Cara Menghadapi Rasa Cemas Berlebih Selama di Kantor

Pada umumnya, bekerja bukanlah hal menyenangkan karena selalu ada beban tanggung jawab yang harus dipenuhi setiap karyawan. Tuntutan serta target yang diberikan oleh atasan bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya rasa stress.

Di luar hal tersebut, stress juga bisa muncul akibat rasa cemas yang terlalu berlebihan. Padahal sebenarnya kecemasan-kecemasan yang dirasakan terkadang tidak diperlukan sama sekali. Selalu merasa cemas bisa membuat pikiran dan tenagamu lelah sehingga performa kerja menurun.

Untuk itu, Kamu harus bisa menghadapi rasa cemas berlebih tersebut agar tidak membuat pikiran maupun tubuh merasa lelah. Di bawah ini ada 4 kecemasan yang sering menghantui karyawan selama di kantor dan cara terbaik untuk menghadapinya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cemas Karena Deadline yang Ketat

loader

Rasa cemas berlebih selama berada di kantor paling sering terjadi karena deadline ketat yang memburu. Karena merasa memiliki tanggung jawab penuh terhadap suatu pekerjaan, seringkali karyawan ketakutan bahwa pekerjaan yang dilakukan tidak bisa selesai sesuai deadline yang telah ditentukan.

Bukannya mencari solusi bagaimana mengerjakan pekerjaan agar bisa selesai sesuai deadline, tak jarang yang dilakukan malah memikirkan kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

Jika hal tersebut menjadi masalahmu, yang harus Kamu lakukan adalah tenang dan memikirkan cara terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline. Cari tahu pekerjaan mana yang harus diselesaikan dan dari mana Kamu akan memulai pekerjaan tersebut. Jika merasa kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan, mintalah bantuan dari teman kerja yang dirasa siap membantu.

Jika memang pekerjaan yang Kamu kerjakan tidak bisa selesai tepat waktu, usahakan tidak berlebihan memikirkannya karena hal tersebut malah bisa membuatmu stress. Dibandingkan harus merasa cemas berlebihan, akan lebih baik bila Kamu menjadikannya sebagai pelajaran.

Tentukan deadline 1 atau 2 hari lebih awal dibandingkan deadline dari atasan pada pekerjaan selanjutnya. Jadi Kamu bisa belajar menyelesaikan pekerjaan lebih awal dibandingkan deadline.

2. Cemas Karena Takut Dibenci Teman Kerja

Teman kerja yang kooperatif merupakan salah satu alasan yang bisa membuat seorang karyawan betah bekerja di kantor. Sebaliknya, bekerja sama dengan orang yang membenci atau tidak menyukaimu akan membuatmu merasa tidak nyaman bahkan kurang berkonsentrasi selama mengerjakan pekerjaan.

Sebelum mengambil kesimpulan sendiri dan mulai merasa cemas berlebih, lebih baik Kamu mencari tahu segala kemungkinan positifnya. Perlu Kamu ketahui bahwa setiap karyawan memiliki gaya komunikasi yang berbeda-beda. Bisa saja, teman kerja yang Kamu pikir membencimu memang memiliki gaya komunikasi yang keras dan tidak suka berbasa-basi.

Meski tetap ada kemungkinan bahwa teman kerja tersebut membencimu tapi terlalu mencemaskannya tidak perlu dilakukan. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah tetap membiarkannya dan fokus saja pada pekerjaanmu. Selain itu, usahakan untuk menghindari konflik dengan teman tersebut agar kondisi kantor tetap kondusif. 

Baca Juga: Tips Jaga Kesehatan Mental Selama Masa Pandemi agar Imun Tidak Gampang Turun

3. Cemas Karena Takut Dinilai Tidak Kompeten

loader

Rasa cemas berlebihan selanjutnya biasanya terjadi pada karyawan baru yang takut dianggap tidak kompeten oleh teman kerja lainnya. Hal tersebut terbilang wajar karena karyawan baru belum memiliki posisi yang pas untuk dirinya sendiri. Namun bukan berarti Kamu bisa menjadikannya sebagai alasan untuk merasa cemas berlebihan.

Jangan sampai rasa cemas tersebut malah membuatmu tidak bisa berkembang menjadi lebih baik. Sampaikan ide menarik dengan percaya diri jika memang dirasa ide tersebut menguntungkan timmu.

Apabila idemu tidak dijadikan pertimbangan tim, jangan merasa kecewa dan cemas berlebih. Jadikan hal tersebut sebagai pengalaman untuk memberikan ide yang lebih baik di kesempatan berikutnya.

4. Cemas Karena Takut Membuat Masalah atau Kesalahan

Cemas karena takut membuat kesalahan yang menyebabkan masalah mungkin sering terjadi di dunia kerja. Hal tersebut terjadi karena karyawan merasa akan mendapatkan masalah dari atasan jika melakukan kesalahan dalam pekerjaannya.

Kunci menghindari rasa cemas karena takut membuat kesalahan yaitu dengan memahami bahwa setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan baik itu mereka yang baru di bidang tersebut atau bahkan yang sudah profesional.

Merasa cemas secara berlebihan karena takut membuat suatu kesalahan merupakan hal sia-sia. Tidak ada manusia yang sempurna tanpa kesalahan apalagi karyawan yang sudah berusaha melakukan tugasnya dengan baik. Yang bisa Kamu lakukan adalah berusaha sebaik mungkin untuk meminimalisir terjadinya kesalahan.

Misalnya saja bertanya kepada atasan detail pekerjaan yang harus diselesaikan hingga Kamu benar-benar sudah memahaminya.

Apabila memang kesalahan tidak bisa dihindari, maka usahakan untuk tidak merasa cemas secara berlebihan. Kecemasan yang Kamu rasakan tersebut terkadang membuat tidak fokus bekerja sehingga masalah yang terjadi tidak bisa terselesaikan. Hilangkan rasa cemas dan belajarlah untuk tidak melakukan kesalahan di pekerjaan selanjutnya.

Baca Juga: Gaslighting, Tanda Hubungan Tidak Sehat dan Manipulatif?

Hadapi Rasa Cemas Berlebihan Untuk Menghindari Stress

Rasa cemas berlebih akan mengakibatkan fisik dan pikiranmu semakin lelah sehingga menimbulkan stress. Kamu harus bisa menghadapinya karena sebenarnya rasa cemas, khawatir, dan takut mudah untuk dihindari. Jika perlu, carilah teman atau orang terdekat yang bisa membantumu untuk meringankan rasa cemas berlebih.

Baca Juga: Konsultasi Gratis Kesehatan Mental dengan BPJS Kesehatan, Bisa? Ini Caranya