Dear Traveler, Ini Tren Wisata dan Destinasi Liburan Terbaik Dunia di 2020

Berbicara soal liburan ke suatu destinasi wisata memang nggak ada habisnya. Meski harus rela mengeluarkan uang jutaan bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah, tapi semua itu akan terbayarkan dengan perjalanan yang seru, destinasi yang indah dan keren, bisa menghabiskan waktu sendiri sehingga bisa membuat pikiran jadi fresh kembali.

Sekarang sudah memasuki awal tahun 2020, rasanya menjadi waktu yang tepat buat semua traveler melihat hari libur di sepanjang tahun ini, bukan? Tujuannya apa lagi kalau bukan untuk merencanakan liburan.

Biar liburan bersama pasangan, teman atau keluarga nanti makin seru dan mengasyikan, tak ada salahnya Anda coba tren baru wisata di beberapa pilihan destinasi liburan terbaik dunia pada tahun 2020. Agar rasa penasaran hilang, simak ulasannya berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tren Wisata 2020

traveling
Tren wisata 2020

Sebuah tren tak hanya dimiliki bidang fashion dan kecantikan saja, tapi nyatanya kian kemarin banyak traveler yang menikmati liburannya dengan gaya liburan yang sedang menjadi tren. Nah, belum lama ini booking.com telah melakukan survei menyoal tren wisata. Dari hasil survei tersebut menghasilkan delapan tren wisata yang patut dicoba di 2020, di antaranya:

1. Liburan ke “kota kedua”

Tak bisa dimungkiri, destinasi wisata terpopuler pastinya memiliki banyak pengunjung. Apalagi kalau di musim liburan datang, jumlah pengunjung bisa mencapai puluhan juta orang atau lebih.

Di tahun 2020, akan banyak pelancong yang memilih ‘kota kedua’. Maksudnya, tidak memaksakan kehendaknya untuk berkunjung ke destinasi wisata popular. Tapi mereka akan memilih destinasi wisata lain yang tempatnya hampir mirip meski tidak terlalu terkenal. Hal ini mereka lakukan, demi mengurangi pariwisata berlebihan untuk melindungi lingkungan.

2. Mengandalkan Teknologi

Nyatanya di 2020 akan banyak orang yang mengandalkan teknologi bukan hanya dalam pekerjaan saja, tapi juga dalam liburannya. Misalnya dalam memilih satu destinasi wisata yang tepat dengan mudah dari banyak pilihan.

Untuk memenuhi permintaan itu, di tahun 2020 akan muncul banyak aplikasi dengan kecerdasan buatan yang menawarkan rekomendasi khusus tentang destinasi wisata terbaik, tempat menginap, dan aktivitas berdasarkan preferensi dan riwayat perjalanan kita, serta faktor pendukung lainnya yang tak kalah penting seperti cuaca dan popularitas.

3. Liburan Santai

Hingga saat ini, masih banyak traveler yang tak sabar sampai ke tempat wisata tujuan untuk menikmati waktu liburan sepuasnya. Alhasil, mereka memilih transportasi yang rutenya lebih singkat, menempuh waktu yang cepat.

Di tahun 2020 justru kebalikannya alias banyak orang yang akan berlibur dengan lebih santai atau sengaja melambatkan perjalanannya. Misalnya mengambil rute yang jauh untuk menikmati perjalanannya yang istimewa. Transportasi yang dipilih mulai dari kereta, perahu, bus dan lainnya. Tujuan mereka melakukan liburan santai ini adalah untuk mengurangi dampak lingkungan.

Baca Juga: Tips Memilih Tempat Penginapan Ketika Liburan

4. Menikmati Liburan yang Lengkap

Memang manusia tak ada rasa puasnya, termasuk dalam hal liburan. Meski sudah menikmati masa liburan, tapi masih saja merasa ada yang kurang. Misalnya saja kurang kegiatan berenang atau menyelam, hotelnya tidak ada spa dan sebagainya.

Tak perlu khawatir, bagi Anda yang ingin menikmati liburan lengkap ke destinasi yang menawarkan beragam pilihan aktivitas, layanan dan atraksi lainnya, di 2020 wisata seperti ini akan menjadi tren. Industri travel pun akan terus mempermudah traveler dalam menyesuaikan rencana perjalanan dengan lebih banyak ragam, promo, dan rute, supaya mereka dapat menikmati liburan lengkap yang disebut ‘all-amusive’ ini dengan optimal.

5. Liburan bersama Hewan Peliharaan

Menghabiskan waktu liburan ke destinasi wisata bersama pasangan, teman atau keluarga adalah hal yang biasa dilakukan. Namun, di tahun 2020 banyak orang yang akan melakukan liburan dengan membawa hewan peliharaannya. Ini tentunya akan menjadi liburan yang berbeda dan tak mudah untuk dilupakan.

Hal ini tentunya akan mendorong para industri travel untuk memenuhi kebutuhan hewan peliharaan mulai dari destinasinya lengkap dengan fasilitas untuk hewan, akomodasi, hotel yang menyediakan tempat tidur khusus untuk hewan peliharaan dan masih banyak lagi.

6. Liburan Bersama Kakek-Nenek

Kakek-nenek memang memiliki tenaga yang tak sekuat waktu muda lagi, tapi tak ada salahnya juga bila Anda mengajak mereka untuk berlibur bersama. Dari kebanyakan kakek-nenek beranggapan kalau menghabiskan waktu liburan bersama dengan cucu akan membuat mereka menjadi lebih senang dan merasa awet muda. Liburan seperti ini akan menjadi tren di 2020.

7. Kuliner di Restoran Mewah

Bagi pecinta kuliner, mengisi liburan dengan berburu makanan enak dan lezat tentunya sangat menyenangkan. Tapi bila hanya makan di restoran yang itu-itu saja juga membosankan. Nah, di 2020 Anda bisa mencoba liburan dengan menikmati kuliner di restoran mewah. Bukan hanya banyak makanannya saja tapi suasana restoran juga bisa dinikmati sepuasnya.

8. Liburan Panjang di Masa Pensiun

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati masa pensiun. Bukan lagi untuk membuka usaha, tapi kebanyakan orang di 2020 ini akan menikmati masa tuanya dengan melakukan liburan panjang ke berbagai destinasi wisata. Misalnya dari kota A lanjut ke kota B, kemudian ke kota C dan seterunya.

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Liburan Panjang Secara Maksimal

Destinasi Wisata Liburan Terbaik Dunia di 2020

Grand Canyon, Arizona
Grand Canyon, Arizona

Menikmati liburan dengan tren wisata yang dipilih memang bisa dilakukan di destinasi wisata mana saja. Namun, bila menikmati tren wisata di salah satu dari pilihan destinasi liburan terbaik dunia tentunya akan sangat mengasyikan.

Berikut beberapa pilihan destinasi liburan terbaik dunia 2020 berdasarkan kategori yang dikeluarkan oleh National Geographic, antara lain:

- Wisata budaya:

  1. Asturias, Spanyol
  2. Provinsi Guizhou, Tiongkok
  3. Gobekli Tepe, Turki
  4. Maya, Guatemala
  5. Provinsi Mendoza, Argentina
  6. Abu Simbel, Mesir

- Perkotaan

  1. Philadelphia, Pennsylvania
  2. Telč, Republik Ceko
  3. Fort Kochi, Kerala, India
  4. Mostar, Bosnia dan Herzegovina
  5. Parma, Italia
  6. Puebla, Meksiko

- Alam

  1. Kepulauan Magdalen, Quebec, Kanada
  2. Gurun Kalahari, Botswana
  3. Hutan Bialowieza, Belarus / Polandia
  4. Jejak Biru Nasional, Hongaria
  5. Kepulauan Canary, Spanyol
  6. Maladewa
  7. Grand Canyon, Arizona

- Petualangan

  1. Tasmania, Australia
  2. Grossglockner High Alpine Road, Austria
  3. Wales Way, Inggris
  4. Tohoku, Jepang
  5. Semenanjung Kamchatka, Rusia
  6. Taman Nasional Zakouma, Chad

Pilih Tren Wisata yang Sesuai dengan Destinasi Wisata Tujuan

Rencanakan liburan di sepanjang tahun 2020 dengan matang, jangan sampai ada kebutuhan liburan yang terlewatkan. Menikmati liburan dengan memilih salah satu tren wisata yang disuka juga bisa dijadikan pilihan yang tepat. Jangan lupa juga sesuaikan tren wisata dengan tujuan destinasinya. Hal ini agar suasana liburan menjadi lebih berbeda dan mengesankan.

Selain manfaatkan segala promo yang ditawarkan oleh pihak maskapai penerbangan, hotel dan tiket apapun, Anda juga perlu gunakan kartu kredit disetiap transaksinya. Dengan begitu, bisa membuat liburan menjadi lebih hemat dan keuangan akan tetap aman setelah liburan.

Baca Juga: Open Trip Bareng Artis Biar Makin Eksis, Tertarik? Cek dulu Tipsnya