Daftar Rumah Sakit Jantung di Indonesia, Mana yang Paling Direkomendasikan?

Penyakit jantung sudah lama menjadi masalah kesehatan yang paling ditakuti di dunia. Selain bisa menyerang siapa saja, penyakit jantung juga diketahui memiliki risiko fatal yang cukup tinggi. Di sisi lain, biaya pengobatan dari penyakit ini juga sangat mahal, dan hanya bisa dilakukan di sejumlah rumah sakit tertentu saja yang memiliki layanan dan tenaga medis yang mumpuni untuk menangani penyakit jantung. 

Di Indonesia sendiri, tidak semua rumah sakit dan fasilitas kesehatan mampu menerima pasien penyakit jantung. Tanpa didukung tim dokter dengan keahlian yang dibutuhkan serta alat medis yang canggih dan lengkap, penanganan pada pasien penyakit jantung tidak akan bisa dilakukan.

Di antara beragam pilihan rumah sakit yang melayani pengobatan penyakit jantung, ada beberapa yang menjadi rekomendasi karena kualitas tim ahli dan peralatannya sudah pasti terjamin. Tentunya, demi hasil pengobatan yang terbaik dan paling optimal, mendapatkan penanganan penyakit jantung dari rumah sakit dengan kualitas layanan terpadu perlu dilakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa rumah sakit jantung di Indonesia yang direkomendasikan. 

Baca Juga: Daftar Alat Rumah Sakit beserta Fungsinya

Daftar Rumah Sakit Jantung di Indonesia

  1. Primaya Hospital

    loader

    Primaya Hospital Tangerang (Sumber: primayahospital.com)

    Primaya Hospital tersebar di beberapa kota di Indonesia. Seperti, Jakarta, Bekasi Barat, Bekasi Timur, Bekasi Utara, Karawang, Tangerang, Sukabumi, Semarang, Makassar, dan masih banyak lagi lainnya.

    Primaya Hospital pertama kali didirikan oleh Prof. dr. Yos E. Susanto, Ph.D. di Tangerang dengan nama Rumah Sakit Global Medika di tahun 2006. Seiring perjalanannya, Primaya Hospital terus bertransformasi menjadi fasilitas kesehatan yang terpadu. Tidak hanya mendirikan banyak rumah sakit baru, proses akuisisi juga turut dilakukan. Hingga pada tahun 2020, seluruh jaringan rumah sakit tersebut mengubah namanya sesuai dengan nama merek menjadi Primaya Hospital. 

    Untuk melayani pasien penyakit jantung, Primaya Hospital mempunyai Pusat Layanan Jantung & Pembuluh Darah dengan dukungan tenaga medis, petugas non medis, sampai paramedis yang profesional sesuai bidangnya. Pelayanan kesehatan yang unggul ini didukung pula oleh peralatan modern dan dioperasikan Dokter Spesialis Jantung & Dokter Bedah Jantung profesional. 

    Beberapa layanan pengobatan masalah jantung pada Primaya Hospital, meliputi:

    • Pasang ring dan kateter jantung.
    • Operasi jantung, CABG.
    • CT scan.
    • EKG atau Elektrokardiogram.
    • Cek kondisi medis.
    • MRI.
    • Radioterapi.
    • Pemeriksaan kondisi fisik jantung dan tes treadmill.

    Jika ingin menjalani pengobatan jantung atau informasi terkait biaya dan layanan Primaya Hospital, kamu bisa menghubungi pihak rumah sakit di lokasi terdekat. Semua informasi terkait alamat, nomor telepon, dan alamat e-mail seluruh jaringan rumah sakit Primaya Hospital bisa dilihat di situs resminya di alamat primayahospital.com. 

  2. Pusat Jantung Nasional Harapan Kita

    loader

    Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (Sumber: www.pjnhk.go.id)

    Rekomendasi rumah sakit jantung di Indonesia selanjutnya adalah Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita atau biasa disingkat RSJPDHK. RSJPDHK merupakan Pusat Rujukan Nasional dalam penanganan penyakit jantung & pembuluh darah atau kardiovaskular. 

    Sejumlah layanan unggulan yang ada di rumah sakit jantung Harapan Kita ini, antara lain, bedah jantung untuk dewasa dan anak, Aritmia, serta ECP atau External Counter Pulsation. Tidak hanya menyediakan layanan kesehatan organ jantung, RSJPDHK dikembangkan pula sebagai tempat pelatihan, pendidikan, serta penelitian medis kardiovaskular. 

    Rumah sakit yang didirikan Yayasan Harapan Kita dan telah diresmikan mulai 9 November 1985 ini berlokasi di Jalan S. Parman kav. 87 Slipi, Jakarta Barat. Kamu bisa menghubungi pihak rumah sakit ini melalui contact center di nomor 1500 034, atau via telepon, (021) 568 1111 dan emergency call (021) 568 2424.

  3. RS Jantung Jakarta

    loader

    RS Jantung Jakarta (Sumber: okadoc.com)

    RS Jantung Jakarta atau Jakarta Heart Center merupakan rumah sakit dengan pelayanan jantung komprehensif serta cekatan dalam melakukan penanganan gawat darurat penyakit jantung. Dilengkapi dengan 2 laboratorium kateterisasi jantung, kamar bedah jantung, serta layanan penunjang kesehatan berteknologi tinggi, rumah sakit ini menerima pasien penyakit jantung dewasa dan anak. 

    Jakarta Heart Center atau JHC resmi dibuka pada Jumat, 5 Juli 2013, berangkat dari fakta tentang kurangnya ketersediaan fasilitas kesehatan untuk menangani pasien penyakit jantung. Lokasi dari RS Jantung Jakarta juga terbilang strategis serta mudah dijangkau, yaitu di alamat Jalan Matraman Raya Nomor 23, Jakarta Timur. Untuk mendapatkan layanan rumah sakit ini, kamu bisa menghubungi nomor emergency (021) 29361166, atau melalui customer service (021) 29360701, dan via Whatsapp Marketing di nomor 081 211 22 6996.

    Mengenai layanan serta fasilitasnya, JHC menerima pasien bedah jantung untuk dewasa dan anak, Echocardiography dan CT scan, serta Cardiac Emergency Unit. Tidak hanya itu, penderita penyakit jantung juga bisa melakukan kateterisasi jantung dan rehabilitasi medis jantung. 

  4. Rumah Sakit Jantung Binawaluya

    loader

    Rumah Sakit Jantung Binawaluya (Sumber: halodoc.com)

    Didirikan di tahun 2004, RS Jantung Binawaluya merupakan rumah sakit jantung pertama yang berstatus swasta di Indonesia yang mampu menangani penderita khusus masalah jantung bawaan. Berlokasi di Jakarta Timur, Jalan TB Simatupang Nomor 71, Ciracas, rumah sakit ini juga menjadi yang pertama dengan layanan rawat inap serta rawat jalan dan diresmikan di tahun 2006, tepatnya tanggal 10 September.

    Saat ini, fasilitas yang disediakan oleh RS Jantung Binawaluya juga meliputi hostel yang mampu memudahkan keluarga pasien dalam memantau kondisi kerabat yang sedang menjalani pengobatan. Fasilitas dan layanan kesehatan yang tersedia di rumah sakit ini meliputi:

    • Angiografi Koroner atau kateterisasi.
    • PTCA.
    • Elektrofisiologi.
    • Ablasi Konvensional.
    • Ablasi tiga dimensi.
    • BMV.
    • BPV.
    • Pemasangan Pacemaker, ICD, CRT.
    • Pemasangan ADO, AVO, ASO.
    • Stent Aorta.
    • Bedah Jantung, seperti, masalah jantung katup, jantung bawaan, dan bypass. 
  5. Rumah Sakit Medistra

    loader

    Rumah Sakit Medistra (Sumber:  lifepal.co.id)

    Selanjutnya ada RS Medistra yang berada di Jakarta sebagai rekomendasi fasilitas kesehatan rujukan untuk menangani penyakit jantung. RS Medistra merupakan rumah sakit nasional yang memiliki mutu pelayanan dengan standar tinggi serta berkomitmen sebagai rumah sakit umum yang menjadi rujukan regional, nasional, sampai internasional. 

    Berdiri mulai 28 November tahun 1991, RS Medistra didukung tim dokter dengan kompetensi terpadu di bidangnya, staf terlatih dan profesional. Peralatan dan perlengkapan medis yang dimiliki juga canggih dan modern. Untuk nomor kontak RS Medistra yang bisa dihubungi adalah telepon (021) 5210200, atau via Fax di nomor (021) 5210184.

    Fasilitas dan layanan terbaik yang dimiliki oleh RS Medistra dan berkaitan dengan masalah jantung antara lain Angiography atau Cath Lab dan Elektrokardiograf. 

  6. RS Premier Surabaya

    loader

    RS Premier Surabaya (Sumber: www.ramsaysimedarby.co.id)

    Berlokasi di Jalan Nginden Intan Barat Nomor B, Ngenden Jangkungan, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, rumah sakit ini terus berusaha memberikan kualitas pelayanan terbaik pada seluruh bidang dengan berkesinambungan. 

    Bahkan, RS Premier Surabaya telah mengantongi akreditasi Joint Commision International atau JCI serta Komisi Akreditasi Rumah Sakit Indonesia atau KARS dengan peringkat tertinggi, yakni, Paripurna. Untuk informasi dan pendaftaran, kamu bisa menghubungi RS Premier Surabaya via WA di nomor 0859 31353197, atau telepon di nomor 0815 5340 2025.

    Tidak hanya melayani penanganan medis dasar atau umum, rumah sakit ini juga mempunyai sejumlah fasilitas unggulan khusus yang dijalankan para spesialis ahli sesuai dengan ilmu dan bidangnya. Beragam fasilitas dan layanan yang disediakan oleh RS Premier Surabaya adalah stroke unit, heart center, orthopedic clinic, klinik brain tumor, pituitary hormone disorder, dan layanan intensive care. 

Baca Juga: Peserta BPJS Kesehatan Wajib Tahu 5 Tipe Rumah Sakit Agar Tak Salah Berobat

Ketahui Rumah Sakit Rujukan Penyakit Jantung agar Tak Panik saat Dibutuhkan

Itulah rekomendasi rumah sakit spesialis jantung yang ada di Indonesia dengan kualitas tenaga dan alat medis yang terjamin. Dengan mengetahui daftar tersebut dan layanan serta fasilitas yang disediakan untuk menangani penyakit jantung, kamu jadi bisa membandingkan rumah sakit mana yang paling sesuai. 

Yang penting, simpan nomor kontak di atas agar bisa langsung menghubunginya sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Baca Juga: Kartu Kredit untuk Bayar Biaya Rumah Sakit, Ini Pilihannya