Dropshipper: Kisaran Modal, Cara Menjalankan, dan Tips Suksesnya

Dropshipper menjadi salah satu pilihan bisnis yang bisa dijalankan dengan modal yang kecil. Bisnis online yang satu ini bahkan bisa menjadi pertimbangan yang tepat bagi para pebisnis pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis untuk pertama kalinya.

Dropshipper adalah orang yang memasarkan produk yang berasal dari satu atau beberapa supplier yang berbeda sekaligus. Arti dropshipper itu sendiri begitu sederhana, di mana orang tersebut bertugas untuk menjual produk milik orang lain (supplier), tanpa perlu membeli produk-produk tersebut terlebih dahulu.

Jika selama ini masih bingung untuk memahami apa itu dropshipper, maka bisnis yang satu ini bisa dikategorikan sebagai jenis bisnis online yang paling praktis dan terbilang sangat mudah untuk dijalankan.

Baca juga: Mau Jadi Reseller atau Drop Shipper? Pelajari ini Dulu

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Bagaimana Cara Kerja Dropshipper dan Berapa Modalnya?

loader

Dropshipper

Cara menjadi dropshipper terbilang begitu simpel, sebab di dalam bisnis ini tidak perlu ada proses penyimpanan barang, pebisnis bahkan tidak perlu mengirimkan barang secara langsung kepada pelanggan.

Arti dropshipper adalah orang yang melakukan pemasaran produk milik supplier kepada para calon konsumen. Dalam proses penjualan ini, dropshipper hanya melanjutkan pesanan tersebut kepada supplier dan supplier lah yang akan melakukan pengemasan dan pengiriman produk kepada konsumen.

Di dalam proses tersebut, konsumen akan melakukan pembayaran kepada dropshipper sehingga pembayaran produk tersebut kepada supplier akan dilakukan oleh dropshipper itu sendiri, tentunya setelah yang bersangkutan menerima pembayaran dari konsumen.

Jika pembayaran telah diterima oleh supplier, pesanan tersebut akan diproses. Pada umumnya, pesanan yang masuk ini akan dikirimkan dengan menggunakan nama toko dropshipper itu sendiri sehingga konsumen kerap tidak mengetahui bahwa toko tempatnya berbelanja adalah dropshipper.

Cara menjadi dropshipper dan pola kerjanya yang simpel membuat bisnis yang satu ini hanya membutuhkan modal yang kecil saja. Cukup dengan modal smartphone dan juga kuota internet, bisnis yang satu ini sudah bisa dijalankan dengan mudah.

Biasanya dropshipper akan melakukan pemasaran produk bisnisnya melalui satu atau beberapa media online yang berbeda, seperti media sosial (Facebook, Instagram, dan yang lainnya), marketplace, dan lainnya.

Baca juga: 10 Ide Jualan Online Tanpa Modal dan Tips Sukses Menjalankannya

Bagaimana Cara Menjadi Dropshipper?

Jika sudah mengetahui apa itu dropshipper, memahami cara menjadi dropshipper tentu menjadi hal menarik lainnya. Meski bisnis dropshipper adalah sesuatu yang mudah untuk dilakoni, bisnis yang satu ini tentu harus dilakukan dengan cara yang tepat, agar bisa sukses kedepannya.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk menjadi dropshipper.

  1. Tentukan Produk yang akan Dijual

    Dropshipper adalah orang yang akan memasarkan produk milik supplier. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan penjualan yang tinggi. Artinya, sangat penting untuk memilih jenis produk yang tepat sejak awal, agar kelak produk tersebut bisa terjual banyak.

    Tentukanlah produk-produk apa saja yang akan dijual di toko terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa pertimbangan, salah satunya dengan melihat segmen pasar yang akan dituju dalam bisnis ini.

    Misalnya, jika ingin menjual pakaian wanita, tentukan pakaian wanita seperti apa yang akan dijual, apakah pakaian wanita berusia remaja, busana wanita muslim, pakaian kantor, atau yang lainnya.

    Pemilihan produk yang spesifik seperti ini akan membantu untuk lebih mudah fokus pada jenis bisnis tertentu sehingga segmen pasar yang dituju juga lebih spesifik. Hal ini juga akan sekaligus mempermudah proses pemasaran, promo dan bahkan membuat pelanggan lebih mudah untuk mengingat brand atau toko itu sendiri.

  2. Pilih Supplier yang Tepat

    Salah satu cara menjadi dropshipper yang sukses adalah dengan memilih supplier yang tepat sejak awal. Supplier ini akan menjadi mitra bisnis sehingga penting untuk memastikan bahwa yang bersangkutan memang menjalankan bisnisnya dengan cara yang profesional.

    Kerja sama yang baik dengan supplier akan membuat bisnis lebih mudah untuk dikelola dan berbagai urusan berjalan lancar, dimana kedua belah pihak bisa mendapatkan keuntungan. Selain itu, berbagai masalah dan kesalahpahaman juga bisa diminimalisir.

    Selain memilih supplier dengan jenis produk yang tepat dan berkualitas baik, ada beberapa pertimbangan lainnya dalam memilih supplier, antara lain:

    • Biaya administrasi yang diterapkan supplier dalam kerja sama.
    • Transparansi terkait ketersediaan stok produk yang mereka miliki.
    • Ketersediaan layanan pengiriman yang bisa digunakan.
    • Kebijakan terkait pengembalian dan penukaran produk.
    • Kebijakan terkait kustomisasi kemasan produk yang digunakan.
  3. Tingkatkan Nilai Jual

    Arti dropshipper adalah orang yang memasarkan produk milik supplier. Harga produk ini akan ikut menentukan kesuksesan bisnis tersebut. Pada umumnya, konsumen akan mengejar produk yang dijual dengan harga yang paling murah.

    Namun, jika sudah memahami apa itu dropshipper, jelas strategi di atas tentu tidak bisa dijalankan dalam bisnis ini. Produk yang dijual dengan harga murah tentu akan sulit mendatangkan keuntungan dalam bisnis dropshipper.

    Menentukan harga produk yang wajar merupakan keputusan yang paling tepat dan ini menjadi salah satu cara menjadi dropshipper yang sukses. Untuk meningkatkan angka penjualan dan memenangkan persaingan pasar, maka cobalah untuk meningkatkan nilai jual produk itu sendiri.

    Selain itu, tingkatkan juga kualitas pelayanan kepada pelanggan. Hal ini akan membuat pelanggan merasa puas dan loyal pada bisnis tersebut sehingga mereka bisa menjadi pelanggan tetap untuk jangka waktu yang panjang.

  4. Buat Website Toko Online

    Dropshipper adalah orang yang menawarkan produk milik supplier secara online. Hal ini bisa dilakukan melalui media sosial atau bahkan dengan membuka toko online di marketplace.

    Namun, jika ingin sukses, membuka website resmi yang profesional sebagai tempat bisnis merupakan keputusan yang tepat. Website bisnis ini bisa menjadi jalan yang menjelaskan apa itu dropshipper dan bagaimana kesuksesan besar bisa didapatkannya.

    Sebuah website akan memungkinkan bisnis berjalan dengan lebih maksimal. Seorang dropshipper bisa menyusun produk dan segala sesuatunya sesuai dengan keinginannya. Di website seperti ini, bisnis bisa dijalankan dengan fokus, sebab tak ada saingan sama sekali yang akan muncul di sana.

  5. Promosikan Toko

    Dropshipper adalah bisnis yang dijalankan secara online sehingga akan memiliki cukup banyak saingan. Penting untuk melakukan kegiatan promosi yang tepat untuk mendukung kesuksesan bisnis yang satu ini.

    Cara menjadi dropshipper yang sukses bisa dilakukan dengan beberapa langkah promosi yang tepat, seperti:

    • Memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO).
    • Memanfaatkan Search Engine Marketing (SEM).
    • Menggunakan layanan email marketing secara rutin.

    Pilih atau kombinasikan langkah promosi yang tepat sejak awal, agar kegiatan tersebut bisa membawa bisnis menjadi lebih sukses kedepannya.

Tips Sukses Menjadi Dropshipper

Setelah mengetahui dengan jelas arti dropshipper dan apa itu dropshipper, maka memulai bisnis yang satu ini tentu bukan hal yang sulit lagi. Rencanakan bisnis ini dengan matang, agar lebih mudah untuk dijalankan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk jadi dropshipper yang sukses.

  • Tentukan jenis produk yang akan dijual dan pastikan produk ini memiliki peluang pasar yang bagus.
  • Temukan supplier produk terbaik dan bisa mendukung kesuksesan bisnis.
  • Daftarkan diri menjadi dropshipper dan jangan lupa untuk mempelajari semua ketentuan dan kebijakan yang diterapkan oleh supplier dengan baik.
  • Bangunlah website bisnis atau toko online di marketplace yang tepat sehingga bisnis lebih mudah untuk mendapatkan banyak pelanggan.
  • Lakukan branding bisnis dengan cara yang tepat, agar bisnis lebih mudah untuk dikenal secara luas.
  • Lakukan kegiatan promosi dengan rutin dan pilihlah cara atau media promosi yang tepat sejak awal, agar tujuan kegiatan tersebut bisa tercapai dengan maksimal.
  • Manfaatkan media sosial untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis secara rutin.

Baca juga: Cara Sukses Jualan Online dengan E-commerce dan Ide Bisnis yang Tepat

Jadi Dropshipper Sukses Tanpa Modal

Arti dropshipper adalah orang yang memasarkan produk milik supplier dan mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut. Sistem bisnis online yang satu ini terbilang simpel, bahkan bisa dijalankan tanpa modal sekalipun. Pahami dan rencanakan bisnis dropshipper dengan baik, agar kelak bisnis tersebut bisa sukses dan mendatangkan keuntungan yang maksimal di dalam keuangan.