Cara Pesan Makanan Lewat Grab Food

Layanan antar makanan, saat ini telah banyak dihadirkan oleh moda transportasi online. Tak mau ketinggalan, Grab pun menyediakan layanan dengan nama GrabFood. Nah, Cermati.com akan mengupas tuntas banyak hal tentang GrabFood, mulai dari kelebihannya, fitur menarik hingga cara pemesanannya. Yuk, simak ulasannya berikut ini:

Apa Itu GrabFood?

grab food
Grab Food via grab.com

 

GrabFood adalah layanan pesan antar makanan yang dapat Anda akses dengan menggunakan aplikasi Grab. GrabFood ini dijalankan oleh driver yang telah berafiliasi dengan layanan Grab Bike. Banyaknya jumlah driver GrabBike membuat layanan GrabFood pun semakin cepat.

Informasi yang disediakan oleh GrabFood pun terbilang cukup lengkap yakni, mulai dari kuliner atau restoran terdekat, harga makanan, jarak tempuh hingga promo-promo menarik. Dengan begitu, pemesanan dan delivery makanan bisa diproses dengan cepat.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Kelebihan GrabFood

Kelebihan dari layanan GrabFood yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Praktis

Seperti layanan berbasis daring lainnya, layanan GrabFood terbilang cukup praktis lantaran Anda tak perlu menelpon customer service sebuah restoran yang dituju untuk mengorder makanan. Cukup dengan membuka aplikasi Grab, Anda sudah dapat mengorder makanan yang diinginkan.

2. Cepat

Dengan banyaknya jumlah driver dari layanan GrabBike yang dijadikan sebagai operator layanan GrabFood membuat transaksi pemesanan makanan via layanan GrabFood cukup cepat. Selain itu dengan menggunakan armada berupa motor tentunya pesanan Anda semakin cepat sampai, tanpa takut terkendala macet terutamanya di kota-kota besar seperti di Jakarta.

3. Mudah

Hanya dengan menggunakan smarthphone Anda tak perlu repot-repot datang ke lokasi untuk membeli makanan favorit Anda. Selain itu, Anda bisa lebih hemat ongkos lantaran hanya membayar delivery charge saja. GrabFood menawarkan berbagai kemudahan bagi setiap user nya untuk memilih makanan sesuai selera tentunya dengan pilihan restoran terdekat di sekitar Anda.

4. Lengkap

Jangan khawatir, menu yang ditampilkan setiap merchant yang bekerja sama tentu terbilang lengkap. Mulai dari dessert, makanan berat seperti ayam penyet, hingga berbagai pilihan minuman yang menggugah selera.

5. Delivery Charge Terjangkau

Layanan GrabFood cenderung menawarkan delivery charge yang relatif lebih murah. Delivery charge yang dikenakan oleh GrabFood adalah mulai dari Rp 4.000 saja tergantung dari jauh dekatnya jarak tempuh restoran ke lokasi Anda. Hal ini cukup menarik untuk Anda yang sedang mencari makanan dengan biaya antar yang murah.

6. Promo Menarik

Diskon yang diberikan oleh layanan GrabFood cukup menarik banyak pengguna. Contohnya discount harga makanan yang bisa mencapai 50%, gratis biaya kirim, dan masih banyak lagi. Promo-promo yang diberlakukan GrabFood ini pun selalu berubah-berubah mengikuti kerja sama dengan merchant.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai promo menarik yang dapat Anda nikmati dalam layanan GrabFood, cukup buka aplikasi Grab, dan masuk kedalam menu layanan GrabFood. Promo terupdate akan selalu muncul dalam menu slide.

Kekurangan GrabFood

1. Belum Banyak Merchant yang Bekerjasama

Keberadaan GrabFood memang belum lama muncul. Hal inilah yang menyebabkan jumlah merchant yang bekerja sama dengan GrabFood belum banyak. Sering kali ini membuat user cukup kesulitan, lantaran restoran yang hendak dituju bisa jadi belum ada di layanan GrabFood.

2. Promo yang Ditawarkan Belum Banyak

Baru munculnya layanan GrabFood membuat promo yang ditawarkan belum banyak, seperti promo pembayaran cashless membuat delivery charge menjadi gratis dan sebagainya.

Tak hanya promo pembayaran cashless saja, kerjasama berupa discount merchant pun terbilang masih kurang banyak. Meskipun ada, merchant tersebut adalah merchant yang belum terlalu dikenal masyarakat.

Fitur GrabFood

Tak lengkap rasanya jika hanya membahas mengenai apa itu GrabFood, serta kelebihan dan kekurangannya tanpa mengenal fitur yang terdapat dalam layanan pesan antar makanan besutan Grab ini. Berikut ini adalah fitur yang terdapat pada layanan GrabFood yang perlu Anda ketahui:

1. Slide Promo GrabFood

Fitur pertama yang dapat Anda perhatikan saat memasuki layanan GrabFood adalah adanya fitur berupa slide promo. Slide promo ini berisi merchant apa saja yang bekerja sama dengan GrabFood dalam menyediakan layanan pesan antar makanan.

Side promo ini akan secara otomatis bergeser sejumlah merchant yang masuk dalam list promo. Untuk Anda yang penasaran dengan promo tersebut pun bisa secara langsung klik slide tersebut untuk membeli makanan yang disediakan oleh merchant.

2. Rekomendasi Makanan

Rekomendasi makanan ini secara otomatis akan dimunculkan oleh sistem aplikasi GrabFood. Fitur ini memuat sejumlah rekomendasi tempat makanan yang dapat Anda beli lebih cepat. Jadi, Anda tak perlu mencari restoran-restoran untuk sekedar menikmati makan siang.

Rekomendasi makanan ini biasanya didasarkan pada seberapa banyak user yang telah mengorder di restoran tersebut, selain itu pertimbangan lain adalah tingkat pengenalan masyarakat terhadap restoran tersebut. Oleh karenanya tak jarang restaurant-restaurant ternama lah yang justru muncul dalam barisan rekomendasi makanan.

3. Nearby Merchant

Canggihnya sistem GPS yang dipergunakan aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi merchant terdekat dengan masuk kedalam menu Nearby Merchant. Fitur ini pun menginformasikan seberapa jauh jarak antara merchant dengan posisi Anda saat itu serta Estimated Time Arrival apabila Anda melakukan pemesanan dengan menggunakan layanan GrabFood.

Metode Pembayaran GrabFood

Melengkapi layanan GrabFood, terdapat beberapa metode pembayaran yang dapat Anda gunakan, di antaranya:

1. Cash

cash
Cash

 

Sama seperti layanan lainnya yang ada dalam aplikasi Grab, Anda pun dapat membayar ongkos dengan menggunakan cash atau uang tunai. Tak perlu repot-repot untuk mengisi ulang, namun yang perlu Anda ketahui adalah dengan menggunakan uang tunai, Anda tidak dapat menikmati promo yang diberlakukan untuk user dengan metode pembayaran cashless Ovo.

2. Ovo

ovo
Ovo via youtube.com

Beberapa bulan belakangan ini, Grab secara resmi bekerja sama dengan Ovo untuk menyediakan layanan pembayaran cashless. Pembayaran cashless ini pun cukup menarik lantaran dapat memberikan harga spesial berupa potongan tarif hingga promo-promo lainnya.

Cara To Up Ovo

Tak lengkap jika hanya membahas promo yang diberikan aplikasi Grab jika Anda melakukan pembayaran dengan menggunakan Ovo. Buat Anda yang masih bingung menyoal bagaimana cara isi ulang Ovo, bisa perhatikan dan praktikan berikut ini :

1. ATM & Internet Banking

  • Masuklah ke aplikasi Grab, kemudian klik tombol Top Up dengan gambar dompet pada menu Ovo Balance.
  • Pilih lah metode isi ulang Ovo Anda, misal disini Anda menggunakan ATM & Internet Banking.
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk memilih bank yang telah bekerja sama dengan Grab untuk melakukan isi ulang Ovo.
  • Masukan  kartu debit kedalam mesin ATM, kemudian input PIN ATM Anda.
  • Pilih “Transaksi Lainnya”, dan pilih menu transfer , dilanjutkan dengan memilih BCA Virtual Account.
  • Masuk kan lah kode Virtual Account Grab, yakni 39081 diikuti dengan nomor handphone yang Anda gunakan dalam aplikasi Grab. Masuk kan lah jumlah nominal yang akan Anda masukkan dalam saldo Ovo.
  • Minimum top up Ovo dengan menggunakan metode top up via ATM atau Internet banking adalah sebesar Rp 15.000.
  • Kemudian setujui perintah yang muncul dalam layar ATM. Lalu Anda  pun akan menerima status transaksi Top Up Ovo.

2. Minimarket

Untuk saat ini minimarket yang bekerja sama untuk top up saldo Ovo Grab adalah Alfamart. Berikut ini adalah cara untuk Anda yang hendak melakukan isi ulang saldo Ovo melalui Alfamart :

  • Datanglah ke Alfamart terdekat
  • Infokan kepada petugas bahwa Anda akan melakukan pengisian saldo Ovo
  • Informasikan juga jumlah nominal top up Ovo kepada kasir Alfamart.
  • Kemudian lakukan pembayaran dengan menggunakan cash.
  • Selanjutnya informasikan pada kasir nomor handphone yang Anda gunakan dalam aplikasi Grab.
  • Simpan lah struk pembayaran sebagai bukti transaksi.  

3. Debit Card Online

Saat ini ada banyak sekali kartu debit yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi online. Layanan isi ulang atau top up saldo Ovo Anda pun dapat dilakukan dengan menggunakan debit card online.

  • Masuklah ke menu top up saldo Ovo.
  • Kemudian pilih metode top up menggunakan Debit Card & Wallets
  • Pilih nominal saldo yang hendak Anda masukkan dalam saldo Ovo, atau dapat pula dengan memasukkan nominal secara manual pada kolom “Enter a value
  • Selanjutnya, pilih metode pembayaran isi ulang saldo Ovo Anda. Terdapat dua jenis debit online yang dapat Anda gunakan, yakni Visa Debit Card, dan MasterCard Debit Card.
  • Setelah jumlah nominal dan jenis kartu sesuai, akhiri transaksi dengan menekan tombol “Submit”.  

4. Via Driver

Untuk metode isi ulang satu ini, Anda hanya dapat menggunakan cash sebagai metode pembayarannya. Berikut ini adalah cara untuk top up saldo Ovo melalui driver :

  • Pesanlah layanan GrabCar atau GrabBike.
  • Informasikan pada pihak driver, apakah dapat melakukan isi ulang saldo Ovo atau tidak.
  • Masukkan jumlah top up saldo yang Anda kehendaki, dan tunggu lah hingga driver sampai di titik penjemputan.
  • Klik tombol “Top Up Now” dan lakukan pembayaran kepada driver dengan menggunakan cash.
  • Saldo Ovo Anda pun akan segera bertambah.

Cara Memesan Makanan dengan GrabFood

pesan makanan
Cara memesan makanan dengan GrabFood via grab.com

Yang terakhir, yang perlu Anda ketahui dari penggunaan GrabFood adalah cara memesan makanan dengan layanan ini. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Masuklah ke aplikasi Grab kemudian pilih layanan Food dengan icon berupa makanan.
  2. Masukkan alamat pengantaran makanan yang hendak Anda order dengan menggunakan layanan GrabFood.
  3. Selanjutnya pilih lah restoran yang makanannya yang akan diorder. Setelah masuk dalam halaman menu makanan, tentukan makanannya, kemudian klik tombol “+” untuk menambahkan menu tersebut ke dalam chart.
  4. Untuk melanjutkan order makanan, tekan tombol hijau bertuliskan “View Basket”. Jangan lupa untuk periksa kembali alamat pengantaran makanan yang Anda order dan detail makanan.
  5. Untuk merubah metode pembayaran tekan tombol simbol uang di sebelah kiri bawah di atas tombol “Place Order”. Kemudian jika Anda memiliki promo, masukkan kode dalam kolom “Promo”.
  6. Jika memiliki catatan untuk driver seperti detail alamat pengiriman dan lain sebagainya, Anda dapat menekan tombol “Option” dan masukan catatan dalam kolom “Note To Driver”, kemudian tekan “Confirm” untuk melanjutkan pesanan Anda.
  7. Jika semua sudah sesuai dengan keinginan Anda, tekan tombol “Place Order”. Sistem GrabFood pun akan segera mencari driver di sekitar merchant untuk membelikan makanan yang Anda order. Cukup tunggu di rumah dan tak menunggu lama, makanan datang dan siap dinikmati.

Jadi Lebih Mudah dan Hemat

Demikianlah beberapa hal tentang GrabFood yang perlu Anda ketahui. Tak perlu repot-repot mengeluarkan kendaraan, bermacet-macetan, mengeluarkan ongkos kendaraan mahal untuk dapat menikmati kuliner favorit Anda, cukup duduk manis di rumah atau dan makanan Anda akan segera diantarkan.