Cara Menguatkan Sinyal WiFi yang Bisa Kamu Coba Sekarang

“Mas, password WiFi di sini apa ya?” Tanya seorang konsumen pada pelayan kafe yang menyediakan layanan WiFi gratis. Ya, koneksi internet pada jaringan WiFi saat ini sudah menjadi kebutuhan vital bagi masyarakat. Semua kalangan, baik orangtua, remaja, sampai anak-anak menggunakannya.

Di kota-kota besar, jaringan WiFi sudah tersedia di mana-mana, seperti gedung-gedung perkantoran, kantor pemerintahan, perbankan, sekolah untuk mendukung aktivitas belajar mengajar, sampai di rumah pun, kamu bisa memasang WiFi. Sebagian besar orang akan lebih senang menggunakan WiFi dibanding berselancar di dunia maya lewat kabel.

Meski lebih efektif dan efisien, sinyal WiFi bisa saja turun naik, bahkan melemah tinggal satu bar. Koneksi internet jadi lemot, padahal lagi enak-enaknya internetan di rumah. Pasti pernah dong mengalami hal tersebut?

Jangan khawatir, kini ada beberapa cara menguatkan sinyal WiFi di rumah, di perusahaan, maupun di restoran atau kafe kamu, antara lain:

Baca Juga: Dear Millenial, Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Gonta Ganti Ponsel

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Ubah Posisi Router WiFi

Ubah Posisi Router WiFi
Ubah Posisi Router WiFi

Jika kamu menggunakan modem router WiFi di rumah, dan ternyata menemui kendala sinyal jelek, cobalah untuk mengubah posisi router. Karena bisa saja kamu salah meletakkan posisi router sehingga malah memperlambat kinerja modem tersebut. Pindahkan router ke tempat yang lebih terbuka merupakan cara untuk memperkuat sinyal WiFi.

Kamu dapat meletakkan router pada meja, di dinding, atau di langit-langit rumah. Kalau cara terbaiknya ditaruh di ruang tengah rumah. Jika itu belum berhasil, cara ampuh lainnya untuk memperkuat sinyal WiFi, coba posisikan antena router tegak lurus.

2. Pakai Router Teknologi Teranyar

Tips lain untuk memperkuat sinyal WiFi dengan cepat adalah mengganti modem router lama ke teknologi terbaru. Saat ini, banyak dijual perangkat router versi teranyar yang lebih canggih. Teknologi router paling gress bisa dilihat bahwa setiap wireless memiliki masing-masing tipe, seperti tipe A, B, G, dan N, serta AC. A/B/G/N/AC. Tipe-tipe ini menerangkan generasi dari masing-masing perangkat WiFi.

 

3. Jauhkan Perangkat Lain

Jika sinyal WiFi di rumah kamu lemah, coba cek apakah ada perangkat lain yang dapat mempengaruhi hal tersebut. Contohnya saja peralatan elektronik seperti microwave, telepon wireless, dan sebagainya karena perangkat itu berada pada saluran yang sama dengan modem router. Solusi memperkuat sinyal WiFi, jauhi peralatan itu dari router kamu atau menggunakan peralatan elektronik dengan saluran yang berbeda.

4. Lindungi WiFi Dengan Ganti Password

Kalau sinyal WiFi kamu masih buruk juga, mungkin ada hal lain yang mengganggu, seperti ada orang yang “menyusup” ingin menggunakan sinyal WiFi kamu. Nah kamu bisa menyembunyikannya dari orang lain dengan mengganti username dan password yang sulit ditebak, atau mengganti SSID.

5. Pakai Aplikasi yang Tepat

Pakai Aplikasi yang Tepat
Pakai Aplikasi yang Tepat

Terkadang tanpa disadari, kamu dan tetangga kamu bisa saja menggunakan kanal router yang sama sehingga mengakibatkan performa router turun. Solusinya dengan memanfaatkan aplikasi yang banyak tersedia di Appstore maupun Google Play Store.

Berikut ini beberapa aplikasi penguat sinyal WiFi yang bisa kamu unduh di ponsel Android, antara lain:

Baca Juga: Rekening Ponsel, Mudahnya Bertransaksi Dalam Satu Genggaman Tangan

  • WiFi Manager

Kostya Vasilyev asal Rusia berhasil mengembangkan aplikasi WiFi Manager untuk memperkuat sinyal WiFi. Aplikasi ini terbilang laris manis karena sudah diunduh 10 juta pengguna. Kalau kamu mengunduhnya di Google Play Store, hanya akan memakan kapasitas memori di ponsel 2,2 MB.

  • WiFi Signal Booster + Extender

Aplikasi WiFi Signal Booster + Extender penguat sinyal WiFi yang dapat membantu kamu lebih cepat berselancar di dunia maya, serta memberi kamu informasi jaringan WiFi mana saja yang sinyalnya kuat dan lemah sehingga dapat kamu pilih untuk internetan. Sebanyak 100 ribu orang telah mengunduh aplikasi gratisan ini dengan kapasitas 2,6 MB saja.

  • WiFi Master Key

Aplikasi WiFi Master Key dikembangkan LinkSure Network yang bermarkas di Singapura. Dengan 10 juta pengunduh, kamu dapat memperkuat sinyal WiFi, plus mengetahui kecepatan jaringan WiFi saat itu. Kalau sinyal terdeteksi 100%, artinya sinyal WiFi kamu bagus tuh. Oh ya, aplikasi ini dapat diunduh dengan kapasitas 8,7 MB.

  • WiFi Doctor-Speef & Fast

Selain sebagai penguat sinyal WiFi kamu, aplikasi ini layaknya ‘dokter’ dapat mengecek jaringan WiFi apa saja yang terhubung dengan ponsel kamu. Apakah aman atau tidak. Aplikasi WiFi Doctor-Speef & Fast bisa kamu unduh dengan kapasitas 5,5 MB.

  • Network Master-Speed Test

Aplikasi penguat sinyal lainnya, adalah Network Master-Speed Test yang mampu menguji kecepatan WiFi. Cuma menghabiskan memori 5,1 MB, kamu bisa mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi bersamaan dengan kamu.  

Pacu Semangat dengan Koneksi Internet Cepat

Penggunaan internet sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat di seluruh dunia. Oleh karenanya, jangan sampai persoalan internet lemot, sinyal WiFi lemah mengganggu aktivitas kamu saat belajar maupun berbisnis. Pertahankan kecepatan koneksi internet kamu dengan jaringan WiFi yang mumpuni. Selamat mencoba.

Baca Juga: 10 Handphone Termahal di Dunia, Tertarik Memilikinya?