4 Cara Cerdas Menghemat Biaya Resepsi Pernikahan

Pernikahan yang indah dan berkesan selalu menjadi impian banyak orang. Bagaimana tidak, ini adalah momen sekali seumur hidup dan tentunya ingin dikenang sebagai sesuatu yang sangat istimewa. 

Sebagai orang yang sedang berbahagia, kamu tentu ingin membagikan kebahagiaan kepada orang-orang terdekat melalui sebuah resepsi pernikahan yang hangat. Untuk mewujudkan sebuah pesta pernikahan tentunya kamu akan membutuhkan dana yang cukup besar. 

Biaya resepsi bisa saja membuat kamu dan pasangan harus menabung selama bertahun-tahun. Kondisi seperti ini pada umumnya dialami oleh banyak pasangan, di mana resepsi pernikahan mereka menelan biaya yang terbilang besar. Namun jika kamu dan pasangan sepakat, maka tidak ada salahnya menghemat biaya resepsi ini sejak awal. 

Hal ini penting, sebab kamu juga kelak masih akan memiliki banyak kebutuhan setelah pernikahan, bukan? 

Bingung cari pinjaman yang tepat? Cermati solusinya!

Bandingkan Pinjaman Kilat Terbaik Sekarang!  

Pangkas Biaya yang Tidak Begitu Penting

loader

Membuat resepsi pernikahan yang istimewa dan hemat biaya memerlukan merencanakan segala sesuatunya dengan baik. Jangan sampai penghematan yang dilakukan, justru membuat resepsi pernikahan tidak berjalan dengan lancar. 

Pangkas biaya untuk berbagai hal yang tidak membawa banyak dampak, namun bisa menekan biaya dalam jumlah yang lumayan. Cek kembali rencana pengeluaran dan lakukan penghematan pada pos yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghemat biaya resepsi pernikahan:

1. Kirimkan Undangan Online

Undangan menjadi salah satu pengeluaran yang cukup besar di dalam pernikahan. Hal ini tentu wajar, apalagi jika akan mengundang cukup banyak orang ke acara tersebut. Selain harganya yang cukup mahal, biaya kirim untuk setiap undangan ini juga tidak bisa dianggap enteng. Bayangkan saja, berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk mengirimkan 100 hingga 200 undangan.

Jika ingin menghemat biaya, maka gunakan undangan online saja di untuk resepsi pernikahan. Kamu bisa membuat desain yang menarik, sehingga undangan ini tetap unik. 

Undangan online ini bisa dikirimkan untuk para sahabat dan juga keluarga. Sedangkan untuk kolega atau orang-orang yang dituakan, maka bisa mencetak beberapa undangan dan mengirimkannya dalam bentuk manual. 

Baca Juga:  Jadi Lebih Hemat, Ini 10 Situs Membuat Undangan Pernikahan Gratis

2. Hemat Biaya Souvenir

Setelah undangan, souvenir juga menjadi pengeluaran lainnya yang cukup besar di dalam pernikahan. Beberapa souvenir pernikahan bahkan bisa saja cukup mahal, apalagi jika menginginkan yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Namun jika sedikit kreatif, maka bisa saja membuat souvenir pernikahan yang menarik. 

Mintalah bantuan kepada teman atau bahkan keluarga untuk membantumu menyiapkan souvenir ini. Kamu bisa membuat beberapa kerajinan tangan yang unik dan tidak biasa bersama mereka. 

Saat membuat souvenir sendiri seperti ini, kamu bahkan akan sangat bebas berkreasi dan membuat souvenir ini benar-benar unik dan khusus untuk pernikahanmu saja. Ini bisa saja akan jadi souvenir pernikahan yang sangat istimewa bagi setiap tamu nantinya. 

3. Menyewa Baju Pernikahan

Biaya untuk baju pernikahan juga akan terbilang sangat besar, apalagi jika harus menggunakan lebih dari satu baju. Sementara di lain sisi, baju pernikahan ini tentu hanya akan dipakai satu atau bahkan beberapa kali saja. Tak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk membuat baju pernikahan, bisa meminjamnya saja. 

Jika kamu dan pasangan meminjam baju pernikahan, maka bisa menghemat banyak sekali uang. Di luar sana, ada banyak tempat penyewaan baju pernikahan yang bisa ditemukan dengan mudah. Luangkan waktumu dan pasangan untuk mencari dan menemukan baju yang tepat, agar penampilan tetap maksimal di hari pernikahan nanti. 

Baca Juga:  Jangan Bingung, Ini Susunan Acara Lamaran Pernikahan

4. Seragam Keluarga Tanpa Biaya

Tentu sudah bukan hal yang aneh, jika dalam pernikahan keluarga akan menggunakan seragam. Selain memberi kesan yang hangat, seragam seperti ini tentu akan membuat penampilan seluruh keluarga di resepsi pernikahan menjadi lebih menarik. Namun membuat seragam keluarga seperti ini akan menghabiskan dana yang besar, apalagi jika kamu dan pasangan memiliki keluarga besar. 

Jika ingin menghemat biaya, maka tidak perlu membuat seragam keluarga di acara pernikahanmu. Mintalah seluruh anggota keluarga untuk memakai pakaian dengan warna senada, agar tetap terlihat kompak. Pemilihan warna yang seperti ini akan tetap membuat pernikahan seperti menggunakan seragam keluarga. 

Rencanakan dan Lakukan Penghematan pada Pos yang Tepat

Membuat resepsi pernikahan yang berkesan dan hemat bukanlah sesuatu yang tidak mungkin dilakukan. Kamu dan pasangan bisa menekan berbagai biaya yang tidak penting, agar pengeluaran tidak begitu besar. 

Rencanakan dan lakukan penghematan ini pada pos pengeluaran yang tepat, agar resepsi pernikahan tetap berjalan lancar dan berkesan untuk semua orang.

Baca Juga: Nikah Yuk! Ini 11 Rincian Biaya Nikah yang Perlu Disiapkan Milenial