Tak Melulu Obat, Begini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Pijatan

Hidung tersumbat merupakan salah satu ketidaknyamanan yang kerap dirasakan oleh banyak orang. Terlebih, saat udara sedang kering atau memasuki musim flu. Hidung tersumbat juga menjadi gejala datangnya penyakit. 

Karena tak terhindarkan, hidung tersumbat membuat seseorang sulit bernapas dengan normal. Hal ini tentu mengganggu aktivitas sehari-hari. Saat beristirahat, hidung tersumbat pun kerap membandel sehingga menurunkan kualitas tidur. Apabila tidak dicegah, hidung tersumbat bisa menurunkan produktivitas. 

Perlu diketahui, hidung tersumbat tak harus selalu diredakan dengan obat. Kamu bisa mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan. Bagaimana caranya? Simak artikel berikut. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Mengapa Pijatan Dapat Mengatasi Hidung Tersumbat?

loader  

Seperti diketahui, hidung tersumbat dapat diredakan dengan obat-obatan. Akan tetapi, penggunaan obat-obatan perlu mendapatkan bimbingan lebih lanjut dari dokter. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan alternatif lain untuk mengatasi hidung tersumbat, yakni dengan pijatan. 

Pijatan pada area yang tepat dapat merangsang titik-titik yang berkaitan dengan saluran hidung dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan akibat peradangan di saluran hidung dan relaksasi ketegangan otot wajah. Dengan demikian, hidung tersumbat dapat terasa lega. 

Pijatan biasanya dilakukan di area hidung, pipi, dan dahi. Akan tetapi, terdapat area di luar wajah yang juga berhubungan dengan saluran hidung sehingga bisa menjadi titik pijat.

Baca Juga: Picu Infeksi Sinus, Kenali Penyakit Polip Hidung, Penyebab, hingga Cara Obatinya

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Pijatan

loader

Terdapat enam titik yang bisa membantu mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan. Titik tersebut meliputi wajah, leher, dada, dan tangan. Berikut adalah penjelasannya. 

1. Pangkal Hidung

Pangkal hidung merupakan titik pertama yang bisa meredakan hidung tersumbat. Caranya, tekan pangkal hidung dengan meletakkan dua jari di tulang hidung di antara sudut mata. Tekan secara kuat hingga mencapai 15 detik. 

Setelah ditekan, urutlah batang hidung secara perlahan dari atas ke bawah hingga mengenai tulang lunak hidung selama 30 detik. Terus ulang pijatan tersebut hingga dengan lembut hingga saluran hidung terasa lega

2. Pijat Tepi Lubang Hidung

Masih menggunakan dua jari, kamu bisa beralih tepi lubang hidung untuk melegakan pernafasan. Caranya, letakkanlah dua jari di setiap tepi lubang hidung. Tekan tepi lubang hidung secara perlahan selama beberapa menit. Ulangilah langkah ini hingga rongga hidung terasa lega. 

3. Pijat Dahi

Memijat dua titik pada dahi bisa membantu melegakan pernapasan. Caranya, letakkanlah jari telunjuk dan jari tengah untuk satu titik di setiap pangkal alis sehingga membentuk dua titik. Lalu, pijat lurus hingga ujung alis sampai pelipis. Saat sampai di pelipis, urutlah secara melingkar selama 30 detik.

Langkah tersebut bisa dilakukan hingga hidung terasa lega kembali. Selain membuat pernafasan lega, pijatan dahi juga bisa membantu meringankan sakit kepala akibat hidung tersumbat, lho.

4. Pijat Area Tulang Kerah

Tulang kerah adalah area di antara tulang selangka dan dada. Sesuai namanya, tulang ini mirip dengan area kerah berada ketika sedang memakai kemeja. Menekan tulang ini bisa membantu meredakan hidung tersumbat. 

Caranya, tekanlah area tulang kerah selama beberapa kali. Kemudian, pijatlah secara perlahan dengan bentuk memutar. Ulang gerakan ini hingga hidung terasa lega dari sumbatan. 

Baca Juga: Penyakit Sinusitis, Kenali Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

5. Pijat Tengkuk

Setelah bagian dada, pijatan bisa diteruskan ke bagian tengkuk atau leher bagian belakang. Adapun area yang dipijat adalah titik akupresur, yakni area bertemunya tulang tengkorang dan tulang leher yang berada di belakang kepala. Saat ditekan, area ini terasa cekung ke dalam. 

Cara memijat area ini adalah meletakkan dua ibu jari di belakang telinga, kemudian letakkan kedua jari tengah di bagian tengkuk. Tekanlah bagian tengkuk dan pijat perlahan dengan bentuk memutar. Ulangi langkah ini hingga hidung tersumbat terasa mereda. 

6. Pijat antara Ibu Jari dan Telunjuk

Setelah area kepala, area lain yang bisa dipijat saat hidung tersumbat adalah pertengahan antara ibu jari dan telunjuk. Caranya, cukup tekan bagian antara ibu jari dan telunjuk menggunakan ibu jari dari tangan lainya. 

Tekanlah area tersebut secara perlahan hingga mencapai waktu 2 menit. Lakukan juga gerakan memutar agar pijatan terasa nyaman. Perlu diketahui, pijatan ini sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena dapat merangsang kontraksi rahim. 

Salah Satu Cara Mengatasi Hidung Tersumbat adalah Dengan Pijatan

Nah, itulah penjelasan mengenai hidung tersumbat, cara pijatan merelaksasi hidung tersumbat, dan teknik pijatan yang bisa dilakukan. Lakukanlah langkah-langkah tersebut saat hidung terasa tersumbat. Meskipun demikian, apabila hidung tersumbat terjadi dalam waktu yang sering, jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter

Agar lebih nyaman, pijatan juga bisa didukung dengan tambahan cairan yang bisa merelaksasi, seperti minyak dan calir. Kamu juga bisa memijat sambil mengoleskan minyak angin untuk memaksimalkan pencegahan hidung tersumbat. 

Baca Juga: Definisi, Langkah, dan Rincian Biaya Operasi Hidung di Indonesia