Dapat Untung Lumayan, Ini 7 Peluang Bisnis yang Menjanjikan untuk Pelajar SMA

Saat ini, sudah banyak pelajar yang masih duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA) telah sukses dengan usaha yang mereka rintis sendiri dari nol, beberapa bahkan bisa mengumpulkan banyak uang dari aktivitas tersebut. Jika digeluti dengan serius, bukan tidak mungkin kelak kamu bisa menjadi pebisnis yang handal di masa yang akan datang. 

Selain harus pandai mengatur waktu, kamu juga harus memilih jenis bisnis yang tepat. Bukan hanya sekedar bisa menghasilkan uang, namun bisnis ini juga harus bisa berjalan beriringan dengan aktifitas sekolah yang kamu jalankan. 

Berikut ini beberapa pilihan bisnis yang menguntungkan dan cocok untuk dijalankan pelajar SMA yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Bisnis Online

loader
Bisnis online

Ini menjadi salah satu bisnis yang paling praktis dan bisa dijalankan dengan fleksibel. Bisnis online memungkinkan kamu mengelola segala sesuatunya dengan mudah dari rumah, bahkan di sela-sela kesibukanmu sebagai anak sekolahan.

Kamu bisa memilih jenis produk yang tepat, sehingga lebih mudah untuk dikelola dan dipasarkan. Jika ingin lebih praktis, kamu bahkan bisa menjadi reseller atau dropshipper yang hanya sekedar memasarkan produk orang lain saja. Selain hemat tenaga, kedua metode penjualan online ini juga akan memudahkan kamu menjalankan bisnis online dengan mudah bahkan tanpa modal sama sekali. 

2. Endorse di Instagram

Jika kamu termasuk orang yang aktif di Instagram dan sudah memiliki banyak pengikut, maka membuka jasa promosi produk atau endorse menjadi pilihan yang tepat. 

Ada banyak perusahaan yang menggunakan layanan jasa endorsement seperti ini, bahkan perusahaan yang masih dalam skala kecil menengah. Semua ini akan memudahkan kamu mendapatkan pemasukan, apalagi jika ternyata kelak kamu bisa menggandeng beberapa perusahaan sekaligus, 

3. Youtuber

loader
Youtuber

Kemampuan yang baik dalam bermedia sosial juga bisa menjadi bisnis yang menghasilkan untukmu. Kamu bisa menjadi Youtuber dan mengekspresikan diri dengan cara yang tepat, misalnya: membuat vlog, mengcover lagu, atau bahkan membuat berbagai video menarik lainnya. 

Ini bisa menjadi jalan mudah untuk mendapatkan penghasilan, apalagi jika akunmu memiliki jumlah subscriber yang lumayan banyak. Dijamin, kamu akan menghasilkan banyak uang setiap bulannya dari bisnis yang satu ini.

Baca Juga: 7 Cara Sukses Menjadi Youtuber

4. Penulis 

Beberapa tahun lalu, menulis mungkin saja bukan sesuatu yang menarik dan bisa menghasilkan banyak uang dengan cepat. Namun perkembangan internet menjadikan segala sesuatunya lebih mudah, termasuk untuk kamu yang memiliki hobi menulis ini. 

Kamu bisa mengembangkan bakat menulismu dan menjadikannya sebagai bisnis yang menghasilkan. Saat ini, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari pekerjaan unik tersebut, mulai dari menjadi penulis blog hingga menjadi seorang freelancer sekalipun. 

5. Guru Les Privat

loader
Guru les privat

Jika kamu memiliki prestasi akademik yang cukup baik, maka menjadi guru les privat bisa menjadi pilihan yang tepat. Pilih beberapa mata pelajaran yang tepat dan benar-benar kamu kuasai dengan baik. 

Kamu bisa mengajar anak-anak SD yang ada di sekitar rumahmu terlebih dahulu. Namun jika memiliki banyak waktu untuk melakukan aktivitas ini, kamu juga bisa memberikan les privat untuk anak-anak yang lebih banyak lagi. Uang yang kamu dapatkan dari mengajar ini akan cukup lumayan, apalagi jika kamu bisa punya banyak anak didik. 

Baca Juga: 6 Ide Bisnis yang Bisa Jadi Peluang Usaha Menguntungkan di Era New Normal

6. Menjual Pulsa Elektrik

Pulsa menjadi salah satu kebutuhan yang sudah tidak bisa ditiadakan untuk sebagian besar orang. Bukan hanya untuk sekedar telepon atau internetan saja, kebanyakan orang bahkan membutuhkan pulsa ini untuk pekerjaan mereka. 

Kamu bisa menjadikan ini sebagai lahan bisnis, apalagi jika kamu tinggal di kawasan yang strategis. Selain praktis dan mudah, jualan pulsa elektrik seperti ini juga tidak membutuhkan banyak modal.

7. Event Organizer (EO)

loader
Event organizer

Membuat EO dalam skala kecil juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan untuk anak SMA sepertimu. Mulailah  menangani acara yang kecil-kecil saja, seperti ulang tahun atau perayaan kecil lainnya. Kamu bisa menjalin kerja sama dengan orang lain atau bahkan teman-temanmu. 

Jika kamu serius menjalankan bisnis ini, dalam waktu yang singkat saja bisnis kamu ini sudah bisa bertumbuh dan menjadi lebih besar dari sebelumnya. Memanfaatkan kreatifitas terbaikmu untuk mendapatkan lebih banyak klien, agar kamu bisa mendapatkan banyak uang.

Jalankan Bisnis Sesuai Minat dengan Serius

Menjalankan bisnis di usia muda bisa menjadi pilihan, terutama jika sejak SMA kamu sudah ingin memiliki penghasilan. Pilih jenis bisnis yang tepat dan sesuai minat, agar kamu bisa menjalankannya dengan lebih mudah. Kelola bisnismu dengan serius, agar kamu bisa mengumpulkan lebih banyak uang di usia yang masih muda. Siapa tahu bisnis yang kamu jalankan bisa membawa kesuksesan dan bisnis bisa menjadi berkembang.

Baca Juga: Pebisnis Pemula, ini 4 Hal Penting yang Bikin Bisnis Anda Sukses