Rekomendasi Film Animasi Terbaik yang Cocok Ditonton dengan Anak

Film dengan genre animasi merupakan tontonan keluarga yang cocok untuk mengisi akhir pekan. Terlebih, ketika kamu memiliki anak-anak di bawah umur. Ada beberapa film animasi terbaik yang bisa jadi rekomendasi tontonan dengan anak di rumah.

Film animasi memiliki visual yang lebih menarik dan menyisipkan pengetahuan dengan cara yang ringan sehingga mudah dipahami. Dengan demikian, para orangtua bisa menjadikan film ini sebagai media belajar kepada anak.

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

12 Film Animasi Terbaik

Bicara tentang film animasi, tentu ingatan kita akan dibawa kepada Disney. Namun, perlu diketahui bahwa film animasi tidak hanya digarap oleh Walt Disney Pictures. Ada banyak pula studio lain yang meramaikan karya film animasi terbaik.

Meski sederet film animasi memang sangat cocok untuk anak-anak. Akan tetapi, orang dewasa tidak perlu merasa gengsi untuk menonton film tersebut. Beberapa judul film animasi mengangkat cerita tentang keluarga yang bisa dinikmati oleh lintas usia. Simak, 12 judul film animasi terbaik berikut!

1. The Lion King

loader
The Lion King via hotstar.com

Bagi kamu yang lahir di tahun 90-an pasti akrab dengan sosok singa bernama Simba dalam film The Lion King. Ya, film animasi yang dirilis pada 1994 lalu ini menceritakan tentang kisah menyedihkan Simba sebagai singa muda yang disingkirkan dari kekuasaan pasca kehilangan ayahnya, Mufasa.

Film besutan Disney tersebut menjadi film animasi terbaik sepanjang masa. Bahkan, film tersebut digarap kembali dengan teknologi animasi fotorealistik pada 2019. Film ini selalu berhasil mencuri atensi penonton karena kisahnya yang menarik.

2. The Little Mermaid

loader
The Little Mermaid via hotstar.com

Kini beralih ke film animasi terbaik tahun 80-an, yakni The Little Mermaid. Masih garapan Walt Disney, film ini menceritakan kisah putri duyung bernama Ariel yang ingin melihat kehidupan di daratan. Hingga akhirnya, ia berhasil mengubah ekornya menjadi kaki untuk bisa menjajaki daratan.

Namun, ada hal jahat yang mengancam Ariel, yaitu jika dalam tiga hari pangeran tampan gagal menciumnya maka ia akan kehilangan segalanya. Meski sudah rilis sejak lama, film animasi terbaik ini masih digemari banyak penonton lintas generasi hingga kini.

3. Ice Age

loader
Ica Age via facebook.com

Judul film animasi terbaik selanjutnya adalah Ice Age. Sesuai dengan judulnya, film ini bercerita tentang berbagai hewan mengalami masa dimana es bumi mencair. Hewan tersebut, di antaranya mammoth, macan gigi pedang, kungkang, dan lainnya. Mereka harus berjuang melawan bajak laut sambil mencari jalan baru agar bisa kembali pulang ke rumah.

Film yang dirilis tahun 2002 tersebut banyak merebut perhatian penonton hingga akhirnya merilis 4 season. Setelah Ice Age pertama, dibuat film lanjutan berjudul Ice Age: The Meltdown tahun 2006, Ice Age: Dawn of the Dinosaurs tahun 2009, Ice Age: Collision Course tahun 2016, dan The Ice Age Adventures of Buck Wild tahun 2022 kemarin.

Baca Juga: Daftar 10 Film Animasi Terbaru 2023, Ada yang Sekuel Lanjutannya Lebih dari 20 Tahun!

4. Toy Story

loader
Toy Story via hotstar.com

Film animasi Toy Story juga sudah tak asing di benak penonton. Film animasi terbaik ini pun sangat cocok untuk ditonton bersama anak. Film legendaris yang rilis pada tahun 1995 ini menceritakan tentang boneka koboi (Woody) milik anak laki-laki bernama Andy.

Ketika Andy mendapatkan hadiah mainan action figure Buzz Lightyear, Woody merasa posisinya sebagai mainan favorit terancam. Cerita ini pun semakin seru dan menegangkan ketika keluarga Andy pindah ke rumah baru. Woody dan Buzz melarikan diri dari tetangga yang sering menyiksa mainan, Sid Phillips.

Meski legendaris, Toy Story merupakan film animasi terbaik hingga dibuat 3 film lanjutan. Film Toy Story 2 dirilis tahun 1999, Toy Story 3 rilis pada tahun 2010, dan Toy Story 4 rilis pada 2019 lalu.

5. Madagascar

loader
Madagascar via comicbook.com

Film tentang kehidupan binatang-binatang asal Afrika di dalam penangkaran taman satwa yang menempuh petualangan. Film yang rilis pada 2005 ini menceritakan karakter hewan yang lucu dan menarik untuk ditonton.

Keseruan film tersebut berlanjut pada dua judul film berikutnya, yakni Madagascar: Escape 2 Afrika yang rilis pada 2008 dan Madagascar 3: Europe’s Most Wanted dirilis pada 2012. Selain dua sekuelnya ini, keseruan cerita binatang tersebut juga bisa kamu saksikan di film Penguins of Madagascar.

6. Ratatouille

loader
Ratatouille via hotstar.com

Selanjutnya, judul film animasi terbaik yang populer adalah Ratatouille yang tayang pada 2007 lalu. Popularitas film ini didapatkan berkat ceritanya yang unik. Pasalnya, film ini menceritakan kisah seekor tikus (Remy) yang pandai memasak.

Remy berambisi menjadi koki hebat dan cerdas. Namun, ketidakmungkinan itu menjadi mungkin ketika Remy bertemu dengan Linguini, yakni seorang koki muda yang tidak berbakat dalam memasak. Keduanya bekerjasama hingga menciptakan makanan dengan rasa lezat.

Film ini bisa jadi rekomendasi tontonan untuk anak di rumah. Kamu bisa mengajak mereka menyaksikannya melalui berbagai aplikasi nonton.

7. Up

loader
Up via hotstar.com

Digarap oleh Pixar Animation Studios, film berjudul Up berhasil mencuri perhatian banyak penonton. Tak hanya bagus dan menarik, film ini juga sangat imajinatif, lho! Menceritakan kisah kakek pemarah bernama Carl Fredricksen.

Ia menjadi pemarah sejak kepergian mendiang istrinya. Padahal, Carl awalnya merupakan penjual balon yang sangat ramah. Hingga akhirnya Carl mengikatkan sejumlah balon ke rumahnya yang membuat rumah itu terbang ke Amerika Selatan, tempat yang menjadi impiannya bersama sang istri.

Menariknya, ia ternyata tidak melakukan perjalanan seorang diri, melainkan dengan seorang anak anggota pramuka bernama Russel. Lantas bagaimanakah kisah Carl dan Russel dalam film tersebut?

Yuk, nonton film animasi terbaik itu melalui aplikasi Disney+ Hotstar di rumah!

Baca Juga: 15 Rekomendasi Anime Studio Ghibli yang Wajib Ditonton

8. Frozen

loader
Frozen via hotstar.com

Film animasi Disney, Frozen, yang rilis pada 2013 juga tak kalah menarik. Film ini sempat viral di masanya berkat tokoh Anna yang periang serta Elsa yang memiliki kekuatan es sehingga bisa membekukan seluruh kerajaan dan desa.

Awal kisah keduanya diceritakan saat Elsa dan Anna kecil, lalu berlanjut hingga dewasa. Keseruan pun dimulai saat Anna memulai petualangan mencari Elsa untuk menyudahi musim dingin yang diciptakan Elsa. Sama seperti film Disney lain, Frozen semakin dikenal berkat musikalisasi dari lagu Let it Go yang populer.

9. Alvin and The Chipmunks

loader
Alvin and The Chipmunks via vidio.com

Libur akhir pekan di rumah juga bisa kamu isi dengan menonton film animasi Alvin and The Chipmunks. Film ini menceritakan tiga ekor tupai, yakni Alvin, Simon, dan Theodore yang sangat mencintai musik. Kecintaan mereka dengan musik semakin terlihat ketika bertemu dengan penulis lagu bernama David Seville.

David tak menyangka dengan suara ketiga tupai tersebut yang sangat merdu. Akhirnya ia mengorbitkan Alvin dan teman-temannya sebagai penyanyi. Hingga datanglah konflik dari seorang eksekutif rekaman bernama Ian Hawke.

10. Despicable Me

loader
Despicable Me via illumination.com

Film animasi terbaik Despicable Me menceritakan kisah ilmuwan bernama Gru yang sibuk dengan upaya mencuri bulan. Namun, rencana itu terganggu karena ia harus menjaga tiga saudara perempuannya yang yatim piatu.

Penasaran dengan kelanjutan kisah Gru dan perannya yang berubah menjadi seorang ayah? Biar tidak semakin penasaran, kamu bisa nonton film ini bersama anak di rumah melalui aplikasi nonton yang tersedia. 

Saking serunya, film ini juga memiliki 3 sekuel lanjutan, yakni Despicable Me 2 yang tayang pada 2013, Despicable Me 3 yang tayang pada 2017, dan Despicable Me 4 yang direncanakan tayang pada 2024.

11. Coco

loader
Coco via hotstar.com

Judul film animasi terbaik juga kembali dihadirkan Pixar Animation Studios. Lewat film animasi berjudul Coco, Pixar menceritakan kisah anak berusia 12 tahun bernama Miguel yang tinggal bersama sang nenek, Mama Coco.

Miguel tumbuh besar di tengah keluarganya sebagai pengrajin sepatu. Meski demikian, ia menyimpan ambisi menjadi seorang musisi seperti Ernesto de la Cruz. Hingga akhirnya Miguel terjebak di negeri orang mati, The Land of The Dead dan mengalami berbagai kejadian aneh.

Untuk diketahui, Coco merupakan film animasi terbaik yang berhasil meraih dua piala Oscar dengan kategori film animasi terbaik dan original soundtrack terbaik pada 2018.

12. Smurf: The Lost Village

loader
Smurf: The Lost Village via primevideo.com

Sony Pictures Entertainment juga merilis film animasi terbaik pada 2017 lalu. Film berjudul Smurf: The Lost Village itu menceritakan tentang Smurfette, Brainy, Clumsy, dan Hefty berlomba di hutan terlarang untuk mencegah penyihir jahat mengambil semua kemampuan smurf agar menjadi penyihir hebat.

Namun, perjalanan mereka tidak semulus yang dikira. Ada berbagai aksi bahaya yang dilalui, hingga akhirnya mereka menemukan rahasia besar sejarah smurf. Film tersebut merupakan sekuel ketiga setelah film Smurf yang tayang pada 2011 dan Smurf 2 pada 2013.

Nonton Film Animasi Bermanfaat untuk Anak-anak

Itulah 12 judul film animasi terbaik yang bisa jadi rekomendasi tontonan di akhir pekan bersama keluarga dan anak-anak. Untuk diketahui, animasi merupakan karya tangan atau gambar bergerak dengan bantuan komputer dan grafika komputer.

Pembuatan film animasi sendiri bisa dilakukan dengan cara konvensional maupun digital. Adapun waktu pembuatannya sangat cepat sehingga banyak bermunculan film animasi 2 Dimensi (2D) dan w 3D saat ini.

Mengajak anak-anak menonton film animasi terbaik akan memberikan beberapa manfaat. Antara lain, meningkatkan kreativitas, mendorong perkembangan kognitif, memperkuat imajinasi, dan mendidik mereka untuk memiliki karakter positif.

Maka, ajak anak-anak nonton film animasi terbaik di rumah, yuk! Ini bisa jadi hiburan sekaligus sarana belajar yang baik.

Baca Juga:  Animasi: Pengertian, Sejarah Hingga Jenis-Jenisnya yang Harus Kamu Ketahui!