Ini 12 Anime Terbaik dari CloveWorks, Salah Satunya Ada Spy x Family!

Sebelum menjadi CloverWorks, nama awal dari studio animasi yang berdiri pada 2018 lalu ini adalah Kouenji Studio dan merupakan anak perusahaan dari A-1 Pictures yang dimiliki Aniplex. Salah satu karya dari CloverWorks  yang populer pada tahun belakangan ini adalah Spy x Family hingga terdapat season kedua dan ketiganya.

Namun pada Oktober 2018, CloverWorks memutuskan untuk berpisah dari A-1 Pictures, tetapi masih bernaung di perusahaan induk Aniplex. Setelah berdiri sendiri tersebut, studio animasi ini juga melahirkan puluhan anime lainnya, seperti Slow Start, Darling in the Franxx, hingga The Promised Neverland.

Berikut ini adalah daftar anime terbaik produksi CloverWorks yang telah dirangkum dari berbagai macam sumber berdasarkan urutan tahun penayangannya:

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

1. Darling In The FranXX (2018)

loader

Darling In The Franxx via Amazon.com

Anime terbaik pertama yang diproduksi oleh CloverWorks dengan bekerja sama Trigger Studio adalah Darling In The FranXX yang mengandung unsur robot mecha raksasa di dalam ceritanya. Berlatar masa depan yang jauh, umat manusia hampir punah oleh binatang buas raksasa yang dikenal sebagai Klaxosaurus, dan akhirnya membuat manusia yang masih hidup terpaksa harus menjalani hidup dengan berlindung di kota benteng besar. 

Di tengah situasi tersebut, terdapat anak-anak yang dilatih untuk mengemudikan robot raksasa bernama FranXX yang merupakan satu-satu senjata untuk melawan Klaxosaurus itu. Jadi bagaimana apakah kalian tertarik menontonnya?

2. Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai (2018)

loader

Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai via animetide.com

Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai merupakan salah satu anime terbaik yang diproduksi oleh CloverWorks berdasarkan adaptasi dari seri novel karya Hajime Kamoshida dan Keji Mizoguchi. Anime ini mengisahkan tentang kehidupan siswa sekolah menengah bernama Sakuta Azusagawa yang berubah menjadi tak terduga setelah bertemu dengan aktris remaja Mai Sakurajima yang berpakaian seperti gadis kelinci.

Ketika tengah berkeliaran di perpustakaan, Mai tertarik dengan Sakuta karena ia adalah satu-satunya yang dapat melihatnya, dan orang lain tidak dapat. Rupanya, Mai merupakan salah satu korban dari Adolescence Syndrom yang mana merupakan gejala supernatural terkait ketenaran dan identitas diri, dan hal itu membuat Sakuta ingin membantu Mai melalui masalah serta kesulitannya.

3. Fairy Tail: Final Series (2018)

loader

Fairy Tale via anime-planet.com

Dalam musim terakhir ini, CloverWorks menyuguhkan cerita mengenai kelanjutan kisah perjalanan Natsu Dragneel setelah Fairy Tail dibubarkan, dan membuat para anggotanya tersebar jauh ke seluruh Flore. Kendati demikian, Natsu rupanya tidak menyerah untuk menyatukan kembali guild yang pernah ia sebut sebagai rumah.

Tidak sendiri, Natsu dibantu oleh rekan-rekannya, yakni Happy dan Lucy Heartfilia untuk tetap menjaga Fairy Tail dan semangatnya untuk tetap bertahan hidup ketika mereka harus menghadapi berbagai masalah invasi Flore oleh pasukan Kekaisaran Alvarez. Lantas bagaimanakah akhir dari kisah Natsu dan teman-temannya dalam bagian akhir ini?

4. Persona 5 (2018)

loader

Persona 5 via eurogamer.net

Serial televisi anime yang diadaptasi dari sebuah video game oleh Perusahaan Atlus dan diproduksi oleh CloverWorks ini disutradarai oleh Masashi Ishihama. Persona 5 mengangkat kisah seorang siswa pindahan baru di Akademi Shujin bernama Ren Amamiya, dan tinggal bersama dengan keluarga temannya, yakni Sojiro Sakura.

Ren dipindahkan ke Tokyo setelah difitnah dan menjalani masa percobaan karena membela seorang wanita dari pelecehan seksual. Ketika masuk ke sekolah baru, Ren mendapati aplikasi aneh yang muncul di ponselnya dan dapat memindahkannya ke dunia yang disebut sebagai Metaverse.

Baca Juga: 10 Pilihan Anime Seru yang Diadaptasi dari Manhwa

5. The Promised Neverland (2019)

loader

The Promised Neverland via hotstar.com

The Promised Neverland bisa dibilang tidak kalah populer dari Spy x Family yang mana sama-sama diproduksi oleh CloverWorks. Anime ini diadaptasikan dari serial manga karya Kaiu Shirao dan Posuka Demizu dengan mengangkat kisah sekelompok anak yatim piatu yang berencana melarikan diri dari panti asuhan.

Hal tersebut ingin dilakukan oleh sekelompok anak itu setelah mengetahui kebenaran kelam di balik keberadaan mereka, serta tujuan dari panti asuhan. Sajian cerita serta visual yang disajikan berhasil mengantarkan The Promised Neverland sebagai salah satu serial anime terbaik pada tahun tayang 2010-an.

6. Fate/Grand Order – Absolute Demonic Front: Babylonia (2019)

loader

Fate Grand Order Absolute Demonic Front Babylonia via amazon.com

Jika kamu menyukai anime dengan genre action dan fantasy, mungkin salah satu anime terbaik yang diproduksi oleh CloverWorks ini bisa menjadi rekomendasinya. Ya, Fate/Grand Order – Absolute Demonic Front: Babylonia mengisahkan tentang sebuah organisasi penyihir bernama Chaldea yang memiliki misi untuk melestarikan masa depan umat manusia.

Untuk menjalankan misi tersebut, maka dimulailah operasi Singularitas dalam sejarah yang disebabkan oleh Cawan Suci yang tersebar dan disebut sebagai Operasi Grand Order. Kemudian, seorang pemuda bernama Ritsuka Fujimaru dan Mash Kyrielight direkrut guna melakukan perjalanan dan menyelesaikan misi itu.

7. The Millionaire Detective – Balance: Unlimited (2020)

loader

The Millionaire Detective via crunchyroll.com

Sesuai judulnya, anime ini mengisahkan tentang seorang detektif bernama Daisuka Kambe yang memiliki kekayaan pribadi luar biasa. Ia pun ditugaskan untuk bekerja di Markas Besar Pencegahan Kejahatan Modern, dan kerap menggunakan uangnya untuk melakukan suap dalam memecahkan suatu kasus atau investigasi.

Namun pada kemudian hari, Daisuke harus bekerjasama dengan seorang  detektif muda bernama Haru Katou yang tidak suka dengan sifatnya dengan kerap memberikan uang untuk menyelesaikan masalah. Lantas bagaimana kah kelanjutan dari Kerjasama kedua orang tersebut dalam menjalankan tugas mereka? 

8. Wonder Egg Priority (2021)

loader

Wonder Egg Priority via wherever-i-look.com

Anime yang diproduksi CloverWorks dengan Aniplex dan disutradarai oleh Shinji Nojima ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Ai Ohto yang berhenti sekolah dan mengurung diri pasca salah satu temannya, yakni Kaito Nagase bunuh diri. Cerita berlanjut, ketika dirinya dipandu suara misterius ke sebuah arcade yang sepi dan menemukan mesin yang mengeluarkan telur ajaib.

Setelah itu, Ai Ohto pun ditarik ke dalam dunia mimpi dimana telur ajaib tersebut terbuka dan mengungkap seorang gadis yang harus dilindunginya dari gerombolan monster ‘Seeno Evils’. Oleh karena itu, ia pun memutuskan untuk terus membeli telur ajaib itu guna melindungi para penghuninya.

9. Horimiya (2021)

loader

Horimiya via netflix.com

Dengan diadaptasi dari sebuah serial manga, CloverWorks menyuguhkan anime ini dengan cerita yang ringan dengan genre komedi romantis. Horimiya berfokus pada cerita seorang siswa sekolah menengah bernama Kyouko Hori yang cerdas serta populer, dan jauh berbeda jika dibandingkan dengan teman sekelasnya, Izumi Miyamura.

Pasalnya, Izumi Miyamura merupakan sosok anak laki-laki berkacamata yang murung dan tampak seperti kutu buku. Namun suatu ketika, Hori dan Miyamura saling mengetahui identitas rahasia satu sama lain, dan akhirnya saling berjanji untuk saling merahasiakan identitas mereka dari teman-teman sekolahnya.

Baca Juga: Rekomendasi Film Live Action Adaptasi Anime dan Game Terbaik

10. My Dress Up Darling (2022)

loader

My Dress Up Darling via medium.com

My Dress Up Darling diadaptasi oleh serial manga yang cukup populer dan bahkan beredar sebanyak 9,3 juta eksemplar yang diproduksi oleh CloverWorks menjadi serial televisi anime dengan jumlah 12 episode. Anime ini mengisahkan tentang seorang siswa bernama Wakana Gojuou yang memiliki bakat untuk membuat berbagai macam kostum pada bonekanya.

Kendati demikian, Gojou berusaha untuk merahasiakan kemampuan yang dijadikannya hobi tersebut dari teman-teman sekolahnya karena takut menjadi bahan ejekan. Namun, pandangan berbeda justru diutarakan oleh seorang gadis bernama Marin Kitagawa yang memuji kehebatan Gojou dalam hal menjahit serta memintanya untuk membuat cosplay.

11. SPY x Family (2022)

loader

Spy x Family via viva.co.id

Serial televisi anime yang diproduksi oleh CloverWorks bersama Wit Studio tidak perlu diragukan lagi popularitasnya. Ya, Spy x Family ini mengikuti cerita tentang seorang mata-mata bernama Loid Forger yang harus membangun sebuah keluarga untuk menjalankan misinya, dan akirnya membuat dirinya mengadopsi anak bernama Anya.

Kendati demikian, keluarga buatan Loid Forger tersebut cukup unik karena seorang putri yang diadopsinya memiliki kemampuan telepati, dan seorang wanita bernama Yor Briar yang dijadikannya sebagai seorang istri rupanya adalah pembunuh. Spy x Family ini ditayangkan menjadi dua season atau musim dan film animasinya akan dirilis pada Desember 2023 mendatang.

12. Bochi the Rock! (2022)

loader

Bocchi the Rock! via animecorner.com

Bochi the Rock! merupakan serial televisi anime yang diadaptasi oleh manga karya Aki Hamaji yang ditayangkan dari Oktober hingga Desember 2022. Anime ini mengisahkan tentang seorang bernama Hitori Goto yang sangat cemas dan canggung secara sosial dan ingin menjadi Musisi rock, ia pun berusaha keras untuk mewujudkan keinginannya tersebut.

Pada suatu hari, ia tiba-tiba diberi kesempatan untuk melakukannya setelah dirinya diterima oleh Nijika Ijichi untuk menjadi anggota Kessoku Band yang baru dibentuk. Bochi the Rock! ini pun mendapatkan banyak pujian dikarenakan penulisan, cerita komedi, karakter dan penggambaran terhadap kecemasan sosial.

Selain Spy x Family, Anime CloverWorks Mana Saja yang Sudah Kalian Tonton?

Spy x Family memang menjadi salah satu anime produksi CloverWorks yang tidak perlu diragukan lagi popularitasnya, bahkan anime dalam bentuk filmnya disebut bakal dirilis pada Desember 2023 mendatang. Namun, selain Spy x Family, judul mana saja yang sudah ditonton dan menjadi kesukaan kalian?

Baca Juga: 15 Rekomendasi Anime Studio Ghibli yang Wajib Ditonton