Coating Motor: Manfaat, Jenis, dan Tips Memilih Bengkelnya

Coating motor bukan lagi sebuah istilah yang baru bagi para pecinta roda dua di tanah air. Sebagian pemilik motor sudah menggunakan teknik yang satu ini untuk melindungi kendaraan kesayangannya. Alasannya tentu jelas, coating motor adalah cara terbaik untuk memberikan perlindungan pada permukaan cat motor itu sendiri. 

Tingginya minat masyarakat untuk mengakses layanan coating membuat permintaan akan jasa coating motor ini meningkat setiap tahunnya. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengusaha bengkel motor yang menyediakan layanan tersebut. 

Namun selain itu, sejumlah pemilik kendaraan roda dua juga kerap mencari cara coating motor sendiri, agar bisa melakukan proses coating tersebut secara mandiri tanpa menggunakan jasa bengkel coating motor terdekat.  Hal ini akan membuat proses coating motor lebih hemat biaya. 

Baca Juga: Mengenal Coating Mobil dan Manfaatnya pada Kendaraan

Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

Manfaat Melakukan Coating Motor 

loader

Coating Motor

Coating motor adalah proses pelapisan permukaan cat motor dengan menggunakan cairan pelapis khusus. Coating motor akan memberikan perlindungan terhadap motor, sehingga lapisan permukaan motor tidak akan mudah mengalami perubahan warna dan tetap mengkilap.

Cara coating motor sendiri seringkali dijadikan pilihan oleh para pemilik motor. Namun jika tidak memiliki pengalaman untuk urusan yang satu ini, maka menggunakan jasa coating motor akan jauh lebih baik. Cukup mendatangi bengkel coating motor terdekat, maka proses coating ini akan dikerjakan secara profesional. 

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari coating motor, berikut ini adalah beberapa di antaranya: 

  1. Melindungi Permukaan Body dan Cat Motor 

    Sebagaimana coating kendaraan pada umumnya, coating motor adalah proses pelapisan permukaan motor secara menyeluruh. Coating akan memberikan perlindungan lebih pada cat, sehingga tidak mudah mengalami kerusakan, termasuk perubahan warna.

    Lapisan yang dihasilkan dari teknik coating motor, akan membuat cat tahan lama serta tidak mudah mengelupas. Hal ini tentu akan secara langsung membuat tampilan motor tetap menarik dan mengkilap, apalagi jika proses coating menggunakan jasa coating motor yang sudah profesional.

  2. Melindungi Bercak dan Jamur 

    Berkendara di waktu hujan merupakan hal yang kerap tidak bisa dihindarkan. Imbasnya, motor akan basah terkena air hujan dan beresiko meninggalkan bercak-bercak air pada permukaannya. Bukan hanya itu saja, bercak air seperti ini juga bisa saja menimbulkan jamur, jika tidak dibersihkan dengan segera. 

    Namun jika motor sudah menggunakan coating, maka hal di atas bisa dihindari dengan baik. Coating motor akan membuat lapisan permukaan cat memiliki efek daun talas, di mana air segera turun/ jatuh ketika menyentuh permukaan motor. Kondisi ini tidak akan membuat jejak air meninggalkan bercak, termasuk mengurangi risiko timbulnya jamur pada permukaan motor. 

  3. Melindungi Motor dari Paparan Sinar Matahari 

    Bukan hanya berbahaya bagi kulit saja, paparan sinar matahari yang berlebihan juga akan merusak permukaan cat motor. Cat akan mudah pudar dan menjadi kusam, jika terlalu sering terpapar matahari. Hal ini bahkan bisa saja membuat penampilan motor menjadi terlihat usang dan tidak menarik lagi. 

    Datangi bengkel coating motor terdekat dan lapisi motor untuk memberikan perlindungan. Coating akan memberi lapisan atas pada permukaan cat dan melindungi motor dari paparan sinar matahari, termasuk cuaca yang cukup ekstrim sekalipun. Cat motor akan tetap terlihat baru dan mengkilap, meskipun kerap terpapar oleh sinar matahari. 

  4. Melindungi Motor dari Goresan dan Lecet

    Sebagaimana dikatakan di atas, coating motor adalah proses pelapisan permukaan cat motor. Proses ini akan membuat lapisan cat menjadi lebih tebal dan terlindungi, sehingga tidak mudah tergores maupun lecet. Hal ini tentu akan sangat dibutuhkan, terutama untuk kendaraan roda dua digunakan untuk mendukung rutinitas harian yang cukup tinggi. 

Jenis - Jenis Coating Motor 

Jika tidak memahami dengan baik cara coating motor sendiri, maka mendatangi bengkel coating motor terdekat tentu akan jadi pilihan yang cerdas. Pada umumnya, jasa coating motor akan melakukan proses coating dengan cepat, sehingga tidak akan menghabiskan banyak waktu. 

Selain memilih bengkel coating motor terdekat yang tepat, pilih juga jenis coating yang paling sesuai. Hal ini penting, untuk memastikan bahwa lapisan pelindung tersebut benar-benar bisa bekerja secara maksimal pada kendaraan roda dua tersebut.  

Berikut ini adalah beberapa pilihan jenis coating motor yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan: 

  1. Wax Coating

    Jika ingin mempraktekkan cara coating motor sendiri, maka jenis coating yang satu ini akan jadi pilihan yang tepat. Wax coating merupakan jenis coating yang paling mudah untuk diaplikasikan, bahkan oleh pemilik motor yang baru akan melakukan coating untuk pertama kalinya.

    Coating ini termasuk yang paling ringan dan aman untuk diaplikasikan sendiri pada motor. Namun di lain sisi, hal tersebut juga sebanding dengan daya tahannya yang tidak begitu kuat. Wax Coating tidak begitu tahan panas dan akan membutuhkan pengaplikasian ulang setelah beberapa bulan saja. 

  2. Ceramic Coating

    Jenis coating yang satu ini mengandung bahan keramik khusus, di mana bahan tersebut akan membuat tampilan motor menjadi lebih mengkilap. Cara coating motor sendiri dengan menggunakan bahan ceramic ini terbilang sulit, apalagi untuk para pemula.

    Jika ingin menggunakan jenis coating yang satu ini, maka pakailah jasa coating motor yang sudah profesional. Bukan hanya memberikan tampilan yang mengkilap, lapisan coating ini juga akan membuat permukaan motor jadi lebih tahan terhadap goresan dan juga kotoran. 

  3. Nano Ceramic Coating

    Jenis coating yang satu ini dibuat dengan menggunakan zat dalam ukuran nano, sehingga dapat menghasilkan perlindungan yang jauh lebih baik, jika dibandingkan dengan jenis coating lainnya. Bukan hanya pada motor saja, nano ceramic coating juga banyak digunakan pada kendaraan roda empat. 

    Nano ceramic bisa memberikan perlindungan yang maksimal pada permukaan cat motor, termasuk tampilan yang lebih mengkilap dan terlihat baru. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang diidam-idamkan oleh para pemilik motor. Namun penerapan coating yang satu ini juga harus dilakukan oleh orang yang profesional dan ahli di bidangnya. 

    Baca Juga: Jenis-Jenis Usaha Bengkel Beserta Berbagai Servis yang Diberikan

Tips Memilih Bengkel Coating Motor 

Coating motor adalah proses pelapisan permukaan cat motor yang diharapkan bisa memberikan perlindungan pada kendaraan roda dua. Penting untuk memilih bengkel coating motor terdekat yang sudah berpengalaman, agar proses coating bisa ditangani dengan cara profesional.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih jasa coating motor yang profesional: 

  1. Pertimbangkan Harga 

    Saat memilih jasa coating untuk motor, jangan mudah tergoda dengan harga yang murah. Meski tidak mahal, layanan yang satu ini tentu harus dikerjakan oleh profesional, terutama jika memilih jenis coating nano ceramic. Pastikan harga yang ditawarkan bengkel masih masuk akal dan sesuai untuk hasil coating yang akan didapatkan. 

  2. Cek Reputasi Bengkel 

    Jangan lupa untuk melakukan pengecekan reputasi bengkel yang akan dipilih sebagai tempat coating. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, termasuk dengan melihat review para pelanggan bengkel tersebut. Pada umumnya, bengkel yang bereputasi baik tentu akan memiliki banyak pelanggan dan juga pengalaman yang memadai di bidang tersebut.

  3. Cek Bahan Coating yang Digunakan 

    Seperti yang dijabarkan di atas, ada beberapa bahan coating yang kerap digunakan pada motor. Pastikan untuk mencari tahu jenis bahan coating yang akan digunakan bengkel. Tanyakan hal ini sejak awal, agar tidak sampai terjadi kesalahpahaman yang justru bisa menimbulkan kerugian. 

  4. Jaminan Garansi 

    Pertimbangkan juga garansi atas coating yang diterapkan pada motor. Hal ini penting, untuk mencegah risiko kerugian di masa yang akan datang. Pada umumnya, bengkel coating yang sudah berpengalaman dan cukup besar akan memberikan jaminan garansi kepada pelanggannya. Waktu garansi ini tentu beragam, mulai dari bulanan hingga tahunan, tergantung pada kebijakan yang diterapkan oleh bengkel yang bersangkutan. 

Pilih Jenis Coating Motor yang Tepat dan Berkualitas 

Melakukan coating pada motor merupakan hal yang lazim bagi para pemilik kendaraan roda dua. Namun hal ini harus dilakukan oleh tenaga profesional dan sudah berpengalaman di bidang tersebut. Pilih jenis coating yang tepat dan berkualitas, agar hasilnya bisa memberikan perlindungan yang maksimal bagi kendaraan.

Baca Juga: Apa Efek Dari Sering Gonta Ganti Merek Oli Motor?