Mengenal Coating Mobil dan Manfaatnya pada Kendaraan

Coating mobil merupakan salah satu istilah yang terbilang sangat populer di kalangan pecinta otomotif selama beberapa tahun belakangan. Ada banyak pemilik kendaraan yang berminat untuk menggunakan teknik tersebut pada keseluruhan body mobil mereka, termasuk menggunakan coating kaca mobil pada area kaca kendaraan kesayangan mereka. 

Pada dasarnya, coating mobil dan juga coating kaca mobil bertujuan untuk memberikan perlindungan “lebih” pada kendaraan, sehingga berbagai kerusakan pada area permukaan kendaraan bisa dihindari. Hal ini penting, terutama untuk mobil-mobil baru yang masih mulus dan tidak memiliki “cacat” sama sekali di area permukaannya. 

Selain itu, coating pada mobil juga akan membuat tampilan kendaraan terlihat lebih bagus dan mengkilap, sebagaimana layaknya kendaraan yang baru. Namun hal ini tentu bisa didapatkan jika coating pada mobil dilakukan di bengkel yang profesional dan dengan cara yang benar sejak awal. 

Baca Juga: Tahukah Kamu? Warna Mobil Bisa Tingkatkan Risiko Kecelakaan

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Apa itu Coating Mobil

loader

Coating Mobil

Coating mobil adalah teknik penambahan lapisan khusus yang dilakukan pada permukaan cat kendaraan/mobil. Istilah coating mobil terbilang sangat populer, terutama setelah kehadiran nano coating yang sangat banyak diminati oleh pemilik kendaraan di tanah air selama beberapa waktu belakangan ini. 

Sama seperti coating kaca mobil, coating mobil adalah pelapisan permukaan cat yang diharapkan bisa memberikan perlindungan pada seluruh permukaan mobil itu sendiri. Harga coating mobil tentu sangat beragam, tergantung pada tarif dan kualitas coating yang diberikan oleh bengkel yang dipilih. Namun secara umum, harga coating ini terbilang masih sangat terjangkau. 

Di dalam prakteknya, coating mobil adalah salah satu cara untuk memberikan perlindungan pada permukaan cat mobil, sehingga risiko kerusakan akibat goresan atau hal yang lainnya bisa dihindari. Tampilan mobil akan tetap terlihat baru dan menarik, sebab coating akan membuat cat tetap terlihat bening, meskipun sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama. 

Minat pemilik kendaraan untuk menggunakan coating mobil ini terbilang sangat tinggi, sehingga ada banyak bengkel yang menyediakan layanan yang satu ini bagi pelanggan mereka. Hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi para pemilik mobil di tanah air, di mana mereka bisa menemukan banyak pilihan bengkel, termasuk harga coating mobil yang terbilang cukup beragam di pasaran.

Pada umumnya, proses coating mobil akan dilakukan dengan menggunakan bahan berupa Si02 atau yang lazim disebut dengan nama silikon dioksida. Ini merupakan bahan baku utama yang digunakan dalam pembuatan keramik maupun kaca. Jika dilihat dari bahan bakunya, jelas coating akan membuat tampilan cat mobil menjadi jauh lebih kinclong dan jernih dari sebelumnya.

Teknik coating yang terbilang ini unik akan memberikan tampilan yang baru pada permukaan mobil. Bukan hanya mobil baru saja, mobil yang sudah lama juga bisa jadi lebih bening setelah menjalani proses coating itu sendiri. Hal ini akan cocok bagi pemilik kendaraan, terutama mereka yang senang dengan tampilan mobil yang maksimal sepanjang waktu. 

Baca Juga: 10 Tips Merawat Bodi Mobil Bebas Karat dan Jamur di Musim Penghujan

Apa saja Manfaat Melakukan Coating Mobil

Harga coating mobil memang terbilang sangat terjangkau, jika dibandingkan dengan harga proses pengecatan ulang pada kendaraan itu sendiri. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk menggunakan perlindungan yang satu ini pada kendaraan. 

Beberapa bengkel biasanya sudah menyertakan harga coating mobil sekaligus dengan coating kaca mobil itu sendiri. Namun meski begitu, penting untuk menanyakan secara lengkap apa saja layanan yang didapatkan dari harga coating mobil yang ditawarkan oleh bengkel, apakah sudah lengkap dengan coating kaca mobil atau tidak. 

Coating mobil adalah teknik pelapisan permukaan cat kendaraan yang bisa memberikan beberapa manfaat, antara lain:  

  1. Mencegah Pemudaran Warna Mobil 

    Cat mobil merupakan lapisan terluar dari kendaraan yang akan melindungi kendaraan tersebut. Paparan sinar matahari dan juga cuaca yang ekstrim akan membuat permukaan cat mobil menjadi mudah pudar, bahkan meski mobil menggunakan cat yang berkualitas baik sekalipun. Hal ini tentu patut disayangkan, mengingat cat yang pudar akan membuat tampilan mobil menjadi lebih kusam.

    Namun jika menggunakan coating mobil, maka kondisi di atas bisa dihindari. Coating mobil adalah teknik pelapisan permukaan mobil yang dilakukan dengan menggunakan silikon dioksida yang mampu memberikan perlindungan pada cat kendaraan. Lapisan ini akan akan melindungi mobil dari sinar ultraviolet yang bisa memberikan dampak buruk pada cat kendaraan. 

    Coating akan memberikan manfaat perlindungan terhadap pemudaran warna cat yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan cuaca ekstrim lainnya. selain itu, lapisan yang satu ini juga akan membuat daya tahan cat mobil menjadi lebih maksimal dan tidak mudah mengalami perubahan warna menjadi kusam. 

  2. Memberikan Perlindungan Terhadap Goresan

    Sudah bukan rahasia lagi jika cat mobil sangat rentan terhadap goresan. Berbagai goresan ini akan membuat tampilan mobil menjadi lebih buruk, apalagi jika terjadi pada beberapa tempat yang berbeda sekaligus. Namun saat menggunakan coating mobil, maka risiko terhadap berbagai goresan seperti ini bisa dihindari dengan lebih baik lagi. 

    Lapisan coating akan membuat cat mobil terlindungi dan tidak mudah tergores, apalagi jika menggunakan coating yang berkualitas baik sejak awal, dan sudah diterapkan dengan baik oleh tenaga profesional. Pada dasarnya, coating akan memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. 

    Penting untuk memilih coating mobil yang memiliki tingkat ketebalan yang memadai, sehingga lapisan tersebut bisa memberikan perlindungan yang maksimal pada kendaraan. Semakin tebal lapisannya, maka akan semakin kuat juga perlindungan yang diberikan oleh coating mobil, sehingga permukaan mobil tidak akan mudah untuk tergores. 

  3. Memberikan Perlindungan Terhadap Jamur dan Air

    Body mobil yang kerap terkena siraman air hujan akan sering dalam kondisi yang lembab. Hal ini akan berisiko menimbulkan permukaan mobil yang berjamur, apalagi jika mobil tidak langsung dicuci dengan bersih. Jika mobil dibiarkan dalam kondisi kotor seperti ini dalam kurun waktu yang lama, maka pertumbuhan jamur bisa saja menjadi cepat dan merambat ke sejumlah bagian permukaan lainnya. 

    Pelapisan permukaan mobil dengan menggunakan coating akan menghindarkan mobil dari kondisi di atas. Permukaan cat mobil akan terlindungi dan tahan menghadapi timbulnya bercak air serta pertumbuhan jamur, sebab coating memiliki water repellent effect. Ini merupakan efek daun talas, di mana kotoran dan air akan langsung tergelincir dan tidak menempel pada permukaan mobil.

    Coating mobil akan membuat lapisan permukaan cat menjadi lebih licin, sehingga paparan air tidak akan menempel di bagian permukaan tersebut. Selain itu, sistem ini juga akan meminimalisir timbulnya bercak-bercak air di atas permukaan cat, sehingga timbulnya jamur akibat bercak ini juga bisa dihindari pada mobil tersebut. 

  4. Membuat Kilap Mobil Lebih Tahan Lama

    Mobil yang mengkilap dan terawat tentu menjadi impian para pemilik kendaraan roda empat. Selain dengan melakukan perawatan yang tepat pada permukaan cat mobil, kondisi yang seperti ini bisa didapatkan dengan menerapkan coating pada permukaan cat mobil tersebut. 

    Kilap yang didapatkan pada permukaan mobil akan jauh lebih awet, jika dibandingkan dengan teknik perlindungan cat lainnya yang hanya akan bertahan hingga 2-3 bulan saja. Saat menerapkan coating dengan jenis nano cemaric pada mobil, maka lapisan ini akan mampu memberikan perlindungan dan kilap pada mobil hingga 3 tahun lamanya. Coating mobil akan memberikan perlindungan jangka panjang pada permukaan kendaraan. 

    Namun meski begitu, proses pelapisan yang satu ini tidak selalu dikuasai oleh semua orang, sehingga penting untuk memilih bengkel yang tepat sejak awal. Hindari untuk tergoda dengan harga coating mobil yang terlalu murah, sebab ini bisa jadi salah satu indikasi bahwa layanan yang akan diberikan juga berkualitas rendah. 

Lindungi Kendaraan Kesayangan dengan Coating Mobil

Menggunakan coating mobil bisa menjadi solusi yang cerdas untuk melindungi permukaan cat mobil. Bukan hanya menghindari goresan dan pertumbuhan jamur, coating juga akan membuat tampilan mobil menjadi lebih menarik dan berkilap. Pilih bengkel yang menyediakan layanan coating secara profesional, agar mobil kesayangan bisa mendapatkan perlindungan maksimal dari teknik pelapisan yang satu ini.

Baca Juga: Ganti Oli Mobil: Tanda-tanda dan Waktunya