistem kredit bukan lagi sesuatu yang sulit untuk diwujudkan. Segala kemudahan syarat dan murahnya uang muka banyak diantara kita atau sebagian besar orang yang ingin mencoba untuk kredit mobil, baik itu kredit mobil baru atau pun kredit mobil bekas.

Membeli Mobil Bekas Secara Kredit Tanpa Uang Muka 

Jika Anda saat ini tidak memiliki dana tunai untuk membeli secara langsung, masih ada cara kredit atau pembayaran dengan cicilan maupun angsuran per bulan. Pembelian secara kredit ini memang telah banyak menjadi pilihan banyak orang untuk memiliki mobil. Bahkan kenyataannya yang terjadi pembelian mobil secara tunai sendiri bisa dihitung dengan jari. Saking mudahnya untuk melakukan kredit sehingga orang tidak sungkan untuk mulai beralih dan mulai memanfaatkan segala kelebihan yang ada pada kredit tersebut. Apalagi dengan mulai merebaknya program kredit mobil bekas murah tanpa memakai uang muka, dengan tujuan untuk menekan biaya yang dikeluarkan.

Didukung juga dengan semakin banyaknya peminat untuk pembelian mobil ini, maka lembaga yang menyediakan layanan ini pun telah bisa dijumpai di mana pun kita berada. Dari bank hingga leasing dapat dijadikan alternatif untuk dijadikan pilihan dalam mengajukan pembelian kredit mobil. Tapi tidak jarang juga dari sekian banyaknya pilihan tersebut, membuat kebanyakan orang bingung menentukan lembaga mana yang harus di pilih agar bisa mendapatkan kredit mobil bekas terbaik dan juga menguntungkan serta bisa memberikan kredit mobil tanpa harus disertai dengan DP atau uang muka, karena tanpa harus membayar DP, maka akan lebih meringankan beban biaya dan masih berpeluang untuk mendapatkan mobil yang kita inginkan.

Baik dari bank maupun leasing memang akan memiliki konsep dan peran yang sama untuk menyediakan dana talangan saat Anda ingin memiliki mobil, tapi di sisi lain tidak mempunyai dana yang cukup untuk membayarnya secara kontan. Bank atau leasing ini akan membayarkan dahulu sebagian dari harga mobil yang Anda inginkan, kemudian setelah itu secara berkala Anda akan membayar hutang dengan cicilan tiap bulan. Nantinya dari sisi kepemilikan mobil tetap menjadi milik Anda yang sah, tetapi biasanya surat-surat kendaraan seperti BPKB, SIM, dan yang lainnya akan dipegang terlebih dulu oleh pihak dari lembaga yang membiayai kredit tersebut.

Oleh karena  itu, sebelum Anda memutuskan ingin kredit mobil ada baiknya perhatikan beberapa tips berikut ini, agar Anda bisa mendapatkan kredit tersebut tanpa harus membayar uang muka terlebih dulu.

1. Cari Langsung Mobil di Pemakai (C2C system), Bukan Pedagang Mobil atau Showroom Mobil Bekas

Beli Langsung Dari Tangan Pertama

Beli Langsung Dari Tangan Pertama via wikihow.com

 

Untuk mendapatkan harga yang lebih murah tentunya Anda harus sedikit usaha, seperti mencari kredit tersebut jangan langsung ke pedagang mobil atau showroom mobil bekas melainkan di pemakainya. Alasannya karena biasanya pedagang akan mencari selisih dari harga beli ke harga jual, jadi pemikiran Anda pun harus seperti pedagang untuk mencari mobil bekas murah Anda harus membeli langsung pada orang yang akan menjualnya, dan usahakan tanpa ada perantara. Maka dengan begitu Anda bisa membelinya di bawah harga pasaran mobil bekas pada umumnya.

Tapi Anda juga harus melihat motif jualnya, malah terkadang ada di pemakai tapi harga jualnya masih tinggi, biasanya yang menjual seperti ini lebih kepada tidak terburu-buru alias tidak butuh uang dengan segera. Lalu bagaimana caranya supaya bisa mendapatkan mobil langsung dari pemakainya? Anda bisa memulainya dengan mencari atau menghubungi teman, orang terdekat yang ingin menjual mobilnya, juga bisa melihat iklan di media internet dan koran. Lebih dianjurkan Anda harus sering mencari informasi di media internet biasanya berita yang disuguhkannya lebih jelas dan paling penting lengkap dengan foto mobil juga deskripsi tentang mobil tersebut.

Dari iklan yang ada di internet juga Anda dapat mengetahui apakah calon penjual menjual mobilnya karena alasan ingin cepat terjual atau karena ingin ganti yang baru. Maka dengan begitu Anda akan lebih mempunyai kesempatan untuk bisa mendapatkan mobil yang Anda cari dan impikan dengan harga jauh lebih murah dari harga pasar. Tanpa harus dibebankan untuk membayar uang muka di awal, pastinya menjadi salah satu faktor mengapa Anda harus mencari mobil langsung pada penjualnya. Bukan berarti Anda tidak mempercayai lembaga resmi yang sudah banyak tersedia, tapi dengan memanfaatkan cara seperti ini akan jauh lebih efektif dalam menekan biaya pengeluaran Anda nantinya.

Baca Juga : Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Langsung dari Tangan Pertama

2. Cari Leasing Mobil Bekas Tepercaya yang Sudah Punya Nama untuk Proses Kreditnya

Leasing Terpercaya

  Leasing Terpercaya via blog.econocom.com

 

Sesudah Anda mendapatkan mobil yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah menghubungi pihak leasing mobil bekas yang sudah Anda kenal sebelumnya, dan juga usahakan perusahaan leasing itu telah mempunyai nama misalnya seperti Astra Credit Companies, OTO Multiartha, Adira Kredit Mobil, dan lain sebagainya. Apabila Anda belum mempunyai kenalan dengan orang leasing, Anda bisa menghubungi langsung kantornya agar bisa mendapatkan penawaran simulasi kredit mobil bekasnya. Karena dengan begitu Anda akan lebih memahami dan juga dibantu untuk menghitung simulasi kredit dari besaran DP dan angsuran yang terjangkau dan telah disesuaikan dengan keuangan Anda sekarang. Anda juga dapat bekerjasama dengan pihak leaqsing atau dealer terkait untuk menaikkan harga mobil. Sehingga nilai uang yang dikeluarkan leasing sudah menutupi jumlah uang muka.

Sebagai contoh, Anda membeli mobil seharga Rp100 juta. Dalam hal ini, sesuai peraturan BI, jumlah uang muka kredit mobil adalah sebesar 30%.  Jadi, uang yang akan dipinjamkan bank hanya sebesar 70% dari harga mobil atau Rp70 juta. Untuk menutupi biaya yang harus dikeluarkan untuk uang muka,mintalah dealer atau leasing untuk menaikkan harga mobil hingga Rp130-Rp140 juta, dalah hal ini jumlahnya minimal 30% di atas harga jual normal mobil. Dengan begitu bank akan menggelontorkan uang dalam jumlah yang lebih besar, bahkan menutupi harga mobil yang mau dibeli tanpa perlu mengeluarkan uang muka. Tapi ingat, risiko dari cara ini adalah cicilan bulanan yang mesti dikeluarkan menjadi lebih besar, karena nilai pinjamannya juga menjadi lebih besar.

Jangan terlalu memaksakan apabila ternyata angsuran yang dibebankan kepada Anda terlalu tinggi. Solusinya adalah menambah DP atau mencari lagi harga mobil lain yang lebih murah dari sebelumnya, ini bertujuan agar tidak memberatkan biaya pengeluaran Anda tiap bulannya, karena telah banyak terjadi, baru saja kredit mobil berjalan 3 bulan, ditarik oleh pihak leasing atau bank yang bersangkutan. Selain Anda rugi waktu juga telah menyia-nyiakan uang yang telah Anda keluarkan untuk membiayai kredit mobil tersebut. Oleh karena itu alangkah lebih baik apabila Anda bisa memperhitungkan terlebih dulu risiko yang nantinya akan timbul, agar bisa mengantisipasi segala hal buruk yang bisa saja terjadi kapanpun tanpa diduga-duga.

3. Ajukan Aplikasi kredit Mobil Bekas Setelah Anda Mendapatkan Mobilnya

Ajukan Cicilan

Ajukan Cicilan Mobil via unsecuredloansforyou.co.uk

 

Setelah Anda mendapatkan mobil dari pemakai dengan harga yang lebih murah, segera Anda ajukan kreditnya dengan melalui pihak leasing yang sedang membantu proses kredit mobil Anda tersebut. Karena pastinya akan membantu semua proses itu dengan selesai tanpa biaya apapun alias gratis.

Persyaratan Kredit Mobil Bekas adalah sebagai berikut.

  1. Fotocopy KTP Permohonan dan Pasangan
  2. Fotocoy Kartu keluarga (KK)
  3. Fotocopy Tabungan atau Rekening Koran (3 bulan terkahir)
  4. Slip Gaji atau Keterangan Penghasilan
  5. Bukti Kepemilikan Rumah (Bisa Fotocopy PBB/AJB/Sertifikat/Rekening Listrik)

Apabila semuanya telah terpenuhi, Anda bisa langsung untuk menyetujui angsuran kredit mobil bekas yang Anda inginkan dan tanpa harus membayar uang muka di awalnya. Selain dapat lebih meringankan juga Anda dapat mengalokasikan dana yang di miliki dengan semaksimal mungkin tanpa harus takut terjadi sesuatu hal untuk ke depannya.

Baca Juga : Beli Mobil Bekas? Ini Untung dan Ruginya

Rencanakan Dengan Baik Sebelum Membeli

Dengan adanya informasi seperti ini bisa menjadikan bahan pertimbangan untuk Anda yang ingin memulai kredit mobil tanpa harus membayar uang muka terlebih dulu. Disamping tidak membebankan juga Anda dapat mengatur dana yang sekarang di miliki, supaya bisa memenuhi target yang telah direncanakan sebelumnya, karena pastinya Anda juga tidak ingin jika harus menemui permasalahan yang tidak terduga terjadi di tengah-tengah proses kredit yang sedang berjalan. Alangkah lebih baiknya apabila Anda bisa memikirkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin, sehingga Anda dapat memperkirakan apa saja yang akan muncul dalam proses kredit tersebut. Anda juga bisa mulai memanfaatkan lembaga pembiayaan kredit dengan baik untuk bisa lebih membantu mempermudah proses kredit mobil yang Anda inginkan.

Baca Juga : 5 Tips Jitu Membeli Mobil Bekas Berkualitas